Pages

7.1.12

Siapa Bilang Naik Bikun Gratis?

Sejak ngekos di Kukel, gw mau ga mau jadi sering naik bikun lagi. Sebelumnya meskipun udah kuliah lagi gw lebih sering jalan kaki. Bolak-balik Psiko-FE (atau sebaliknya) lewat FIB (jalur FISIP atau jalur Gedung IX) jadi makanan rutin beberapa kali seminggu. Pas sering naik bikun lagi, beberapa kali gw ngerasain bikun macam kereta aja --> di deket pintu penuh gila sampe orang ga bisa masuk tapi di tengah kosong.

Belakangan, mungkin bulan Desember ya, gw liat kertas ini dipasang di jendela bikun.


Pas pertama liat, komentar gw "Wah hebat bisa nulis tangan pas di tengah bidang" hahaha salah fokus abis. Trus pas liat bagian "geser ke tengah" gw senang karena ngerasa itu bener, tapi pas liat yang bawah gw mengernyit.

Isu "ga bilang terima kasih ke supir bikun" ini seinget gw udah muncul sejak masuk UI bayarnya jadi mahal. Gw ingetnya ke situ karena dulu itulah yang dianggap menyebabkan anak-anak yang masuk UI jadi "kurang baik". Maap yak kalo ada yang tersinggung, tapi dulu ya begitulah isu yang beredar. Setelah ngubek anakUI.com gw nemu kalo tulisan pertama tentang itu keluar di taun 2009. Akhir-akhir ini isu itu rame lagi, sedikit banyak karena kertas-kertas di bikun itu. Di anakUI.com muncul lagi, di Google Reader gw juga muncul lagi lewat tulisan Della dan Tuthie.

Nah! Poin gw yang bikin gw mengernyit adalah.. gw kok ga ngerasa dan ngeliat itu ya? Sejak pertama kali isu ini muncul taun 2009 gw ga ngerasain, dan sekarang sama aja. Ya emang sih ada masanya gw jarang naik bikun, tapi asaan mah kalo gw naik bikun dan turun lewat pintu depan gw selalu denger orang bilang terima kasih kok. Gw jadi bingung, ini gw yang kurang peka, kebetulan, apa gimana si? Gw sempet bahas  kebingungan gw itu sama Taufiq dan Della di kesempatan yang berbeda. Mereka berdua sih bilang kalo jarang denger juga pas naik bikun, meskipun Della menduga kalo dia jarang denger karena sering turun lewat belakang dan yaaa kalo turun lewat belakang kan kurang enak juga kalo harus teriak bilang makasih. Sementara itu, Taufiq yang 2008-2009 bikunan terus karena tinggal di asrama bilangnya dia sendiri geregetan karena orang-orang jarang bilang makasih ke bapak bikun, terutama sejak bikunnya jadi AC semua.

Setelah ngobrol sama mereka itu, gw malah jadinya bersyukur. Di saat orang lain kepapar hal yang ga baik (orang-orang yang ga bilang makasih) gw ternyata masih dikelilingi hal baiknya. Alhamdulillah banget ya.. Eh tapi di sisi lain ngerasa gawat juga sih, karena kan jadi ga tau isu jelek yang bisa diperbaiki hehe.. Harus lebih peka berarti. Dan juga pastinya harus selalu berusaha jadi hal baik buat sekitar.

Trus, soal bilang makasih ke bapak bikun. Waktu maba, begitu gw tau kalo naik bikun itu ga bayar pake uang gw mikir kalo justru naik bikun ini bayarnya mahal lho: pake harga diri kita. Orang yang bilang terima kasih ke orang lain yang udah bantuin dia sama orang yang ga bilang tentu "harga"nya beda kan ;p

0 komentar dari orang baik :):

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr