31.1.12

To 2834

Hey,

You once said  "you're a good writer, you'll always be" to me, remember?

For that very sentence, I bow and thank you.

-N

ps: This "good writer" took more than an hour to write this and just managed to write 3 lines ;p

Kata Orang, "First Love Never Die"

Halo, salah satu orang di timeline-ku..

Waktu @PosCinta bilang kalo tema surat cinta hari ini adalah "surat cinta untuk cinta masa kecilku", cuma satu yang namanya melintas di kepalaku: kamu :)

Lalu aku jadi inget waktu aku ngeliatin kamu main gitar. Atau sorak-sorak waktu nonton kamu main bola. Atau kenorakanku nelpon ke rumah kamu tapi langsung nutup telponnya pas diangkat *OH MEN! noraknya pol! bikin pengen tepok jidat terus tutup muka sambil cekikikan*

Ah, aku juga inget senyum kamu :)

Tiga belas taun udah berlalu, tapi semua itu masih bikin aku senyum malu-malu :")

Apa kabar, kamu?
Maaf ya hampir ga pernah nyapa kamu, nanya kabar kamu. Jangankan untuk itu, nulis panjang di sini pun aku ga bisa karena terlalu sibuk senyum-senyum sendiri sambil meredakan geli-geli di hati :")

Semoga kamu baik-baik aja ya :)

Karangan Ilmiah (via @fa_triatmoko)

Dari @fa_triatmoko, 30 Januari 2012


Kebetulan sedang ikut workshop #karangan ilmiah dari seorang dosen FIB UI. Saya mau share ya. Mahasiswa-mahasiswa silakan menyimak. 
Pertama adalah tentang judul dan topik. Keduanya ini beda. Topik bisa saja menjadi judul. Analoginya: topik adalah 'karakter' karangan, judul adalah 'nama' karangan. Judul sebaiknya muncul belakangan, setelah tulisan ada. Sehingga, "judul skripsi lo apa?" adalah pertanyaan yg kurang tepat, karena tulisan belum selesai. 
Kedua, tentang kalimat. Paling dasar: apakah sudah sesuai kelengkapan fungsinya? Minimal subyek dan predikat. Apakah konjungsi; kata sambungnya sdh tepat? Mis: tetapi, bukan tapi; dan tidak di awal kalimat. Gunakan 'namun,' / 'akan tetapi' 
Ketiga: paragraf. Cek apakah tiap paragraf ada 1 ide pokok? Apakah ide tersebut didukung oleh ide penjelas? Tiap kalimat sudah nyambung? Tiap paragraf apakah nyambung? Kalimat fungsinya mendukung paragraf. Paragraf mendukung topik 
Berikutnya adalah ejaan. Apakah ejaan yang digunakan sudah sesuai ejaan yang baku? Solusi: lihat KBBI atau EYD. 
Kelima adalah tanda baca. Sudahkah digunakan dengan benar? Misalnya: subyek predikat tidak boleh dipisah koma. Contoh lain untuk titik dua: (1)______, (2)________, dan (3)_________. 
Keenam adalah daftar pustaka. Apakah Daftar Pustaka yang dipakai sudah diterapkan secara konsisten? Yang penting konsistensi, karena tiap bidang punya gaya. Rujukan dalam tulisan harus ada dalam daftar pustaka. 
Sekian hasil nguping workshop tentang #karangan. Sekarang saatnya makan siang :)
Terima kasih Moko :)

30.1.12

Dear Pasukan TIMBC,

Gw senang akhirnya kita display di tengah hujan. Udah lama banget gw pengen ngelakuin itu dan akhirnya dua hari kemaren kesampean :)

Bukan, gw pengen kita display di tengah hujan bukan cuma demi ngejar target display ~ tapi juga karena buat gw itu romantis. Bertahan di tengah panas maupun hujan demi merjuangin sesuatu, romantis dan penuh cinta kali ga? Buat gw sih iya :p

Pasukan (dan pelatih dan pengurus) tersayang,
semoga kita sehat fisik dan mental sampe selesai ya :) Jaga diri sendiri dan saling jagain juga ya.

Semangat!!
Sampai ketemu di hoki dengan jas hujan masing-masing :D

29.1.12

Untuk Penjahat Paling Kurang Ajar 2012

Woi!

Udah dong udah..
Insyaf dong lu! Daftar kejahatan lu udah lumayan panjang nih..

  • Ngebut sambil selap-selip di jalanan pikiran gw
  • Bikin kerusuhan di kepala gw
  • Masuk-masuk ke mimpi gw tanpa izin
  • Jadi candu yang bikin gw mabok dan ketagihan
  • Pencemaran nama baik orang-orang lain ~ mereka semua jadi keliatan ga ada apa-apanya dibandingin elu

Ya, udah ya..
Jadi orang baik-baik aja sana, jangan ganggu gw lagi.

Oh! Satu lagi..
Sini balikin hati gw. Seenaknya aja nyuri-nyuri..

28.1.12

Re: Introvert? Extrovert?


from     : Fidella Anandhita
to          : Shanti A.
date      : Fri, Jan 27, 2012 at 1:50 PM
subject : Introvert? Extrovert?
Ne, gw jd penasaran deh. How do you define 'extrovert and introvert'? Gmana bs lo 'mendeklarasikan' diri lo salah satu di antaranya?
Dr berbagai tes, hasil gw kebanyakan extrovert. Tp dlm part2 tertentu, i tend to be introvert. Kaya ada 2 charger di badan gw: charger me-time sama charger social-time. Dan 2 cirinya ada baik di introvert maupun extrovert (¯―¯٥) 
Kalo skrg, batre me-time gw udh super penuh, batre social-time nya kosong song song. Ketemu org secara lgsg, tatap muka, ngerasain suasana rame, ngga bs tergantikan sm alat komunikasi dlm bentuk apapun ya ternyata, haha.
Tp ngga jarang jg gw mendambakan waktu2 kaya skrg ini. 'Menghilang' dr keramaian, pngen menyingkir, doing solitary activity, dan males ketemu org. 
Can people be both introvert and extrovert?


from      : Shanti A.
to          : Fidella Anandhita
date      : Sat, Jan 28, 2012 at 10:10 AM
subject  : Re: Introvert? Extrovert?

Hai Del..

Gw coba jawab berdasarkan hasil baca-baca gw ya..

Penggunaan istilah "introvert" dan "extrovert" dalam kehidupan sehari-hari kadang (atau sering) beda dengan apa yang dimaksud oleh dua istilah itu dalam Psikologi. Introversion dan extraversion awalnya berasal dari teorinya Carl Jung, yang mendasari tes kepribadian MBTI. Sederhananya, orang yang introvert dapet energi dari dalam diri sedangkan orang extrovert dapet energi dari luar diri. Orang introvert bisa capek kalo harus ketemu orang terus-terusan atau ketemu banyak orang sekaligus dalam satu waktu, sementara orang extrovert justru bisa habis energinya kalo diem sendiri ga ketemu siapa-siapa.

Kesalahan yang sering terjadi adalah nganggep orang introvert sebagai orang yang pemalu atau lebih parahnya antisosial. Orang pemalu cenderung takut akan penilaian buruk, orang introvert belum tentu - tapi mereka lebih suka lingkungan yang tenang dan ga hingar bingar menstimulasi. Orang introvert juga bukan berarti ga butuh orang lain lho, tapi mereka lebih nyaman berada di tengah "lingkaran dalam" kayak keluarga dan teman-teman dekat daripada di tengah keramaian.

Nentuin lu introvert atau ekstrovert ya bisa pake tes-tes, salah satunya ada di link yang akan gw kasih di akhir surat ini.

Tentang "Can people be both introvert and extrovert?" , menurut gw sih jawabannya bisa. Jung sendiri bilang kalo setiap orang pasti punya sisi introvert dan extrovert dan orang tuh ga ada yang sepenuhnya introvert maupun sepenuhnya extrovert. Ada juga penelitian yang nyebutin kalo orang kreatif tuh introvert iya, extrovert iya.

Gitu Del, semoga cukup menjawab ya :)

Referensi:
Cain. (2011). QUIZ: Are You an Introvert or an Extrovert? (And Why It Matters)
Cain. (2011). Are You Shy, Introverted, Both, or Neither (And Why Does It Matter)?
Cain. (2012). The Power of Introverts: A Manifesto for Quiet Brilliance
Eby. (2011). The Creative Personality: Both Extroverted and Introverted
Feist & Feist. (2006). Theories of Personality, 6th ed. New York: McGraw-Hill
Introversion
Extraversion or Introvesion

27.1.12



Better die trying.
(@psi_mimi dalam @nindnindia, 2012)

kesusahan banget pas ngelakuinnya dan capek banget pas selesai,
tapi lega.

25.1.12

Untuk Puteri yang Bukan Tuan Putri

Surat Cinta #5

Halo Kakak Roro! :D

Lo harus tau, Kak! Pas lo nulis surat cinta buat gw itu HP gw habis ga ada sinyal berjam-jam trus pas ada sinyal kan mentions pada masuk ya, pas gw liat ada mention dari lo gw kira isinya bego-begoan seperti biasa haha eh TAPI TAUNYA AKU DAPET SURAT CINTAAAA~ *ga santai abis ahahaha*

Gw baca surat lo sambil cecengiran gitu Kak.. Antara geli sama salting ahahaha.. Baiklah gw bales ya, semoga lu uget-uget juga bacanya *apaan sik*

Gw juga ga terlalu ngeh kapan kita pertama ngobrol, tapi kayaknya pas gw TOT sama Dynamite di rumah Shasha. Gw kan anaknya pemalu ya, jadi sebelum-sebelumnya takut lo ga kenal sama gw kalo gw sok-sok ngajak ngobrol hahaha.. Pas acara di Gonz itu aja gw masih gimanaaaaa gitu sama lu.. Hihihi.. Plus mikir "Buseeeet ni orang pecicilan amaaaat" hahah..

Meskipun ga ngobrol, gw udah tau lo dari pertama gw masuk Psiko. Ya iyalah ya, kan lu eksis luar biasa gitu.. Gw inget deh kayaknya di hampir semua papan Open Recruitment panitia acara tuh ada nama lo sama Kak Rara. Trus kalo ga salah gw pernah liat lo pake jakun trus emblemnya sampe punggung saking di tangan udah ga muat.. Banci kepanitiaan abis lo Kak! Haha.. Gw sih ga ngerasa segitunya merhatiin lo ya, tapi entah gimana gw inget banget kejadian lo abis sidang di Kanlam itu.. Sampe gw inget baju apa yang lo pake waktu itu.. Ckck..

Trus trus, gw adalah orang yang percaya kalo ada perempuan tangguh di setiap BEM buat jadi partner si Ketua BEM, dan pas BEM Vigara gw denger kalo lo-lah perempuan tangguhnya. Ngeliat gimana interaksi lo sama Vigara pas gw kerja bareng Dynamite gw jadi makin yakin soal itu ahaha.. Dominan banget lo ya, sampe bisa mendominasi Vigara :))

Ngeliat lo se-dominan itu, bayangin betapa jipernya gw pas tau lo daftar profesi pendidikan juga di gelombang yang sama kayak gw! Jangan GR ya, tapi lumayan banyak tuh percakapan YM gw sama Mimi yang intinya ngebahas elo ahahaha.. Tapi kita malah jadi lebih banyak interaksi karena itu ya, twitteran dan sebagainya..

Lalu sampailah kita di kelas. Ahahaha hari pertama gw masuk kelas sambil cekikikan dan terdampar bersama lo, Mimi, dan Kak Andra. Bener kata lo, pemilihan tempat duduk di hari pertama sangat menentukan! Gw bersyukur banget akhirnya bareng Power Rangers + kelompok Statistik :D Hari-hari selanjutnya gw makin seneng, karena sadar kalo "penjahat emang akan ketemu sesama penjahat" hahaha..

Dan dimulailah beberapa ketakjuban karena kita begitu sinkron ;p Ga perlu banyak kata-kata, cuma lirikan sekilas doang pun cukup.. Ahaha.. Seneng juga nemu orang yang denger Zee Avi dan buka blognya Diana Rikasari tiap hari juga.. Belom lagi keajaiban surat lo buat @miund yang aslik menyuarakan isi hati gw haha.. Oh! Temen gw juga pernah bilang "tulisannya mirip tulisan lo" ke gw pas dia habis baca blog lo hehe..

Gw juga bersyukur bisa ngeliat lo kayak apa yang gw liat selama ini. Itu lo ga kayak gitu di mana-mana? Gw pikir lo emang ternyata secacat itu Kak :)) Pendapat gw tentang lo ya? Hmm.. Yang jelas gw iri sama lo karena lo tuh gampang banget nyambung sama orang.. Akses lo banyak, termasuk ke dosen-dosen dan ebooks bermutu. Gw iri berat soal ini.. Trus lo pinter tapi ga sok pinter dan tetep haus nambah pinter tapi santai *nah loh* Gw pusing Kak di tengah suasana kompetitif haha untung gw mainnya sama lo.. Trus lo  jago ngomong dan PD sejuta *meskipun kalo grogi di depan umum bisa membahayakan audiens haha*. Trus trus, lo.. hmm.. manusiawi, jujur, dan ga palsu. Oh iya! Gw suka banget liat cw-cw dominan yang jadi "jinak" pas lagi sama pacarnya.. Lo salah satunya :))

BTW, buku apa sik yang gw baca dan mungkin ga akan lo baca? Trus soal sibuk, huahuahuahua lo gak tau ajaaaa hidup gw sempet berantakan kemaren gara-gara kebanyakan yang dipegang :))

Fufufu kok panjang ya ini suratnya? Haha.. Sepanjang satu setengah taun yang masih bakal kita lewatin bareng kali gak? *apeu* Ah paaaasti seru ituuu! Apalagi dengan misi kita! Haha.. Gw simpen tuh Kak, obrolan kita di WhatsApp waktu itu.. Entah kenapa gw berasa mau menunaikan misi yang amat mulia haha.. Yuk lah semangat jalanin semuanya! Makasih Kak buat satu semester kemaren, gw yakin di akhir tiga semester mendatang gw juga bakal banyak makasih lagi ke lo :) BTW tiba-tiba kepikiran, jangan tinggalin gw Kaaaaak.. Lo nikahnya pas udah lulus aja ya Kaaaaaak.. Ahahaha.. Ya ya ya..

Ih ini surat banyak banget "haha"nya ya? Gw beneran senyum dan ketawa loh pas nulis.. Sampe capek sendiri -_-" Tapi ya begitulah lo, Kak, bikin sekitar lo 'hidup' dan senang :D

Sekian dan terima dikasih proyekan.
-Shanti *nama Prodik gw ya!*

24.1.12

Seribu Satu Wajahmu

Surat Cinta #4

Hai kamu..
Ah, aku mendadak hilang kata.

*dan betulan berbilang menit aku diam mengulum senyum, terpana setelah melihatmu*

Hmm.. baiklah..

*tarik nafas 4 hitungan, hembus 8 hitungan*

Lagi-lagi kamu mempesonaku. Kamu dan seribu wajahmu di atas panggung. Laki-laki yang cintanya ditentang keluarga dan laki-laki yang didorong temannya untuk memberi bunga, berhasil kamu hidupkan. Pada dua wajahmu itu, aku mau jatuh cinta. Kupikir aku jatuh cinta pada mereka karena mereka memang peran yang tera karakternya.

Seribu wajah kamu hidupkan, tapi aku mencari satu wajah aslimu.

Lalu aku melihat wajahmu yang lain tepat sebelum kutulis ini. Dan kamu lihat sendiri, memulai menulis ini pun jadi amat sulit karena aku sibuk meredakan pesonamu yang berputar di kepalaku. Wajah siapa yang kamu hidupkan di situ? Hmm.. bukan siapa-siapa. Di situ kamu sedang menjadi.. diri sendiri.

Ah, mungkin yang kulihat tadi adalah yang paling dekat bisa kulihat dari wajah aslimu. Begitu turun panggung, kamu amat berbeda. Datar. Sampai-sampai aku masih ingat saat pertama kali melihatmu tertawa, karena waktu itu aku berpikir "Wah, dia bisa tertawa juga..". Datar, redup, diam, sulit ditebak. Yah, setidaknya begitulah yang tertangkap mataku saat kamu di luar panggung.

Sebentar, jangan-jangan kamu mutiara? Wajahmu tersembunyi dalam cangkang yang cuma terbuka di bawah sorotan lampu panggung.

Pada wajahmu di luar panggung, aku tak pernah tertarik. Kamu begitu datarnya sampai-sampai diam saja waktu kubilang "Aku selalu naksir kamu yang di atas panggung" sementara aku yakin akan ada orang yang menjawab itu dengan balik bertanya "Kalau di luar panggung, naksir juga nggak?" haha..

Pada seribu wajahmu, aku terpesona.
Pada satu wajahmu yang belum pernah kulihat, aku..
..menunggu kejutannya.

23.1.12

Apa Kabar Surat Cinta?

Bubaaaaaar hahahaha..
Gw ga mau nulis asal-asalan dan kegiatan gw beberapa hari ini bikin gw ga bisa nyelipin waktu buat konsentrasi nulis surat cinta, jadi yaaa bubar deh :p Selanjutnya pun kemungkinan besar jadwal gw ga sinkron sama jam kerja kantor pos yang cuma buka sampe jam 6 (kecuali hari Jumat) jadi surat-surat gw belum tentu bisa diposin.

Apakah ini berarti gw berhenti nulis surat cinta?

Tentu tidak! Gengsi dong! Haha..
Gw ganti aja ya dari #30HariMenulisSuratCinta jadi #Menulis30SuratCinta :D Gw akan tetep nulis 30 surat cinta selama 14 Januari-14 Februari 2012 dengan rincian 21 surat biasa, 5 surat bertema, dan 4 surat kaleng dan naro link di twitter tapi belum tentu satu surat per hari dan belum tentu di-cc ke @adimasimmanuel. Gapapa dong ya?! :p Oh iya, labelnya juga gw ganti ya.. Kalo kapan-kapan mau liat kumpulan surat cinta ini, silakan klik labelnya aja di sisi kanan laman ini.

Yuk ah siap-siap nulis surat cinta lagi..

Di Tengah

Keuntungan dari menggurita adalah punya banyak lingkaran. Bisa menclok sana sini, nyangkut sana sini, belajar ini itu, dapet bantuan ini itu.

Kerugiannya, seringkali yang nyelup ya satu tangan doang. Ditarik sana sini, jadi well planned sampe semi belagu, dan seriiiing banget dipaksa bikin pilihan sulit.

Mau nyelup sebadan ga bisa, setangan penuh pun kadang ga nyampe. Akhirnya ya gitu, warna-warni tapi ga ada yang bener-bener pekat celupannya. Sodaraan lah sama jack of all trades, master of none.

Kadang sedih sih kalo lagi di tengah, ngerasa ga berwarna atau justru bingung warnanya apa. Di sisi lain, ngerasa beruntung juga inti badan guritanya ga punya satu warna pekat. Ada jarak yang dia ambil dari semua tangan, tapi dia juga menyerap semua warna dari semua tangan - terus ngaduk warna sendiri deh. Kalo lagi sedih karena ada di tengah, dia bisa sambil bersyukur juga karena kerjaannya ngurang. Soalnya memekat ke satu warna tuh sebenernya bahaya buat dia, jadi kalo lagi memekat ke satu warna dia harus usaha netralin dan itu ga gampang.

Yah begitulah.
Gurita ini lagi berusaha mantepin diri buat ga megang terlalu banyak selama beberapa bulan ke depan. Ada hal-hal yang harus dipegang pake lebih dari satu tangan. Ada warna yang harus nekat dicelup lebih banyak dengan risiko memekat ga ngasih kesempatan buat warna lain masuk. Bukan keputusan gampang buat gurita yang suka pelangi, apalagi di kaki tiap lapisan pelangi ada harta harunnya. Tapi harus. Makanya gurita lagi mantepin alesan. Dia mau tau pasti dan yakin sama alesan di balik semua pilihan, keputusan, dan hal yang dia lakuin.

Karena those who know the "why" of their lives can withstand any "how",
dan karena dia ga mau ada penyesalan.

21.1.12

Kesimpulan

Ketika harus milih, ternyata gw milih yang paling ga bikin nyesel. Belum tentu yang gw lebih pengen, tapi yang lebih menenangkan hati dan pikiran.

17.1.12

*bukan surat cinta*

Harusnya hari ini saya nulis surat cinta buat selebtwit dan itu belum saya bikin karena masih plinplan mau bikin buat Miund atau Rahne Putri plus kalo bikin surat buat selebtwit kan harus mikir yah karena sebenernya ya ga pengen-pengen amat nyuratin dia. Ya ampun kalimat saya barusan panjang amat ya? Haha.. Yak, intinya saya belum bikin surat cinta yang harusnya saya bikin hari ini, tapi saya malah nulis ini.

..dan draft tulisan ini diedit habis-habisan oleh teman saya.

Intinya sih sederhana aja,
terima kasih.
Karena beberapa menit yang kebetulan bisa kamu berikan dan mungkin dengan mudah kamu lupakan itu sangat berarti buat saya.

16.1.12

Kepada Jemarinya

Surat Cinta #3

Halo, kalian..
Apa kabar? Tadi malam aku tiba-tiba ingat kalian, ketika dua jempolku sibuk mengetik di layar sentuh HPku.

Ingatkah kalian padaku?
Karena pernah ada masanya kalian menari semalaman di atas keyboard untuk menemuiku. Mengantar cerita dan tawa untukku, berbuah senyum dan hangat di hatiku.

Kangenkah kalian padaku?
Karena pernah ada masanya tak ada hari yang lepas dari ketak-ketuk suara keypad HP ketika kalian sibuk berlari di atasnya menuju kabarku. Pergi pulang, kalian antar juga kabarnya padaku. Hihihi pasti berisik sekali kalian waktu itu, aku bayangkan seperti main Dance Dance Revolution mungkin ya? Kan HPnya masih multitap waktu itu.. Lalu dia berganti HP, dan kalian mulai berselancar di atas permukaan baru. Layar sentuh dengan keyboard QWERTY. Hebat sekali, kalian langsung mahir berselancar di sana! Jarang sekali kutemukan salah ketik dalam pesan yang kalian antar, berbeda sekali dengan pesan dariku yang disisipi ralat bertanda bintang di sana-sini.

Pagi-pagi rusuh mengerjakan tugas kuliah yang tenggatnya beberapa jam lagi, siang-siang bosan di kelas, dan malam-malam menunggu kereta, kalian pernah tidak putus bertukar reports and trivialities denganku. Namaku pernah begitu sering kalian ketik di kolom recipient, kangenkah kalian?

Ya, kangenkah kalian padaku?
Karena sudah lama sekali bukan, kalian tidak mengantar pesan untukku? Atau mungkin kalian sering mengetik tapi dia urung meminta jempol kanan menekan "send"? Entahlah.. Yang jelas, kalian pergi bersama sebaris "Aku tidak apa-apa". Itu saja, tanpa pamit apalagi penjelasan.

Hey kalian yang membuatku tahan napas kalau sedang menari-nari di fret gitar,
Kalau ternyata di HPnya masih ada pesanku yang tersimpan, bolehkah kuminta sesekali kalian terpeleset dan membukanya? Cuma supaya dia ingat, pernah ada masanya aku dan dia selalu saling ada.

Salam (masih) sayang,
-Ne


Ps: Aku juga masih ingat rasanya ketika kalian bertaut dengan jemariku. 

15.1.12

Sambil Tersenyum di Depan Pintu

Surat Cinta #2

Gw bukan seleblog yang dikunjungi ratusan bahkan ribuan orang setiap hari, tapi ngeliat statistik blog ini selalu jadi salah satu highlight di hari-hari gw. Apalagi kalo liat kunjungan-kunjungan yang datang dari tempat-tempat yang sama. Gw ga tau sih itu siapa, tapi yaa seneng aja punya tamu setia :)

Kalo lagi liat statistik blog itu rasanya pengen deh punya teknologi yang bisa nyapa siapapun yang dateng sesuai waktu kedatangannya. Karena sampe sekarang gw belum bisa, maka surat kali ini gw persembahkan untuk mereka. Pilih satu yang sesuai ya, tamu-tamu setia sayang :)

Untuk yang mampir pagi-pagi sebelum berangkat kuliah/kerja,
Selamat pagi!
Udah sarapan? Hati-hati di jalan ya, semoga perjalanan dan harinya lancar sampe balik ke rumah/kosan lagi.
Have a productive and smile-inducing day! :)

Untuk yang mampir di tengah kesibukannya, mengakses dari kampus atau kantor,
Halo!
Lagi apa? Lagi bosen kah? Ga ada kerjaan kah? Atau justru nyari hiburan saking senepnya? Hehe..
Semoga gw bisa ngasih sedikit warna di tengah kesibukan lu ya :)

Untuk yang mampir malam-malam sepulang beraktivitas,
Hey..
Udah makan belum? Ada cerita apa hari ini? Capek kah? Kalo gw bisa, rasanya pengen ngasih teh manis anget deh buat yang baru pulang jam segini..
Selamat istirahat ya.. Semoga tidurnya nyembuhin semua sakit, ngeluruhin semua lelah, dan ngisi energi buat besok.
Nite
:)

Untuk yang mampir tengah malam atau dini hari,
Hayooo ini ga bisa tidur apa baru pulang? Sana-sana tidur.. Hehe..

Hihihi akhirnya kesampean juga nyapa para tamu :D
Oh iya, kadang gw bayangin kalo blog ini adalah rumah gw dan gw bener-bener bukain pintu buat setiap tamu yang mampir. Nah, kebayang ga gw bakal nyambut kayak gimana pas “bukain pintu” buat kalian di waktu kalian dateng? Semoga kebayang ya, jadi yang mampir karena kangen gw (ahiw ada tah? hehe ;p) bisa makin terobati kangennya :)

..dan sebelum pulang, sini gw pelukin satu-satu. 
Makasih yaaa udah mampir :)

14.1.12

Kepada Setiani Anjarwirasti, S.Psi.

Surat Cinta #1

Assalamu'alaikum

Sese,
Pertama-tama ya selamat dulu lah udah jadi S.Psi :D
Gw berniat nulis surat ini sejak baca tulisan lu yang ini dan tadinya pengen gw kasih di hari sidang lu. Akhirnya ya telat gini sih, tapi gapapa ya..

Se,
"Time flies" mungkin adalah salah satu hal paling klise yang pernah kita denger, tapi yaaa emang bener sih. Taun 2008 lu masuk Psiko. Gw masih inget nanyain tentang lu ke siapa gitu anak SMANSA "Dia dulu ikut apaan? Oke ga kerjanya?" dan dijawab "Anak Pandawa, oke". Gw masih inget lu nangis karena ga lulus PMB dan langsung ngurus advokasi. Fast forward ke awal 2012, lu jadi salah satu anak 2008 cadas yang lulus 3,5 taun dengan rekam jejak organisasi yang ga main-main. Taun pertama jadi pengurus BEM Psiko, lu jadi PO Transformer. Taun berikutnya, Wakabid LitBang. Di taun terakhir, masih jadi WaPJ SNAP di Psyfest.

Di sepanjang 3,5 taun lu di Psiko pasti banyak banget kenangan dan pelajarannya. Juga dukungan dan kenyamanan yang lu takutkan akan ilang setelah lu lulus. Tentang takut kehilangan dukungan dan kenyamanan inilah gw nulis buat lu.

Sese,
Ga tau karena orang-orangnya emang udah pada bawaannya gitu atau karena bidang ilmu yang dipelajari, Psikologi emang kerasa ngasih dukungan sosial yang luar biasa ya. Selalu ada yang mau dengerin, probing sampe kita nemu sendiri solusi buat masalah kita, atau ngasih saran buat kita. Selalu ada yang nyemangatin kita tapi juga selalu ada yang ngingetin kita.

Setelah lulus, secara fisik kemungkinan besar kita emang akan pergi dari kampus, tapi buat gw kita ga sepenuhnya pergi. Hidup toh bukan potongan-potongan tapi akumulasi. Ninggalin tempat dan aktivitas Psiko bukan berarti ninggalin pelajaran, nilai, dan orang-orangnya kan? Ketika gw lulus, gw punya bekal pelajaran, dan nilai yang gw dapet di Psiko yang gw bawa ke 'dunia nyata'. Ketika gw lulus, gw punya orang-orang yang masih signifikan buat gw. Ketika gw lulus, gw punya stok pengalaman dan kenangan manis yang bisa jadi bahan bikin Patronus yang kuat buat gw. Gw yakin lu juga gitu :)

Jarak dan waktu emang akan misahin lu dan temen-temen lu setelah lulus, tapi tenang aja.. teknologi kan udah maju :D Lagi pula, temen-temen yang sebener-benernya temen ga akan bikin lu ngerasa kehilangan banyak pas ketemu lagi setelah lama ga ketemu. Kalo hati masih dekat, jarak dan waktu pasti bisa diakalin :)

Maka Se,
Sama kayak dulu gw nyambut maba 2008 yang udah selesai PMB, sekarang gw pun akan bilang sama lu: selamat mengangkasa! Terbanglah kejar mimpi-mimpi lu membawa semua kebaikan yang udah lu punya. Teruslah belajar dan berbagi. Jagalah semua orang yang lu anggep berharga. Jagalah integritas dan kepercayaan yang lu punya, karena itu mahal harganya. Inget selalu sama Allah dan pertolonganNya yang selalu dekat.

Selamat menjejak dunia di luar tempat aman terakhir, Setiani..
Semoga 'hutang' kesempatan pendidikan tinggi yang kita miliki bisa terlunasi dengan kebermanfaatan yang banyak bagi sekitar. Semoga gempuran hal-hal yang ga sesuai bayangan dan harapan bisa dilawan dan lu menemukan kedamaian hati.

Terima kasih udah pernah bersentuhan jalan sama gw, semoga kita masih bisa berbagi sampai nanti :)

Wassalamu'alaikum
- Shanti

Terjebak!

Alkisah,
kemaren gw liat sesuatu yang menarik di timeline trus gw ngetwit


Eh ternyata banyak yang ngerespon -_-"


Gw kan jadi merasa bertanggung jawab haha..


Maka yaaaaaah apa boleh buat, marilah!
Nantikan surat-surat cinta gw di sini :) 
*senyum ga yakin sambil degdegan*


ps: Ada yang mau dikasih surat cinta? Beneran gw bikinin deh, soalnya gw juga belom sebanyak itu ide siapa yang mau dibikinin surat cinta. 30 hari aja gitu!

9.1.12

Mirip

Gara-gara salah satu scene di MBIC (nonton dong, btw..) gw jadi inget sesuatu yang tempo hari pernah kelintas di pikiran gw. Menurut gw, ada orang yang mirip sama alat yang dimaininnya di MB. Entah suaranya mirip sama suara alatnya, karakternya mirip sama karakter alatnya, bahkan penampilannya mirip sama penampilan alatnya. Trus jadi inget konsep extended self, tapi males nyari teorinya hehe..

Udah, cuma mau bilang itu doang :D

My People of The Year 2011

Kayak yang gw bilang di sini, gw ga puas bikin ucapan terima kasih buat person of the year. Gw mau bikin buat people of the year 2011 :D Mereka inilah yang bikin gw tetep waras di tengah kegilaan 2011 gw :)

Maka, kepada
Prodik 2011 terutama Power Rangers. Teman-teman yang bikin gw semangat belajar sekaligus seneng dan yakin 1,5 taun ke depan bakal super seru :) Menurut gw di Psiko yang tugasnya hampir semua berupa tugas kelompok tuh kecocokan lu sama kelompok sangat berpengaruh buat kehidupan akademis lu. Gw bersyukur sekali bisa sekelompok sama Power Rangers yang.. yang.. ya kira-kira kayak yang diceritain Kak RR di sini lah :D  
MBUI 2011-2012 terutama orang-orang yang sering makan bareng gw sepulang latian, low brass, daaaan terutama sekali Agus, Fany, Fikri, Ira, Taufiq, Vieza, & Yuli - lingkaran yang ada sama gw di masa-masa paling hectic gw, lingkaran yang saling bangunin sama gw (secara harfiah maupun kiasan), lingkaran yang gw diem ngeliatin mereka ketawa-ketawa pun beban gw berasa entengan :) Oh! Gw mau ngasih special mentions buat teman-teman sepergosipan (Agus, Fikri, Taufiq) haha.. Gw inget memulai proyek ini dengan gosipan di bawah pohon sama mereka dan ternyata sepanjang taun terbukti kecanggihannya dalam bergosip :D dan temen-temen sekamar menjelang ParSen (Vieza & Yuli) yang riweuh tapi seru :D 
Vieza, Ira, Input, & Mimi yang bisa dibilang sepanjang taun ga putus ngobrol sama gw. Lewat jalur apapun, kayaknya hampir ga ada hari tanpa ngobrol sama orang-orang ini meskipun cuma dikit. 
Pipit, Della, Budi, dan anak-anak SMANSA yang bertebaran di berbagai momen selama 2011. Ngobrol sama mereka ini ga sering, tapi tiap ngobrol selalu spesial :) Oh! Sama Aji juga, untuk obrolan-obrolan di awal taun terutama yang bantuin gw bikin keputusan mau S2 apa :)
Tania. *tiba-tiba bingung mau nulis apa hehe* Oh well she knows why I write her name here ;p 
saya ucapkan terima kasih :)
*hayo kebayang ga gw bakal gimana cara ngomongnya? ;p*
Semoga gw bisa membalas kebaikan kalian, baik langsung ke kaliannya maupun pay it forward ke orang lain.

Dua orang lain yang harusnya disebut adalah yang bikin gw merasa kehilangan, karena satu dan lain hal. Well, I guess Patrya's right.. there's no such thing as"friendship is forever". Terima kasih, selamat berjalan dan semoga kita bisa bersentuhan jalan lagi suatu hari nanti :)

7.1.12

Siapa Bilang Naik Bikun Gratis?

Sejak ngekos di Kukel, gw mau ga mau jadi sering naik bikun lagi. Sebelumnya meskipun udah kuliah lagi gw lebih sering jalan kaki. Bolak-balik Psiko-FE (atau sebaliknya) lewat FIB (jalur FISIP atau jalur Gedung IX) jadi makanan rutin beberapa kali seminggu. Pas sering naik bikun lagi, beberapa kali gw ngerasain bikun macam kereta aja --> di deket pintu penuh gila sampe orang ga bisa masuk tapi di tengah kosong.

Belakangan, mungkin bulan Desember ya, gw liat kertas ini dipasang di jendela bikun.


Pas pertama liat, komentar gw "Wah hebat bisa nulis tangan pas di tengah bidang" hahaha salah fokus abis. Trus pas liat bagian "geser ke tengah" gw senang karena ngerasa itu bener, tapi pas liat yang bawah gw mengernyit.

Isu "ga bilang terima kasih ke supir bikun" ini seinget gw udah muncul sejak masuk UI bayarnya jadi mahal. Gw ingetnya ke situ karena dulu itulah yang dianggap menyebabkan anak-anak yang masuk UI jadi "kurang baik". Maap yak kalo ada yang tersinggung, tapi dulu ya begitulah isu yang beredar. Setelah ngubek anakUI.com gw nemu kalo tulisan pertama tentang itu keluar di taun 2009. Akhir-akhir ini isu itu rame lagi, sedikit banyak karena kertas-kertas di bikun itu. Di anakUI.com muncul lagi, di Google Reader gw juga muncul lagi lewat tulisan Della dan Tuthie.

Nah! Poin gw yang bikin gw mengernyit adalah.. gw kok ga ngerasa dan ngeliat itu ya? Sejak pertama kali isu ini muncul taun 2009 gw ga ngerasain, dan sekarang sama aja. Ya emang sih ada masanya gw jarang naik bikun, tapi asaan mah kalo gw naik bikun dan turun lewat pintu depan gw selalu denger orang bilang terima kasih kok. Gw jadi bingung, ini gw yang kurang peka, kebetulan, apa gimana si? Gw sempet bahas  kebingungan gw itu sama Taufiq dan Della di kesempatan yang berbeda. Mereka berdua sih bilang kalo jarang denger juga pas naik bikun, meskipun Della menduga kalo dia jarang denger karena sering turun lewat belakang dan yaaa kalo turun lewat belakang kan kurang enak juga kalo harus teriak bilang makasih. Sementara itu, Taufiq yang 2008-2009 bikunan terus karena tinggal di asrama bilangnya dia sendiri geregetan karena orang-orang jarang bilang makasih ke bapak bikun, terutama sejak bikunnya jadi AC semua.

Setelah ngobrol sama mereka itu, gw malah jadinya bersyukur. Di saat orang lain kepapar hal yang ga baik (orang-orang yang ga bilang makasih) gw ternyata masih dikelilingi hal baiknya. Alhamdulillah banget ya.. Eh tapi di sisi lain ngerasa gawat juga sih, karena kan jadi ga tau isu jelek yang bisa diperbaiki hehe.. Harus lebih peka berarti. Dan juga pastinya harus selalu berusaha jadi hal baik buat sekitar.

Trus, soal bilang makasih ke bapak bikun. Waktu maba, begitu gw tau kalo naik bikun itu ga bayar pake uang gw mikir kalo justru naik bikun ini bayarnya mahal lho: pake harga diri kita. Orang yang bilang terima kasih ke orang lain yang udah bantuin dia sama orang yang ga bilang tentu "harga"nya beda kan ;p

3.1.12

#my2011

Setelah "tahun kejayaan" 2008, "tahun kejatuhan" 2009, dan "tahun pencarian" 2010 maka datanglah 2011 sebagai "tahun memulai". Apa aja yang gw mulai? Banyaaaaks..

Awal 2011, gw diterima jadi asisten dosen di Manajemen, yang notabene bukan jurusan kuliah gw. Motivasi gw ngelamar jadi asdos tentu saja karena gw mau belajar jadi dosen, dan alhamdulillah gw emang banyak banget belajar dari pengalaman ini :) Ga cuma dari per-asdos-an, 2011 gw juga lebih serius belajar ngajar dari berbagai sumber.

Gw diterima jadi asdos di Manajemen ga lama sebelum pendaftaran SIMAK UI dibuka. Jalur karir yang menjanjikan di sana sempet bikin pusing mau S2 Psikologi lagi atau Manajemen, tapi akhirnya gw daftar S2 Profesi Psikologi Pendidikan. Setelah selamat dari wawancara 31 menit (terlama di antara yang lain) bersama Bu RH, gw jadi mahasiswa lagi dan kuliah semester pertama dengan 12 SKS. Siapa sangka, 12 SKS itu luar biasa menggilanya sampe gw SENENG BANGET pas semester 1 resmi berakhir dengan dikumpulkannya tugas Kuali & Filsafat tanggal 30 Desember :D Gw ngerasa kuliah S2 ini alasannya kuat jadi sikap gw terhadap kehidupan akademis gw juga beda banget dibanding sikap gw terhadap kehidupan akademis gw dari TK sampe S1. Dari sisi mata kuliah, gw makin cinta sama Statistika, mabuk-mabukan sama KAUP, terpesona sama Neuro *meskipun awalnya dibikin sakit kepala dan akhirnya dibikin pengen nangis tapi pengen ketawa juga gara-gara UAS terkacrut gw sepanjang masa - yak, dapet salam Ne dari katak*, mentok ga ngerti-ngerti Filsafat, nguji pemahaman di Kuanti, dan susah banget ngubah mindset di Kuali. Temen-temen baru gw bikin gw mikir kalo seleksi masuk profesi tuh beneran valid karena mereka canggih-canggih sekaliiii sampe kadang bikin insecure haha.. Hmm ada sih yang menurut gw error juga, misalnya kayak gini, tapi secara umum menurut gw canggih-canggih lah itu temen-temen gw :D

Trus-trus, di 2011 gw juga mulai ngerasain MBUI sebagai bukan pasukan. Rangkap jabatan pula, jadi staf perlap dan staf drill & display. Keputusan gw untuk nerima tawaran jadi staf drill & display adalah keputusan yang pengaruhnya luar biasa buat hidup gw di 2011. Sadis dis dis dis lah pokoknya. Oh iya, taun 2011 gw juga masih jadi pasukan lho, main Parade Senja di Istana Negara tanggal 17 Agustus.

Nah, udah tiga tuh ya kegiatan besar gw di 2011. Itu doang? KAGAK. Hahaha.. Ngasdos, nge-MB, dan kuliah ditambah ngedit buku bikin gw ngerasa 24 jam sehari dan 7 hari seminggu itu ga cukup. Jadi editor adalah tantangan besar buat kemampuan berbahasa Indonesia gw.. daaaaaaan kedisiplinan gw. Cukup lah gw bilang kalo "prokrastinasi adalah cara terbaik menghancurkan hidup" terbukti banget di sini.

Dengan empat kegiatan besar macam itu, 2011 gw rasanya kayak naik rollercoaster di bawah langit penuh kembang api. Ada momen-momen yang bikin senyum dari kuping ke kuping dan heartwarming, tapi banyak juga momen down yang yaaa seabis-abisnya juga. Apalagi.. hmm.. tau kryptonite, material yang bikin Superman jadi lemah? Gw memulai 2011 dengan konsultasi ke Psikolog (bukan pertama kalinya sih, 2010 juga pernah) soal  "kryptonite"  gw, sepanjang 2011 gw beeeeeeeeerrrkali-kali kebanting sampe ga berbentuk gara-gara "kryptonite" gw, dan hari terakhir 2011 pun gw kepapar efek "kryptonite" sehingga tulisan ini baru bisa gw bikin hari ini karena ga mau aura kilas balik 2011 gw jadi suram. Eh iya, gara-gara saran yang gw dapet pas konsultasi di awal taun, 2011 kemaren gw juga mulai belajar ngeluh dan reach out saat gw butuh pertolongan *meskipun masih super pilih-pilih cerita ke siapa haha*.

Oh iya, kesibukan gw di kampus dan perkeretaan yang sungguh amburadul akhirnya bikin gw mulai ngekos lagi :D Nyari kosan di tengah semester susahnya ampun-ampunan, tapi alhamdulillah gw akhirnya dapet kosan yang gw suka banget. Naksir pada pandangan pertama (setelah buka pager, sebelum buka pager mah gw bahkan males-malesan turun dari motor buat nanyain kosan ini) sama kosannya dan chemistry pada pertemuan pertama sama kamar gw. Ngekos kali ini bikin gw jadi sangat "domestik" haha.. Rajin beberes daaaaaan suasana hatinya bisa ditentuin sama cucian :))

Apa lagi ya? Oh! Di aspek tertentu *geli nulisnya haha* taun 2011 tuh temanya "orang lama". Mulai dari yang nyaris balik lagi, yang balik lagi dan bikin jungkir balik hati, sampe yang.. well.. emang belum pergi. Yang patut digarisbawahi tentu saja sebuah closure yang melegakan dan.. dan.. kenyataan bahwa I fell in love like never before, (consequently) broke my heart like never before, and yet still alive :D Gw anggep ini prestasi ya, karena selama ini mana sudi sih gw jatuh cinta sama manusia sebagai partikular.. Hahaha..

Yah, begitulah cerita tentang 2011 gw yang IH WOW banget menurut gw. Gw cukup banyak nulis pergolakan pikiran dan perasaan selama 2011 di sini, tapi karena banyak banget (hampir semua kali ya?) yang gw tulis secara implisit maka biarlah sekarang pun ga gw kasih link ;p Cari aja sendiri kalo niat kepo yak.. Haha..

Dadaaaah 2011,
terima kasih untuk semuanya :)

1.1.12

Kaleiblogskop 2011

Waktu Moko ngetwit tentang kaleiblogskop, gw langsung tertarik dan berniat mau bikin. Pas mau bikin dan ngeliat archive gw, gw ketawa.. Bakal capek juga kalo bikin kayak punya Moko, karena jumlah tulisan gw di blog ini taun 2011 lebih dari 3 kali lipat tulisan Moko di blognya :D tapiiiii gw tetep mau bikin hoho..

Inilah dia, sedikit cerita tentang 151 tulisan yang gw bagi di blog ini selama 2011 :)

***

Januari adalah bulan dengan jumlah tulisan terbanyak (33 tulisan) karena gw main #30harimenulis. Pengalaman berkesan yang gw tulis di Januari 2011 adalah obrolan sama 3 anak @amburadul tentang lelaki, kesempatan kerja bareng Dynamite *BOOM!* yang bahkan menghasilkan 3 tulisan (tentang latihan ngomong baik, rasanya jadi minoritas, dan snap judgement), post project syndrome yang dateng terlambat ;p , dan tentu sajaaa.. keterima jadi asdos :) Oh! Taun lalu itu gw cukup banyak nanya "how far is too far?" ke diri sendiri tentang berbagai hal dan di bulan Januari gw nulis tentang salah satunya.

Februari, ada 9 tulisan yang gw bagi di blog ini. Tulisan di bulan ini yang pengen gw bagi ulang sekarang adalah Alanda Kariza dan kekuatan media.

Empat bulan berikutnya gw dikit banget nulis di sini. Bulan Maret cuma ada 4 tulisan, April 5 tulisan, Mei bahkan cuma 2 tulisan, dan Juni 6 tulisan. Biarpun gitu, salah 2 tulisan di masa ga produktif itu lumayan laku dibaca, yaitu tulisan tentang Inacraft dan indikator ketertarikan berdasarkan komunikasi tertulis *whoa that sounds scientific ;p*

Beberapa tulisan di bulan Juli yang disebut Pipit sebagai "bulannya gw" bertema Mocca :D My Mocca Story, Mocca Last Show, dan beberapa hal di sekitarnya.

Agustus gw mulai bikin tulisan-tulisan berbagi tagar buat nyimpen hal-hal menarik yang gw temuin di twitter. Pas banget tuh, karena di bulan September ada keseruan di UI yang banyak dibahas di twitter dan gw pikir perlu dibagi dalam format yang lebih gampang dicari dan dibaca. Selain itu, di bulan September gw juga sempet cerita tentang Ramadhan dan Lebaran.

Oktober, November, dan Desember adalah bulan-bulan dengan jumlah tulisan terbanyak setelah Januari. Padahal itu tanpa 'suruhan' #30harimenulis lho.. Akhir taun kemaren emang banyak banget yang bisa ditulis sih, bahkan sebenernya gw masih punya utang hehe.. Bulan Oktober bisa dibilang gw banyak nulis tentang charger gw dan di Hari Blogger Nasional gw nulis tentang kepanikan gw karena ada yang nemu blog anonim gw haha.. November asa banyak kegalauan tapi ga ditulis di sini kayaknya, sedangkan Desember ada lah beberapa yang ditulis di sini.

***

Fyuh, beneran siah.. Cape ini nulisnya ahaha.. Keciri kan dari deskripsi yang makin ke belakang makin berkurang detailnya ;p 

Semoga di 2012 ini gw makin produktif nulis hal-hal yang bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain :)
 
Header Image from Bangbouh @ Flickr