Pages

14.1.12

Kepada Setiani Anjarwirasti, S.Psi.

Surat Cinta #1

Assalamu'alaikum

Sese,
Pertama-tama ya selamat dulu lah udah jadi S.Psi :D
Gw berniat nulis surat ini sejak baca tulisan lu yang ini dan tadinya pengen gw kasih di hari sidang lu. Akhirnya ya telat gini sih, tapi gapapa ya..

Se,
"Time flies" mungkin adalah salah satu hal paling klise yang pernah kita denger, tapi yaaa emang bener sih. Taun 2008 lu masuk Psiko. Gw masih inget nanyain tentang lu ke siapa gitu anak SMANSA "Dia dulu ikut apaan? Oke ga kerjanya?" dan dijawab "Anak Pandawa, oke". Gw masih inget lu nangis karena ga lulus PMB dan langsung ngurus advokasi. Fast forward ke awal 2012, lu jadi salah satu anak 2008 cadas yang lulus 3,5 taun dengan rekam jejak organisasi yang ga main-main. Taun pertama jadi pengurus BEM Psiko, lu jadi PO Transformer. Taun berikutnya, Wakabid LitBang. Di taun terakhir, masih jadi WaPJ SNAP di Psyfest.

Di sepanjang 3,5 taun lu di Psiko pasti banyak banget kenangan dan pelajarannya. Juga dukungan dan kenyamanan yang lu takutkan akan ilang setelah lu lulus. Tentang takut kehilangan dukungan dan kenyamanan inilah gw nulis buat lu.

Sese,
Ga tau karena orang-orangnya emang udah pada bawaannya gitu atau karena bidang ilmu yang dipelajari, Psikologi emang kerasa ngasih dukungan sosial yang luar biasa ya. Selalu ada yang mau dengerin, probing sampe kita nemu sendiri solusi buat masalah kita, atau ngasih saran buat kita. Selalu ada yang nyemangatin kita tapi juga selalu ada yang ngingetin kita.

Setelah lulus, secara fisik kemungkinan besar kita emang akan pergi dari kampus, tapi buat gw kita ga sepenuhnya pergi. Hidup toh bukan potongan-potongan tapi akumulasi. Ninggalin tempat dan aktivitas Psiko bukan berarti ninggalin pelajaran, nilai, dan orang-orangnya kan? Ketika gw lulus, gw punya bekal pelajaran, dan nilai yang gw dapet di Psiko yang gw bawa ke 'dunia nyata'. Ketika gw lulus, gw punya orang-orang yang masih signifikan buat gw. Ketika gw lulus, gw punya stok pengalaman dan kenangan manis yang bisa jadi bahan bikin Patronus yang kuat buat gw. Gw yakin lu juga gitu :)

Jarak dan waktu emang akan misahin lu dan temen-temen lu setelah lulus, tapi tenang aja.. teknologi kan udah maju :D Lagi pula, temen-temen yang sebener-benernya temen ga akan bikin lu ngerasa kehilangan banyak pas ketemu lagi setelah lama ga ketemu. Kalo hati masih dekat, jarak dan waktu pasti bisa diakalin :)

Maka Se,
Sama kayak dulu gw nyambut maba 2008 yang udah selesai PMB, sekarang gw pun akan bilang sama lu: selamat mengangkasa! Terbanglah kejar mimpi-mimpi lu membawa semua kebaikan yang udah lu punya. Teruslah belajar dan berbagi. Jagalah semua orang yang lu anggep berharga. Jagalah integritas dan kepercayaan yang lu punya, karena itu mahal harganya. Inget selalu sama Allah dan pertolonganNya yang selalu dekat.

Selamat menjejak dunia di luar tempat aman terakhir, Setiani..
Semoga 'hutang' kesempatan pendidikan tinggi yang kita miliki bisa terlunasi dengan kebermanfaatan yang banyak bagi sekitar. Semoga gempuran hal-hal yang ga sesuai bayangan dan harapan bisa dilawan dan lu menemukan kedamaian hati.

Terima kasih udah pernah bersentuhan jalan sama gw, semoga kita masih bisa berbagi sampai nanti :)

Wassalamu'alaikum
- Shanti

7 komentar dari orang baik :):

Disa said...

Teh, ini suratnya tulus (:

Ah, Psiko.

Shanti said...

hehe.. mungkin gw ga tau lagi cara bikin surat selain dengan tulus, dis..

dan "Ah, Psiko" itu merangkum banyak hal ya :)

setiani anjarwirasti said...

teh cune, udah ketiga kali aku baca surat ini, dan masih ada air mata yg menitik :')
makasih banyak teh cune, bersyukur bisa bersentuhan hidup dengan mu :D

Shanti said...

sese mariseeeee *pelukpeluk*
itu data tentang lu ada yg salah ga se?

setiani anjarwirasti said...

haha macam partisipan skripsi pake data, teh :p
bener cemua kook ;D tapi ada yg kurang, staf magang litbang bem super teh, dari sana aku mulai 'terjebak' hihi

Shanti said...

hihi kan maksud gw sejak taun pertama lu jd pengurus :D asjik, karena diajak ke salemba jd terjebak nge-BEM ya ;p

Anonymous said...

Setuju dah teh. Emang krn ilmunya atau krn orgnya, gw masi merasa berharga menjadi diri gw sendiri.
Ah..psiko. Makasih banyak yah...

-nanajingga-

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr