4.8.11

Tentang Gelar-Gelar dari Fakultas Psikologi

Tadi pagi Mbak Anna Surti Ariani cerita di twitter tentang gelar-gelar yang diberikan oleh Fakultas Psikologi di Indonesia. Berikut salinannya :)


  • Pagi! Hari ini saya mau cerita dikit ah ttg gelar2 dari Fakultas Psikologi. Cek di #gelarpsi ya
  • Tujuan ngetwit #gelarpsi biar masyarakat lebih tau aja, spy gak tertipu sama yg malpraktek, jg bs gunakan jasa lulusan psi lbh pas
  • #gelarpsi yg mau diceritain adlh yg dari Indonesia aja, repot kalo gelar2 yg dari luar, banyak gitu lho
  • Dr temen2 psi, kalo twit #gelarpsi ada yg kurang pas, bilang2 ya, biar di-RT & pemahaman bersama jd lebih oke
  • #gelarpsi yg mau diceritain: Dra./Drs., S.Psi., Psi., Psikolog, M.Psi., M.Psi.T., M.Si., dan Doktor/Dr.
  • #gelarpsi yg paling cepet didapet mau gak mau = sarjana, gak ada akademi psi soalnya. kabarnya krn agak tll abstrak utk jd ilmu akademi
  • #gelarpsi sarjana adalah Dra./Drs. untuk lulusan dulu, sampai sktr th 1980an. Stlhnya dipakai S.Psi.
  • #gelarpsi Dra./Drs. sebetulnya beda sama S.Psi. Bedanya, kalo dulu sarjana udah bs praktek, kalo S.Psi. (aja) belum boleh praktek
  • Jd kalo dpt psikolog yg pny #gelarpsi Dra. (perempuan) / Drs. (laki) di thn ini, artinya beliau psikolog senior, cieeee... hihihi....
  • Jd wlp dulu Dra./Drs. diitungnya S1, tp #gelarpsi ini skrg disetarakan dgn s2.
  • Nah, kl ketemu sama #gelarpsi S.Psi., belum tentu boleh praktek tuh individu ini.
  • Inget, #gelarpsi S.Psi. utk sarjana keluaran thn 1990an ke atas, eh ke bawah ya? Maksudnya sampai sekarang masih dipake
  • #gelarpsi S.Psi. dicapai dlm waktu sktr 4 thn, ngelmu aja, belum pake kesempatan latihan praktek. Makanya gak boleh praktek
  • Artinya mereka yg hny ada #gelarpsi S.Psi. tanpa embel2 Psikolog, gak boleh praktek psikolog
  • Tp tenaaaang, #gelarpsi S.Psi. juga banyak bisanya kok! Mereka tetap jagoan!
  • Cth 'kegunaan' #gelarpsi S.Psi. adlh urusan HRD di kantor, urusan admin tes psikolog, observasi / wawancara org sbg jurnalis, guru TK, dll
  • Mrk yg pny #gelarpsi S.Psi. relatif lbh sensitif dibanding org awam utk mengenali pribadi org lain, krn kuliah 4 th utk ilmu psi
  • Gak berarti yg gak punya #gelarpsi S.Psi. gak sensitif lhoooooo
  • Nah, itu tadi secuplik #gelarpsi yg setara S1 (Dra./Drs. & S.Psi). Abis ini, sblum yg setara S2, ada gelar profesi
  • Jd gini, dulu tuh ada jaman2nya ktk kita kudu 144 sks, kudu lulus 4 th, maka kesempatan praktek dipisah dr kuliah keseluruhan #gelarpsi
  • Yg tadinya para #gelarpsi Dra./Drs. kuliah sambil praktek, sejak 1992 kuliah 4 tahun kuliah doang, tanpa praktek
  • Pdhl utk jadi psikolog, kudu punya kesempatan praktek jg. Masa gak ada latihannya, mau jadi apa? #gelarpsi
  • Terus dibuatlah Pendidikan Profesi 2 tahun, khusus utk latihan praktek sblm jd psikolog. Lulusannya punya #gelarpsi Psikolog
  • Sy dulu termasuk yg kuliah 2x utk dapet #gelarpsi Psikolog
  • Lucunya, dulu #gelarpsi Psikolog diberikan dgn menghilangkan S.Psi. Jd gelar sy yg sblmnya Anna Surti Ariani, S.Psi. jadi ASA, Psi.
  • Tp skrg penulisannya dibedakan jadi S.Psi., Psikolog. #gelarpsi S.Psi. utk gelar akademis (4 th kuliah teori), Psikolog utk gelar profesi
  • Jd #gelarpsi resmi saya kemarin2 adlh Anna Surti Ariani, S.Psi., Psikolog. Gelar k2 (Psikolog) penting utk bedain bhw sy psi praktek
  • Yg gak ada #gelarpsi Psikolog sbg gelar profesi, sebetulnya dilarang praktek, krn belum ikuti 'latihan praktek' 2 tahun itu.
  • Nah, krn Pendidikan Profesi tidak ada levelnya, maka dulu kami cm dianggap S1 plus. Kasian ya... #gelarpsi
  • Stlh sy lulus jd psikolog, kira2 thn 2000an, pendidikan profesi disetarakan dgn S2. OMG, sy cm dianggap S1 plus & mereka S2! #gelarpsi
  • Penyetaraan Pendidikan Profesi dgn Magister Psikologi itu menciptakan #gelarpsi M.Psi.
  • So, mari kita masuk ke macam2 #gelarpsi setara S2
  • Yg menarik, fakultas psikologi punya 3 #gelarpsi utk level S2: M.Psi., M.Psi.T, dan M.Si. Apa bedanya?
  • #gelarpsi M.Psi. hny bs diambil oleh mrk yg udah S.Psi., gak boleh dr gelar kesarjanaan yg bukan Psi
  • Cth yg pake #gelarpsi M.Psi. jadinya gini Blablabla, M.Psi., Psikolog. Knp msh pake gelar Psikolog di belakang? Inget: gelar profesi
  • Kalo gak pake #gelarpsi yg gelar profesi itu, Psikolog, maka secara legal dia gak boleh praktek.
  • Nah, #gelarpsi yg agak beda & sedikit menipu masyarakat adlah M.Psi.T. alias Magister Psikologi Terapan
  • Yg bisa ambil #gelarpsi M.Psi.T. adlh dr gelar kesarjanaan manapun, boleh teknik, ekonomi, sastra, hukum, you mention it. Semua boleh
  • Kuliah utk dapet #gelarpsi M.Psi.T. sama spt M.Si. & M.Psi., yaitu 2 tahun. Tp krn bisa dr gelar kesarjanaan lain, tdk smdalam Psikolog
  • Kemampuan #gelarpsi M.Psi.T. adlh melakukan training2 / intervensi terapan kpd masyarakat lwt terapannya ilmu psi
  • Cth keilmuan #gelarpsi M.Psi.T. = psi kesehatan, psi anak usia dini, psi intervensi sosial, psi olahraga, dll
  • Yg dipelajari #gelarpsi M.Psi.T. adlh terapan psi utk masyrkt lbh luas. Jd mrk bs bikin sekolah, konsultan utk NGO dll
  • Jangan salah #gelarpsi yg manapun bisa diterapkan, tp M.Psi.T. memang istilahnya terapan.
  • Nah, #gelarpsi M.Psi.T. ini TIDAK BOLEH praktek sebagai psikolog, karena dia bukan psikolog. Dia hanya ahli psikologi terapan saja
  • Jd masyarakat tdk bs minta tolong #gelarpsi M.Psi.T. utk konseling psikologis, ttd laporan psikologis atau kerjaan2 psikolog lain
  • Moga2 jelas beda antara #gelarpsi M.Psi. dengan M.Psi.T., spy masyarakat gak kena malpraktek oknum tak btanggungjawab
  • Nah skrg #gelarpsi M.Si. yg jg banyak beredar. M.Si. adlh singkatan Magister Sains, kalo di luar M.Sc. gituuuu
  • #gelarpsi M.Si. itu buat yg belajar ilmu psikologi, jadi ilmuwan alias scientist gitu ceritanya, cieeee gedebuk...kepleset....
  • Sy bilang cieee utk #gelarpsi M.Si., krn sy tjebak di dalamnya hihihihihi. Jd gelar resmi sy skrg Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psikolog
  • #gelarpsi M.Si. bisa diambil oleh sarjana dari ilmu apapun, teknik, psi, ekonomi, sastra, dll. Kayak M.Psi.T.
  • Makanya #gelarpsi M.Si. aja (yg diambil oleh mrk yg bkn dr S.Psi.) jg gak boleh praktek
  • Jadi nih inget #gelarpsi yg boleh praktek hny yg 'Dra./Drs.', 'Psikolog', atau 'S.Psi., Psikolog'.
  • Nah, mrk yg udah dapet #gelarpsi S.Psi., tp ngelanjutinnya ke M.Psi.T. atau M.Si., tetep gak boleh praktek lho, karena gak 'lat praktek'
  • Latihan prakteknya itu di Program Profesi / Program Magister Profesi, yg memberikan gelar Psikolog
  • Krn #gelarpsi M.Si. & M.Psi.T. multientri (dr sarjana apapun bisa), maka gelar S.Psi. gak ilang, tetep dipake.
  • OKeh, itu #gelarpsi yg S2 ya. Gelar S3 yah Doktor / Dr. Sy msh bingung krn ada yg nyamain Doktor sama Dokter. Beda atuh!
  • #gelarpsi Doktor belum tentu boleh praktek lho. Cek2 dulu gelar sebelumnya. Kalo ada gelar profesi boleh, kalo gak, ya gak boleh
  • Yah, itu dululah kecerewetan pagi saya ttg #gelarpsi. Moga2 berguna, terutama biar masyrkt gak tertipu.

Semoga bermanfaat :)

9 komentar dari orang baik :):

jun said...

mantap,,

Dania Amani said...

Bermanfaat banget ini, dulunya aku bingung kenapa master psikologi itu ada yg M.Psi, ada yg M.Sc kayak ayahku. Thanks ya mba :) salut deh

Shanti said...

Wah alhamdulillah kalo bermanfaat :)
Terima kasih juga buat Mbak Nina yg ngetwit hehe..

Yoga said...

Apakah seseorang yg mempunyai gelar S.Psi., M.Psi. boleh praktek? atau yg bersangkutan harus mengambil profesi dulu?

Shanti said...

Untuk praktik harus mengambil kuliah profesi dulu. Nanti mendapat gelar M.Psi., Psikolog. Silakan dibaca lagi penjelasannya, sudah ada di atas :)

Khusnul Khotimah said...

maaf kak. aku masih kelas XII. aku tertarik sama psikolog. tapi nggak tau apa apa tentang psikolog. hehe

emangnya psikolog itu sulit ya kak? lapangan kerjanya juga, apa terbatas banget? makasih

mohon dibalas :)

Shanti said...

halo khusnul, maaf ya baru bales..

sulit atau enggak ya relatif, tergantung minat dan bakat kita juga. untuk tau apakah khusnul cocok kuliah psikologi atau nggak, bisa konsultasi warid belajar ke psikolog.

lulusan psikologi kemungkinan kerjanya luas banget kok. menurut saya, selagi masih berhubungan sama manusia maka ilmu psikologinya akan kepake :)

Febbry Rahmat Dwicahyo said...

Terima kasih infonya kak, sangat bermanfaat. Sy sedang mendalami ilmu psikologi. Harapannya semoga S.Psi, M.Psi, Psikolog. bisa sy raih seperti kakak :)

Anonymous said...

Wah keren bgt pembahasannya thanks mbak.

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr