28.8.11

Ceritanggung

Emang ya, kadang temen tuh bisa ngeliat sesuatu di diri kita yang kitanya ga ngeh. Hmm atau dia menstimulus biar kita jadi mikirin sesuatu tentang diri sendiri deh.

Kayak omongan Mimi di tengah obrolan tentang persampahan kakak fasilitator OBM kemaren. "Lo tuh bener-bener tertarik sama ... ya?" yang bikin gw jadi mikir dan akhirnya berkesimpulan kalo ketertarikan mah ga mandang umur, yang mandang umur itu follow up. Hahaha tersampah lah.

Demikian, ini gw cerita tapi tanggung amat haha ga jelas.
Poin gw ada di paragraf pertama kok, paragraf kedua mah abaikan aja ;p

24.8.11

LS 2011

Taun ini adalah taun kelima gw jadi fasilitator OBM UI dan kali ketiga megang kelas LS. Buat gw OBM ini semacam kegiatan kaderisasi juga dan yaaah berhubung gw maniak suka kegiatan kaderisasi maka selama masih bisa ya gw berusaha ikutan terus :)

Oke, soal LS taun ini.
LS taun ini jadwalnya cukup bikin bingung hari karena dilakuinnya Kamis Jumat Sabtu Senin Selasa Rabu. Jadwal ini bikin gw nyaris lupa nyiapin dan dateng Buka Bersama Tahu Logay karena pas tanggal 20 gw ngerasa itu Jumat bukan Sabtu -_-" dan ngerasa kalo hari ini Sabtu karena besok libur haha..

Seperti biasa, gw megang 3 kelas reguler dan masing-masing kelas dapet 2 hari. Di paruh pertama OBM, udah keliatan lah ya tiap kelas tu kayak apa.. dan gw bersyukur banget karena kelas ketiga sangat seru :D Buat gw, paling ga enak tuh kalo kelas ketiga ga seru, soalnya OBM gw jadi ga ditutup dengan menyenangkan hehe..

Hmm hmm sekarang mau cerita tentang dua hari terakhir OBM yak.

Selasa, 23 Agustus 2011 dimulai dengan jatoh dari motor di parkiran FE. Cimrin -_-" Alkisah, hari itu gw pake rok jadi otomatis pas naik ojek duduknya nyamping dong ya. Nah, rok gw itu bahannya agak licin jadi pas motornya bermanuver *caelah berlebihan* belok sambil nanjak dikit di parkiran FE itu gw pun merosot lah dari jok motor. Lucunya, pas mulai belok nanjak itu untuk sepersekian detik gw mikir "Ini kalo gw jatoh gimana ya?" dan detik berikutnya tau-tau gw terbang.

Kejadiannya ga sesimpel pas gw merosot dari motornya Captain pas SMA, kemaren itu berhubung tangan kiri gw pegangan ke pegangan motor yang di belakang jok itu, gw jadi ga merosot ke bawah melainkan melayang kebanting ke arah kanan dan sukses mendarat kepala duluan. Untung pegangan gw lepas, kalo kagak mah keseret tuh gw *yea yea orang Jawa, segala apa juga masih untung*. Pas lagi melayang itu sempet mikir "Njir njir njir kepala duluan nih kepala duluan nih" tapi ga bisa ngelindungin sama sekali karena semua terjadi begitu cepat. Intinya telapak tangan kanan beset dikit, mata kaki kanan luka dan masih perih sampe sekarang *bukan di MB sih jatohnya, jadi ga ada kotak obat yang stand by ;p* trus ya itu kepala belakang kebanting dengan sukses. Alhamdulillah, gw cukup keras kepala *secara harfiah* untuk bisa tetep ngefasil hari itu. Mungkin efek sugesti "penguasaan diri" sih ya.. Pokoknya begitu masuk kelas ya "Fasil mode: ON" gitu deh, pas udah pulang baru mulai berasa tu sakit kepala haha..

Kelas kedua ini hmmmmmmm pokoknya bikin gw sampe mengeluarkan keahlian nyepet lah. Untung bukan di hari ketiga heuheu.. Pengen cepet-cepet gw pulangin bener..

Rabu, 24 Agustus 2011 alias hari ini bangun tidur baru berasa tuh badan sakit-sakit efek jatoh kemaren haha -_-" trus leher gw sakit buat ndengak atau nengok. Hueh. Berangkatlah gw setelah berusaha meng-oke-kan suasana hati dengan "look good, smell good, feel good" yang bikin gw mepet sampe stasiun dan akhirnya bediri dah di kereta. Ajaibnya, begitu sampe di sekretariat FE dan ketemu fasil-fasil lain gw jadi katepa energi positif yang banyak banget gitu trus jadi masuk kelas dengan gembira ria. Apalagi inget kalo kelas ketiga gw ini seru.. Lebih-lebih lagi pas ngeh kalo BESOK LIBUR muahahaha akhirnyaaaaa saya bisa libur jugaaaak..

Di kelas, bener aja kan ah ini kelas emang menyenangkan abis :D Pokoknya sampe pas nutup tuh gw bilang "Makasih udah dateng di hari terakhir sebelum libur ini, makasih udah mau berpartisipasi aktif meskipun mungkin ada yang ga enak badan atau udah kepikiran libur. Semoga kelas ini jadi akhir yang menyenangkan buat masa OBM kalian seperti kelas ini jadi akhir yang menyenangkan buat saya" sambil senyum lebar :)

Yang lebih ih wow lagi, gw dapet bonus di kelas tadi.
Jadi, pas roleplay tuh kelompok terakhir ceritanya lagi PSAF gitu kan yah.. Trus itu tuh PSAF Psiko banget deh pokoknya heuheu, gw kenal banget tuh adegan-adegannya :p Itu kocak banget dah roleplay-nya, gw ngakak-ngakak sampe tiba-tiba si anak Psiko di kelompok itu bilang "Jangan batasi diri!". Ck gw langsung diem. Slese dia tampil, gw tanya "Feedbacker kamu bilang "Jangan batasi diri" pas PSAF?" dan dia bilang iya.

Ah! Hati gw menghangat. Amat sangat.
Gw senyum lebar tapi ga bisa nahan suara gw buat ga bergetar terharu pas gw ngomong setelah itu.

Trus pas gw ngetwit soal itu, beberapa 2008 yang jadi panitia taun ini bilang kalo feedbacker dan komdis 2011 emang ngulang beberapa hal yang disampein ke mereka dulu pas PSAF/Prosesi 2008. Ah! Hatigw menghangat lagi. Ga berhenti bersyukur deh. Berterima kasih banget ke 2008 yang masih inget itu dan bahkan nyampein ke 2011. Ah alhamdulillah :')

Hal kayak gitu tuh yang bikin gw jatuh cinta sama kegiatan-kegiatan kaderisasi. Atau ngajar. Atau apapun lah yang bikin gw memberikan hati. Ketika yang berusaha gw sampein bisa sampe apalagi kepake, rasanya ya Allah.. nyess gimana gitu.. Gw merasa berguna.. Merasa misi hidup gw tercapai. Bersyukurnya ga putus-putus.

Terbaca lebay mungkin ya.. Well I'm a drama queen anyway :p

Hmmm oke.
Mengutip pacarnya Kak RR, di OBM teman-teman 2011 "diberikan gambaran medan, serta diberikan kompas. Mereka yang menentukan tujuannya. Mereka juga yang akan menentukan akan menggunakan kompasnya dengan baik atau tidak. Karena kami hanya memberi dan mengajarkan penggunaannya, tapi tak bisa memaksa mereka menggunakan keduanya, peta dan kompas."

Maka hari ini selesailah tugas gw ngasih peta, kompas, dan ngajarin cara makenya. Semoga gw ga menyesatkan dan semoga yang gw kasih bisa bermanfaat buat mereka.

---
Ps: Terima kasih spesial buat fasil-fasil yang main Mogu-Mogu dll pas istirahat hari Senin dan pastinya buat Mimi & Wahyu para teman update kelas masing-masing di twitter. Sangat menghibur dan bermanfaat :D

21.8.11

Edisi Ramadhan




18.8.11

Ironi

Yang ada di kepala gw pas diminta ngebayangin "yang pernah mencabut kedamaian dan kebahagiaan hidup kamu dan keluarga kamu" buat menghayati lagu 1 paket Siluet '56 adalah yang sedang gw rayakan ulang tahunnya dengan memainkan lagi paket itu.

Tapi setidaknya di akhir lagu 4 gw menghayati perjanjian gw dengan diri gw sendiri untuk berbuat sesuatu untuknya :)

16.8.11

Bismillah :)


9.8.11

Pentingnya Skill Kurasi & Editing untuk Fotografer


Salah satu skill penting yang wajib dimiliki seorang fotografer adalah kurasi, dan editing. Kenapa kurasi? karena ketika seorang fotografer dihadapkan pada ratusan, atau bahkan ribuan hasil foto hasil jepretannya sendiri, atau orang lain, Ia harus bisa memilih foto2 mana saja yang paling "sempurna" secara momen, ekspresi, mood, dan sisi teknisnya. Foto tersebut yg nanti akan diolah lebih lanjut menjadi sebuah karya seni yang dapat bercerita lebih dari seribu kata.

Skill editing juga sangat penting, karena terkadang saat kita mengejar "momen" yang sangat berharga, terkadang ada segi teknis yang miss, entah ekspsure, white balance, dll. Dengan editing yang tepat, foto yang telah diolah akan bisa lebih "stand out" dibandingkan sebelumnya. Teknik pengolahan warna, burning-dodging dll akan menonjolkan aspek2 penting yang ada dalam foto tsb sehingga tdk hanya bagus secara momen, tapi juga lebih indah dilihat oleh mata awam.

Di media cetak, fotografer yang paling senior akan ditempatkan pada posisi redaktur fotografi, tugasnya mengkurasi foto2 mana yg layak untuk tampil pada medianya. Nah, kalo dalam fotografi komersil, biasanya yg membedakan kualitas hasil foto sebuah biro/bisnis/studio fotografi biasanya terletak pada pemilihan foto mana yg momennya dirasa unik dan paling pas utk dijual ke klien. Fotografer yang jago ada banyak, tp fotografer yg sanggup melakukan kurasi & editing hasil foto mentah menjadi karya seni yg dpt dijual tinggi, belum banyak.

Kadang yang menjadi ganjalan adalah masalah selera pribadi juga. Susah utk memilih foto yg secara mata awam akan dibilang bagus karena seorang fotografer yang sudah paham teknik secara mendalam akan lebih concern ttg foto mana yg paling sempurna secara teknik, hingga kadang mengabaikan jiwa dari foto itu sendiri, yaitu, konsep, cerita, momen, yang ingin disampaikan pada orang2 yg melihat foto itu. Oleh karena itu seorang fotografer seharusnya belajar mengenai konsep terlebih dahulu ketimbang belajar teknik fotografi.

Sekian dan terima kasih.

Eh, bawel amat yak gw? wakakakkakk
*efekminumkopimalem2sambilngeditratusanfoto*

8.8.11

Mencermati Hasil Survei


  • Hmm..aneh nih survei *serius*RT @detikcom: Survey LSI: Kinerja KPK Tangani Kasus Nazaruddin Mengecewakan http://de.tk/mOYZh
  • Lagi2 saya merasa "gerah" dgn hasil survei "Lingkaran Survei Indonesia", bkn krn lembaga ini sdg jd konsultan 1 partai besar, tp lbh dr itu
  • Pengambilan sample survei ttg KPK disebutkan juni 2011, berarti ini sama dgn survei elektabilitas partai, hny releasenya dibedakan. #Survei
  • Pertama adalah ttg "wording", apakah pengambilan kesimpulan ttg penurunan kepercayaan publik thd KPK berasal dr "wording" yg sama? #Survei
  • "Wording" yg gunakan istilah tambahan "tanpa pandang bulu" tentu saja berbeda hasilnya dgn "wording" tanpa embel2..coba di-check :) #Survei
  • Btw, LSI yg saya bahas disini adalah "Lingkar Survei Indonesia", bukan "Lembaga Survei Indonesia". Kebetulan byk yg salah sangka :)
  • Angka 41,6% di survei juni 2011 berasal dr wording dgn embel2 "tanpa pandang bulu", angka 59% pd 2005 brsl dr wording tanpa embel2:) #Survei
  • Ralat: pada tahun 2005 angka kepercayaan publik thd KPK adalah; 58,3% (dgn wording tanpa embel2: "tanpa pandang bulu") :) #Survei
  • Dengan wording yg beda, tidak boleh ada perbandingan dgn kesimpulan: "kepercayaan masy merosot +/- 17 % thd KPK selama 6 tahun ini" #Survei
  • Yang lebih lucu adalah kesimpulan ttg merosotnya kepercayaan masy pd KPK yg diambil dr penelitian kualitatif, bkn dr survei tsb #Survei
  • Survei dikatakan dilakukan pd juni 2011 (1-7 juni), sementara penelitian kualitatif (FGD & Indepth interview) pd juli & agustus 2011 #Survei
  • Sederhana saja, apakah pada 1-7 juni 2011 Nazaruddin sdh ngoceh ttg adanya pimpinan KPK yg bermain?Belum sama sekali! #Survei
  • Tapi mengapa release survei ini bisa simpulkan: "tudingan2 nazar cukup mempengaruhi persepsi publik thd KPK?" Tdk ada korelasi waktu #Survei
  • Tafsir melalui penelitian kualitatif tdk bisa menafsirkan sebuah hasil kuantitatif, ketika responden yg diuji adlh segmen berbeda :) #survei
  • 4 kesimpulan dr penlt kualitatif mnrt saya jg menarik dikaji. Semua "hanya" berkaitan dgn 2 partai besar: PDIP & PD, interesting! :) #Survei
  • Saya sdg tidak permasalahkan "Lingkar Survei" sedang pegang partai mana..Analisis spt itu terlalu dangkal, saya sdg bicara ttg metodologi :)
  • Itu dulu sementara yg saya bisa utarakan, mau lanjut acara keluarga.. Utk yg "gerah" & tdk setuju, saya siap jawab apapun, asal akademis :)
  • Saya selalu hormati penelitian dr lembaga manapun, apalagi kl berkaitan dgn masalah yg sgt penting ttg "KPK"ini..makanya saya baca detail :)

@yunartowijaya, 7 Agustus 2011

7.8.11

2


Sebagai karya kedua dari penulis 5 cm, tentu saja gw ga pikir panjang buat beli buku ini. Apalagi pas liat tagline-nya "Aku berani mencintai, aku mencintai dengan berani". Wiw! Langsung menuju toko buku diskon terdekat ;p

Nah, berhubung 5 cm itu salah satu buku yang sangat gw suka dan cukup mempengaruhi gw, gw berusaha menekan ekspektasi gw atas buku 2 ini. Untungnya udah lama banget ga baca 5 cm (bahkan bukunya udah ga ada dalam jarak pandang gw di rumah hehe) jadi udah agak lupa juga hehe..

Pas baca, awal-awalnya gw terganggu. Ada beberapa hal yang kurang masuk akal buat gw dan bikin gw ribut nanya "Ah masa bisa gitu?", sesuatu yang sangat bikin gw males ngelanjutin baca. Plus ada beberapa diksi (khas Donny Dhirgantoro kayaknya, karena muncul juga di 5 cm) yang hmm mari kita bilang aja.. bukan selera gw. Sepanjang gw baca pun kadang gw nge-skip baca beberapa kalimat bahkan paragraf, saking ga seleranya.

Meskipun ada cukup banyak bagian yang kerasa kurang sreg, gw tetep baca buku ini sampe tamat. Di bagian akhir malah gw bener-bener ga bisa berhenti baca sebelum selesai halaman terakhir... ...daaaan bacanya sambil mbrebes mili ga berhenti, sampe netes di halaman bukunya ;p

Dari segi ide dan pesan, buku ini tetep nendang sih menurut gw. Ketidaksregan gw akan gaya bahasanya mah soal selera aja, kalimat-kalimat yang isinya ngena dan bisa dikutip masih gw temukan di sana-sini kok. Pas ngintip halaman-halaman terakhir dan jadi ngerti kenapa buku ini judulnya 2* juga gw merinding abis, makanya gw bertahan baca buku ini sampe akhir :D

Gw mah ga bisa (ga mau?) nilai buku pake angka gitu yah, tapi kalo ditanya rekomendasi, hmmm gw akan jawab "Kalo pengen disentuh tentang berani mengejar mimpi, baca deh! :)"

* Bukan 2 km lho, meskipun judul buku sebelumnya 5 cm. Hey you, yes you, I know you read this ;p
** Gambar dari http://5cm-legacy.com/blog/

Ketika Psikolog Diminta Bersaksi

  • Pertanyaan pagi ini: Tahukah kamu bahwa profesi psikolog sudah diakui untuk bisa bersaksi di dalam proses penyidikan dan pengadilan?
  • Artinya, kalau kamu psikolog dan mendalami dunia forensik, kamu bisa loh memberikan keterangan dalam proses hukum sebagai seorang ahli.
  • Saya akhir2 ini sering ditanya tentang proses penyidikan, jadi saya mau sharing tips bagi psikolog yg dapet panggilan utk BAP. #tipsBAP
  1. Sebelum BAP, psikolog menyusun laporan pemeriks. psikologis. Bisa korban/pelaku. Mekanisme pemeriks. biasanya tergantung lembaga. #tipsBAP
  2. Pastikan ada surat panggilan dari kepolisian yg jelas tertera nama Anda. Jangan berasumsi sebelum konfirmasi ke pihak penyidik.#tipsBAP
  3. Konfirmasi jadwal BAP Anda. Kalau Anda berhalangan, segera hubungi penyidik utk reschedule. Biasanya ada CPnya di surat panggilan.#tipsBAP
  4. Pelajari surat keterangan ahli yg sudah dibuat. Baca ulang, kalau perlu bikin "contekan". Ini mirip kaya ujian kasus pas kuliah:p #tipsBAP
  5. Siapkan berkas/dokumen klien. Data diri, informed consent, hasil tes, lembar skoring, dll. Siapatahu ditanyakan. #tipsBAP
  6. Penekanan keterangan Anda adalah di simpulan. Jadi apa yg klien alami? Gimana kondisi psikologisnya akibat kejadian? Diagnosisnya?#tipsBAP
  7. Gunakan bahasa yg mudah dipahami secara umum. Hindari jargon2 psikologi yg justru akan membingungkan penyidik kec. dgn penjelasan.#tipsBAP
  8. Siapkan dokumen2 profesional yg diperlukan. Sert. Izin praktek, kartu HIMPSI, kartu Apsifor (or keanggotaan profesi lainnya), KTP.#tipsBAP
  9. Jangan lupa juga bawa surat tugas dari lembaga sekaligus surat panggilan yg Anda terima dari kepolisian. #tipsBAP
  10. Tidur cukup dan makan teratur. Terdengar klise, tapi penting. Keterangan Anda bisa jadi kacau kalo ngantuk atau laper. Hehehe... #tipsBAP
  11. Datang tepat waktu, lalu langsung temui penyidik kasus Anda. Jangan malu2in profesi kita dgn jadi psikolog ngaret. Hehehe... #tipsBAP
  12. Tetep bersikap santai+tenang walo ada ancaman. Bisa jadi sedang ada pihak "lawan" di tempat tsb dan mungkin mengintimidasi Anda. #tipsBAP
  13. Tegas pada pihak2 tak berkepentingan yg ingin tahu keterangan Anda. Katakan bahwa Anda akan menyampaikan hasil tsb pada penyidik.#tipsBAP
  14. Kalau Anda merasa tidak nyaman, Anda boleh kok bilang dan minta tolong ke penyidik untuk mengkondusifkan suasana. Misal: berisik.#tipsBAP
  15. Ketika tegang/blank, coba pejamkan mata Anda+konsentrasi berpikir. Penyidik ga keberatan menunggu asal ga terlalu lama, kok. #tipsBAP
  16. Kalau Anda melakukan pemeriksaan tidak sendirian, bisa juga ajak rekan Anda tsb untuk berdiskusi sebelum menjawab pertanyaan2.#tipsBAP
  17. Buat yg terbiasa berdoa, berdoalah... Mohon pencerahan... Ohya, Anda juga akan disumpah sebelum penyidik memulai BAP. #tipsBAP
  18. Sebelum menandatangani print out hasil BAP Anda, baca baik2+teliti. Segera beritahu penyidik jika ada koreksi/tambahan. #tipsBAP
  19. Kalau ada yg kelupaan revisi, jangan panik. Tetap kabari penyidik+semoga ada kesempatan memperbaikinya di pengadilan nanti.#eaaa #tipsBAP
  20. Jangan lupa pamitan baik2+ucapkan terima kasih. Keramahan Anda dapat menumbuhkan kepercayaan profesional dari para penyidik. #tipsBAP
  21. Tidak ada salahnya tetap waspada. Sekeluarnya dari kantor polisi, perhatikan sekeliling. Pastikan Anda aman dan tidak diikuti. #tipsBAP
  22. Apapun yg terjadi pada klien, jangan dijadikan beban pribadi. Kewajiban Anda memeriksa, memberi keterangan, bersikap profesional?#tipsBAP
  • Sekian dulu #tipsBAP dari saya, silakan nanya kalo ada yg bingung... Sharing tambahan juga boleh bgt... Terima kasih sudah menyimak! :p


@anezzty, 5 Agustus 2011

Minta

  • Ada kesalahan fatal yg sering kita lakukan, yakni kita tidak mau meminta kepada Alloh azza wa jala. #minta
  • Padahal Alloh berharap sekali agar kita #minta kpdNya, lihat surah alfatihah 'hanya kpdMu kami mengabdi,dan hanya kpdMu kami MEMOHON pertolongan'
  • Krn memang jika tidak meminta kpdNya,kpd siapa lg kita meminta?! Jika tidak boleh meminta,Tuhan menjadi tidak berfungsi. #minta
  • Kesalahan lainnya adlh perihal ikhlas palsu. Seolah-olah kalo kita PAMRIH maka hal itu TIDAK IKHLAS. Ini ngaco! #minta
  • Ikhlas itu meniatkan dan mengarahkan ibadah hanya karena Alloh azza wa jala. That's it. #minta
  • Jd jelas jika kita berharap sesuatu atas apa yg kita lakukan HANYA dari Alloh (PAMRIH) maka itu msh tergolong ikhlas. #minta
  • Alloh menggunakan 'if clause' pd bbrp ibadah. Ada iming2 di dalamnya. Hal itu berarti,kita boleh beribadah atas iming2 dari Alloh. #minta
  • Bukan berarti org yg beribadah tanpa berharap apapun maka ia LEBIH IKHLAS. No..No.. Itu salah besar! #minta
  • Kita hrs ingat komponen tauhid itu ada 3 : Khauf (takut), mahabbah (cinta) dan Rodja ( HARAP ). Manusia diminta mengerucutkn hrp hnya pdNya
  • Di Islam ada term 'tawasul',meminta dgn perantara ibadah atau orang. Tp lg2 pd ngaco! Mintanya ke kuburan org sholeh. Sakit nih! #minta
  • Tawasul yg terbaik adalah dgn perantara AMAL TERBAIK kita. Lihat cth kisah 3 pemuda yg terjebak dlm goa. Kisah ini dlm hadist. #minta
  • Intinya dari kisah ini,mereka berdoa agar gua terbuka dgn perantara amalan terbaik mereka.Slh satunya dgn amalan mendahulukn org tua. #minta
  • Tawasul jg blh kpd org2 yg sholeh selama mereka MASIH HIDUP.Liat para sahabat yg minta didoakn rasul,tp pas rasul wafat tdk ada lg yg #minta
  • Kesimpulannya : 1. Kita harus #minta kpd Alloh.Bhkn ketika sahabat KEHILANGAN SENDAL nya,ia langsung minta dkembalikn oleh Alloh. Remeh pdhl
  • 2. PAMRIH itu tdk apa2, selama kita MASIH MINTA kpd Alloh. Justru kita ikhlas,krn tdk menduakannya. #minta
  • 3. Buat semua alasan palsu :Alloh maha tau jd qt tdk perlu meminta, qt tdk blh pamrih nanti jd tdk ikhlas, dll #minta
  • 3.1 alasan palsu itu hrp dibuang jauh2. Boleh ke laut atau planet mars. :) #minta
  • 4. Biasakan MILIKI AMALAN terbaik. Jika jikalau lg kepepet, bisa dicairkan nih amalan utk minta pertolongan. #minta
  • 5. Biasakan meminta mulai dari yg kecil hingga yg paling besar. Jgn meremehkan kemampuan Alloh. #minta
  • 6. Semoga bermanfaat. Nanti twit ramadhan berikutnya. #minta
@jatinantiasa, 3 Agustus 2011

Dulu dan Sekarang

I.
Suatu hari di taun 2008, gw bilang
Saya pengen ngasih lebih banyak senyum buat kalian. Sederhana, tapi ga segampang itu buat saya karena saya bukan orang yang manis dan default muka saya bukan muka senyum. Ga gampang, tapi saya mau berusaha buat kalian. Saya mau kasih lebih banyak senyum buat kalian.
dan anak cengeng macam gw tentu saja ngomong kayak gitu sambil nangis ;p

Kemaren tiba-tiba kepikir juga untuk tempat gw sekarang,
Gw mau ngasih senyum buat kalian dan bikin kalian senyum juga.

II.
Suatu hari di masa SMA gw, gw pernah segitu yakinnya untuk jadi diri sendiri karena gw tau dan yakin temen-temen gw ga akan ninggalin gw. Di sini saat ini, pelan-pelan gw mulai yakin juga. Seenggaknya gw tau kalo bukan cuma lingkaran terdalam gw di situ yang bisa bilang "Tapi kan lu emang tiap hari kayak gitu dan ya kalo emang bener kenapa harus takut lu lakuin".

---

Fuh. Setaun lagi.
Bismillah :)

6.8.11

I'm a sensing kind of person,
so..
I remember
every details of your face
and which shirt flatters you most
the sound of your voice
and the way you say my name
your smell
and how it makes me want to be near you
the tactile sensation of your hand holding mine
and the safe feeling it causes
oh yes i know it all by heart :)

Gimana bisa hati gw ga menghangat..

..kalo ngebayangin briefing Kamaba Psikologi UI 2011 hari ini.

Ketika 3 orang yang dulu gw sentuh saat jadi feedbacker dan 1 orang yang dulu gw sentuh saat jadi fasilitator OBM LS akan tampil perdana sebagai feedbackers 2011.

Selamat membadai!
Lurusin niat dan jagalah hati.
Karena apa-apa yang disampaikan dari dan dengan hati akan mengena sampai ke hati juga.

Bismillah :')

5.8.11

Witir di Bulan Ramadhan



  • Permasalahan paling krusial di bln ramadhan seputar witir adlh apakah stlh sholat tarawih kita boleh sholat tahajud dgn witir lg? #witir
  • Di luar bln ramadhan, rasul menganjurkan sbg sunnah sblm tidur malam adalah berwudhu,shalat WITIR, membaca alikhlas,alfalaq dan annas #witir
  • Di luar ramadhan,Sblm tidur rasul menganjurkan witir dan rasul juga menganjurkan sholat tahajud stlh tidur yg di dalamnya ada witir. #witir
  • Nah, apakah hal tersebut berarti boleh ada 2 witir dalam 1 malam? #witir
  • Dalam bln ramadhan ada shalat tarawih,apa bedanya dgn sholat tahajud? Apakah rasul setelah tarawih,lalu sholat tahajud lagi? #witir
  • Jika iya, apakah saat sholat tahajud rasul mengulangi kembali lagi witir sebagai penutup shalat malam? #witir
  • Baiklah, mari kita bahas perihal witir ini. Ada 2 pendapat mengenai sholat witir sbg sholat penutup malam. #witir
  • Pendapat 1 : mengatakan bahwa boleh melakukan shalat sunnah lagi sesukanya stlh tarawih, namun shalat witirnya TIDAK PERLU DIULANGI. #witir
  • Pendapat 1 adalah yang dipilih oleh mayoritas ulama seperti ulama-ulama Hanafiyah, Malikiyah, Hanabilah, pendapat yang masyhur di kalangan ulama Syafi’iyah dan pendapat ini juga menjadi pendapat An Nakho’i, Al Auza’i dan ‘Alqomah. Mengenai pendapat ini terdapat riwayat dari Abu Bakr, Sa’ad, Ammar, Ibnu ‘Abbas dan ‘Aisyah
  • Dasar pendapat 1 adalah hadist yg diriwayat Aisyah yg menceritakan bahwa rasul sholat 2 rakaat stlh sholat witir (HR Muslim no 738) #witir
  • Jd stlh witir,ya tidak masalah jika ingin sholat malam lagi. Dan tdk perlu diulangi lg sholat witirnya. #witir
  • Knp #witir tdk boleh diulangi? : “Tidak boleh ada dua witir dalam satu malam.” (HR. Tirmidzi no. 470, Abu Daud no. 1439, An Nasa-i no. 1679. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)
  • Kemudian pendapat ke 2 ttg #witir : mengatakan bahwa tidak boleh melakukan shalat sunnah lagi sesudah melakukan shalat witir kecuali membatalkan shalat witirnya yang pertama, kemudian dia shalat dan witir kembali
  • Nah, cara ngebatalin witir yg pertama gimana?: yaitu dgn cara sholat sunnah 1 rakaat supaya jd genap. Maka witir itu jd batal. #witir
  • Pendapat 2 #witir ini didukung oleh : riwayat dari ‘Utsman, ‘Ali, Usamah, Ibnu ‘Umar, Ibnu Mas’ud dan Ibnu ‘Abbas. Dasar dari pendapat ini adalah diharuskannya shalat witir sebagai penutup shalat malam.
  • Dasar pendapat 2 #witir ini : “Jadikanlah penutup shalat malam kalian adalah shalat witir.”  (HR. Bukhari no. 998 dan Muslim no. 751)
  • Jd mirip khataman nabiyin : nabi penutup. So ga boleh ada lg nabi stlh Muhammad|Ga blh ada witir lg,stlh kita sholat witir. #witir
  • Ralat, ga boleh ada sholat sunnah malam lg setelah witir. Witir hrs ada di paling ujung sholat malam. #witir
  • Itulah 2 pendapat dari para Ulama dan shahabat Rasul mengenai sholat witir. #witir
  • Jd silahkan pilih pendapat 1 atau ke 2. Namun demikian, pendapat 1 yg terkuat krn bbrp alasan. #witir
  • 2. pendapat kedua yang membatalkan #witir pertama dengan shalat 1 raka’at untuk menggenapkan raka’at, ini adalah pendapat yang lemah.
  • Knp lemah? Shalat sunnah dengan 1 raka’at untuk menggenapkan shalat witir yang pertama tadi tidaklah dikenal dalam syari’at. #witir
  • Kesimpulan: 1. bolehnya melakukan shalat sunnah lagi sesudah shalat witir. 2. Sholat witir tdk perlu diulang. #witir
  • 3. Tdk perlu meninggalkn imam tarawih saat witir krn ingin tahajud. Dgn dasar sbg berikut : #witir
  • “Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi. Shahih).
  • Sekian dulu twit ttg #witir .Makasih kaka @sicune dan kaka @nentii yg sdh nyimak. Semoga bermanfaat. Happy fasting! :)
@jatinantiasa, 1 Agustus 2011

Berbagi Tagar

Heyho heyho!

Sejak awal Ramadhan kemarin, gw kepikiran pengen bikin proyek di blog yang berhubungan sama Ramadhan. Dipikir teu kapikir, akhirnya gw dapet ide setelah naikin tulisan tentang gelar-gelar dari Fakultas Psikologi kemarin. Jadi, selama Ramadhan ini gw insya Allah akan berbagi salinan informasi yang gw dapet dari twitter. Infonya belum tentu berhubungan sama Ramadhan sih, tapi setidaknya proyek ini sejalan sama tagline Ramadhan gw taun ini yaitu Konsisten & Produktif hehe..

Proyek ini gw kasih nama Berbagi Tagar karena yaa info-info yang gw bagi ini gw dapet dari twitter dengan tagar tertentu (atau berseri meskipun ga bertagar). Selama ini gw sering dapet info dari tweet berseri (gw ga suka istilah "kultwit") tapi ya terlewat tanpa dicatet gitu sedangkan sistem pengarsipan twitter kan ga seenak sistem pengarsipan blog jadi yaa agak susah aja nyari laginya kalo mau gw baca lagi. Udah gitu, rada ribet aja buat gw karena mesti scroll dari bawah ke atas supaya bacanya berurutan. Dengan gw salin gini semoga infonya jadi lebih kesimpen dan lebih enak dibaginya :)

Oke, selamat menikmati tagar yang gw bagi ya :)

4.8.11

Tentang Gelar-Gelar dari Fakultas Psikologi

Tadi pagi Mbak Anna Surti Ariani cerita di twitter tentang gelar-gelar yang diberikan oleh Fakultas Psikologi di Indonesia. Berikut salinannya :)


  • Pagi! Hari ini saya mau cerita dikit ah ttg gelar2 dari Fakultas Psikologi. Cek di #gelarpsi ya
  • Tujuan ngetwit #gelarpsi biar masyarakat lebih tau aja, spy gak tertipu sama yg malpraktek, jg bs gunakan jasa lulusan psi lbh pas
  • #gelarpsi yg mau diceritain adlh yg dari Indonesia aja, repot kalo gelar2 yg dari luar, banyak gitu lho
  • Dr temen2 psi, kalo twit #gelarpsi ada yg kurang pas, bilang2 ya, biar di-RT & pemahaman bersama jd lebih oke
  • #gelarpsi yg mau diceritain: Dra./Drs., S.Psi., Psi., Psikolog, M.Psi., M.Psi.T., M.Si., dan Doktor/Dr.
  • #gelarpsi yg paling cepet didapet mau gak mau = sarjana, gak ada akademi psi soalnya. kabarnya krn agak tll abstrak utk jd ilmu akademi
  • #gelarpsi sarjana adalah Dra./Drs. untuk lulusan dulu, sampai sktr th 1980an. Stlhnya dipakai S.Psi.
  • #gelarpsi Dra./Drs. sebetulnya beda sama S.Psi. Bedanya, kalo dulu sarjana udah bs praktek, kalo S.Psi. (aja) belum boleh praktek
  • Jd kalo dpt psikolog yg pny #gelarpsi Dra. (perempuan) / Drs. (laki) di thn ini, artinya beliau psikolog senior, cieeee... hihihi....
  • Jd wlp dulu Dra./Drs. diitungnya S1, tp #gelarpsi ini skrg disetarakan dgn s2.
  • Nah, kl ketemu sama #gelarpsi S.Psi., belum tentu boleh praktek tuh individu ini.
  • Inget, #gelarpsi S.Psi. utk sarjana keluaran thn 1990an ke atas, eh ke bawah ya? Maksudnya sampai sekarang masih dipake
  • #gelarpsi S.Psi. dicapai dlm waktu sktr 4 thn, ngelmu aja, belum pake kesempatan latihan praktek. Makanya gak boleh praktek
  • Artinya mereka yg hny ada #gelarpsi S.Psi. tanpa embel2 Psikolog, gak boleh praktek psikolog
  • Tp tenaaaang, #gelarpsi S.Psi. juga banyak bisanya kok! Mereka tetap jagoan!
  • Cth 'kegunaan' #gelarpsi S.Psi. adlh urusan HRD di kantor, urusan admin tes psikolog, observasi / wawancara org sbg jurnalis, guru TK, dll
  • Mrk yg pny #gelarpsi S.Psi. relatif lbh sensitif dibanding org awam utk mengenali pribadi org lain, krn kuliah 4 th utk ilmu psi
  • Gak berarti yg gak punya #gelarpsi S.Psi. gak sensitif lhoooooo
  • Nah, itu tadi secuplik #gelarpsi yg setara S1 (Dra./Drs. & S.Psi). Abis ini, sblum yg setara S2, ada gelar profesi
  • Jd gini, dulu tuh ada jaman2nya ktk kita kudu 144 sks, kudu lulus 4 th, maka kesempatan praktek dipisah dr kuliah keseluruhan #gelarpsi
  • Yg tadinya para #gelarpsi Dra./Drs. kuliah sambil praktek, sejak 1992 kuliah 4 tahun kuliah doang, tanpa praktek
  • Pdhl utk jadi psikolog, kudu punya kesempatan praktek jg. Masa gak ada latihannya, mau jadi apa? #gelarpsi
  • Terus dibuatlah Pendidikan Profesi 2 tahun, khusus utk latihan praktek sblm jd psikolog. Lulusannya punya #gelarpsi Psikolog
  • Sy dulu termasuk yg kuliah 2x utk dapet #gelarpsi Psikolog
  • Lucunya, dulu #gelarpsi Psikolog diberikan dgn menghilangkan S.Psi. Jd gelar sy yg sblmnya Anna Surti Ariani, S.Psi. jadi ASA, Psi.
  • Tp skrg penulisannya dibedakan jadi S.Psi., Psikolog. #gelarpsi S.Psi. utk gelar akademis (4 th kuliah teori), Psikolog utk gelar profesi
  • Jd #gelarpsi resmi saya kemarin2 adlh Anna Surti Ariani, S.Psi., Psikolog. Gelar k2 (Psikolog) penting utk bedain bhw sy psi praktek
  • Yg gak ada #gelarpsi Psikolog sbg gelar profesi, sebetulnya dilarang praktek, krn belum ikuti 'latihan praktek' 2 tahun itu.
  • Nah, krn Pendidikan Profesi tidak ada levelnya, maka dulu kami cm dianggap S1 plus. Kasian ya... #gelarpsi
  • Stlh sy lulus jd psikolog, kira2 thn 2000an, pendidikan profesi disetarakan dgn S2. OMG, sy cm dianggap S1 plus & mereka S2! #gelarpsi
  • Penyetaraan Pendidikan Profesi dgn Magister Psikologi itu menciptakan #gelarpsi M.Psi.
  • So, mari kita masuk ke macam2 #gelarpsi setara S2
  • Yg menarik, fakultas psikologi punya 3 #gelarpsi utk level S2: M.Psi., M.Psi.T, dan M.Si. Apa bedanya?
  • #gelarpsi M.Psi. hny bs diambil oleh mrk yg udah S.Psi., gak boleh dr gelar kesarjanaan yg bukan Psi
  • Cth yg pake #gelarpsi M.Psi. jadinya gini Blablabla, M.Psi., Psikolog. Knp msh pake gelar Psikolog di belakang? Inget: gelar profesi
  • Kalo gak pake #gelarpsi yg gelar profesi itu, Psikolog, maka secara legal dia gak boleh praktek.
  • Nah, #gelarpsi yg agak beda & sedikit menipu masyarakat adlah M.Psi.T. alias Magister Psikologi Terapan
  • Yg bisa ambil #gelarpsi M.Psi.T. adlh dr gelar kesarjanaan manapun, boleh teknik, ekonomi, sastra, hukum, you mention it. Semua boleh
  • Kuliah utk dapet #gelarpsi M.Psi.T. sama spt M.Si. & M.Psi., yaitu 2 tahun. Tp krn bisa dr gelar kesarjanaan lain, tdk smdalam Psikolog
  • Kemampuan #gelarpsi M.Psi.T. adlh melakukan training2 / intervensi terapan kpd masyarakat lwt terapannya ilmu psi
  • Cth keilmuan #gelarpsi M.Psi.T. = psi kesehatan, psi anak usia dini, psi intervensi sosial, psi olahraga, dll
  • Yg dipelajari #gelarpsi M.Psi.T. adlh terapan psi utk masyrkt lbh luas. Jd mrk bs bikin sekolah, konsultan utk NGO dll
  • Jangan salah #gelarpsi yg manapun bisa diterapkan, tp M.Psi.T. memang istilahnya terapan.
  • Nah, #gelarpsi M.Psi.T. ini TIDAK BOLEH praktek sebagai psikolog, karena dia bukan psikolog. Dia hanya ahli psikologi terapan saja
  • Jd masyarakat tdk bs minta tolong #gelarpsi M.Psi.T. utk konseling psikologis, ttd laporan psikologis atau kerjaan2 psikolog lain
  • Moga2 jelas beda antara #gelarpsi M.Psi. dengan M.Psi.T., spy masyarakat gak kena malpraktek oknum tak btanggungjawab
  • Nah skrg #gelarpsi M.Si. yg jg banyak beredar. M.Si. adlh singkatan Magister Sains, kalo di luar M.Sc. gituuuu
  • #gelarpsi M.Si. itu buat yg belajar ilmu psikologi, jadi ilmuwan alias scientist gitu ceritanya, cieeee gedebuk...kepleset....
  • Sy bilang cieee utk #gelarpsi M.Si., krn sy tjebak di dalamnya hihihihihi. Jd gelar resmi sy skrg Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psikolog
  • #gelarpsi M.Si. bisa diambil oleh sarjana dari ilmu apapun, teknik, psi, ekonomi, sastra, dll. Kayak M.Psi.T.
  • Makanya #gelarpsi M.Si. aja (yg diambil oleh mrk yg bkn dr S.Psi.) jg gak boleh praktek
  • Jadi nih inget #gelarpsi yg boleh praktek hny yg 'Dra./Drs.', 'Psikolog', atau 'S.Psi., Psikolog'.
  • Nah, mrk yg udah dapet #gelarpsi S.Psi., tp ngelanjutinnya ke M.Psi.T. atau M.Si., tetep gak boleh praktek lho, karena gak 'lat praktek'
  • Latihan prakteknya itu di Program Profesi / Program Magister Profesi, yg memberikan gelar Psikolog
  • Krn #gelarpsi M.Si. & M.Psi.T. multientri (dr sarjana apapun bisa), maka gelar S.Psi. gak ilang, tetep dipake.
  • OKeh, itu #gelarpsi yg S2 ya. Gelar S3 yah Doktor / Dr. Sy msh bingung krn ada yg nyamain Doktor sama Dokter. Beda atuh!
  • #gelarpsi Doktor belum tentu boleh praktek lho. Cek2 dulu gelar sebelumnya. Kalo ada gelar profesi boleh, kalo gak, ya gak boleh
  • Yah, itu dululah kecerewetan pagi saya ttg #gelarpsi. Moga2 berguna, terutama biar masyrkt gak tertipu.

Semoga bermanfaat :)
 
Header Image from Bangbouh @ Flickr