27.1.13

i don't like this
constantly in alert mode and getting all tensed only by hearing some lines
i really should do something about this
but what?

26.1.13

on being genuine

i don't like faking things. i can't.
if i don't feel like doing it, then i don't.  when i still have to do it, i'll work on it first so at least i know i do it not merely because it's what i'm expected to do. i'll reason with myself. i'll compromise. i'll twist it. i'll let my real feeling/opinion/intention show. anything. anything to make me do what i do (at least a bit) genuinely.

i don't like faking things. i can't.
my eyes betray me easily everytime i try. haha..

not once or twice, i replied "i miss you" with a smile or a nod or a "thank you" or a "ah ya, long time no see ya" but not "i miss you too". rude? maybe. but i consider it more rude to say "i miss you too" when actually i don't. hmm and i don't put :) emoticon when i don't really (want to) smile writing it.

i'm blatantly honest sometimes. or is it most of the time? haha
when my brutal shot of honesty is not appropriate, i'd rather be quiet than say some candy-covered fake things.

oh and i literally shudder in fake situations.
i feel suffocated too.
flight is the best option, then.

but what if this what if that?
ha. let my complicated tangle of thoughts figure 'em out, then ;p

24.1.13

kangen

berdiri nyender di pager istana sambil ngeliatin kendaraan yang lewat di depan Juanda 16

jalan kaki ke arah matahari terus belok kiri dan muter lewat kantor batu
atau ke arah SD Polisi terus masuk-masuk ke antara rumah-rumah di sekitar situ terus tau-tau sampe di rel terus nyusurin rel ke arah paledang
atau ke arah merdeka sambil mastiin barang-barang berharga masih aman

bengong-bengong di lantai 4 yang masih kosong
there are times when all you want to do is curl up in bed and forget the world.
this is one of those times.

there are times when all you want to do is curl up in bed and forget the world
but you can't coz the world needs you.
this is one of those times.

so be strong.
as always.

23.1.13

Please Do :)


Keseimbangan

Gw lupa deh udah pernah cerita atau belum di sini (dan males nyari link ke postingan terkait kalo ternyata udah), tapi kuliah profesi ini kadang bikin jiper sendiri ngebayangin bakal jadi orang tua. Abisnya kalo kasus kan banyaaaaak banget yang masalahnya sangat dipengaruhi oleh orang tuanya. Yah itu artinya dapet banyak pelajaran soal apa yang sebaiknya ga dilakuin kalo jadi orang tua sih, tapi tetep aja serem.

Nah trus Sabtu kemaren gw bantuin seleksi calon siswa baru di salah satu SD di Depok. Gw kebagian ngewawancarain orang tua tentang pola asuh yang mereka terapkan ke anak-anaknya. Pas ngewawancara ya udah ada lah lintasan ini itu di kepala gw, tapi baru gw hayati lagi pas pulang. Trus gw jadi lega deh. Ortu-ortu yang gw wawancara itu ngasih gw inspirasi tentang apa yang sebaiknya dilakuin kalo jadi orang tua. They're cool! :D

Yah jadi begitulah..
I wonder how my future kids would be, raised by their father and me :p

22.1.13

Semester 4!

*ditulis sambil ngeliat kalender dan berbagai penunjuk tanggal lain*

Alkisah, tanggal 9 Januari gw dan teman-teman #PRODIK11 dapet pengumuman tentang jadwal semester 4. Pas denger dan nyatet jadwal tuh rasanya...... megap-megap dan mules hahaha. Pertama karena ketat banget jadwalnya (ya dari semester 2 juga gitu kaliiii) dan kedua karena.. "Hah? Kompre? Proposal tesis? Deadline tesis? Hah? Hah?" *terus sesek napas* hahaha..

Pengen tau jadwalnya? Gini nih..
Januari
Minor: Intervensi Lanjutan (15 - 22 Jan)
Minor: Kapsel - GH (23 Jan - 28 Mar tapi ga tiap hari) 
Februari
Magang kasus 5 & 6 (4 Feb - 2 Mar) 
Maret
Kasuistik 5 & 6
Laporan Magang
Laporan Kasus 5 & 6
Deadline laporan magang (28 Mar)
Proposal tesis (20 Mar) 
April
Ujian komprehensif (1 - 5 April) → Harus udah selesai kasus 5 & 6
Penyusunan tesis 
Mei
Penyusunan tesis 
Juni
Penyusunan tesis
Deadline tesis (21 Jun)
Ujian tesis (akhir Jun)
Coba tolong bawain tabung oksigen buat gw.. Haha..

Trus 14 Januari pagi akhirnya modul Pelatihan berakhir dengan dikumpulkannya laporan TNA dan rancangan modul pelatihan sehingga kami bisa libur semesteran :D Sehari doang tapi ya tetep aja alhamdulillah, daripada ga ada hehe.. And I had a very good day that Monday :)

Nah, besokannya mulai tuh ya semester 4nya dengan modul Intervensi Lanjutan. Modul ini.. gila-gilaan! Mari kita lihat apa yang gw lakuin selama modul ini.. Oh iya, tiap hari masuk jam 8 pagi yak..
Selasa
Kuliah dari dosennya
Dikasih Tugas 1
Presentasi Tugas 1 (jam 1 siang) 
Rabu
Dikasih Tugas 2
Baca-baca bahan Tugas 2 dan ga ngerti T_T 
Kamis
Ngerjain Tugas 2
Pulang dari kampus jam 7, gedungnya aja udah dikunci sama Satpam
Lanjut ngerjain.. 
Jumat
..dan baru slese jam 7 kurang
Presentasi Tugas 2
Dikasih Tugas 3
Gelar matras trus tidur di kelas
Nyari bahan tugas 3 
Sabtu
Ke Perpus Psiko & Perpus Pusat, nyari bahan Tugas 3 
Minggu
Ke Perpus Pusat, ngerjain Tugas 3 bareng temen-temen
Lanjut ngerjain.. 
Senin
..dan baru slese jam stengah 7
Ngumpulin Tugas 3
Celeng di kelas haha.. Sampe nulis-nulis tapi ga inget pernah nulis itu, melek tapi mimpi kali -_-" 
Selasa
Presentasi Tugas 3
Gimana, capek ga bacanya? Haha..
Modul ini menyenangkan banget sebenernya, tugas-tugasnya menantang nalar (alias butuh waktu banyak buat baca, ngerti, dan mikir) tapi yaa secara fisik nyapein banget-bangetan lah. Saking capeknya gw sampe sempet breakdown dikit hehe.. Eh tapi gw ga merana loh, senang-senang tetep jalan terus :D Makan-makan, nonton di laptop, dan ketawa-ketawa mah tetep aja hoho.. 

Tadi pagi menjelang siang selesailah modul ini.. Kayak anak SD deh, jam 11 udah pulang hihihi.. Di akhir kelas diminta ngasih komentar gitu, dan ya pastinya jadi refleksi dong.. Gw seneng banget sama modul ini dan ngerasa dapet banyak pelajaran buat bekel magang dan tesis Hah? Tesis? *mules* termasuk harus ngadepin lagi dilema kayak dulu pas skripsi: idealis atau realistis. Huh hah. Tentang ini mungkin akan gw ceritain lain kali ya.. 

Modul ini selesai, besok masuk modul Kapita Selekta. Trus tanggal 4 magang. Huwoooow.. Semoga semester ini berjalan dengan bermanfaat dan menyenangkan.. Semoga di akhir semester ini gw lulus bareng #PRODIK11, beberapa temen MB, dan Tania. Aamiin..

Yuk ah, kita tutup dengan..

Optimis juga butuh usaha
(Andranita, 2013)

Terus berjuang & saling mendoakan! :D

20.1.13

:D(ream team)

Kayak yang pernah gw bilang, gw suka banget "nonton" orang-orang dan kejadian di sekitar gw. Nah, orang-orang yang ternyata ngangenin ini adalah salah satu "tontonan" kesukaan gw :D



*mau masukin foto tidur ramean pas TC tapi ga tega haha*

Trus ya trus ya, gw jadi semi obsesif gitu mau masak buat mereka haha.. dan akhirnya kesampean pas LPJ kemaren. Aaaaah suka banget nontonin mereka makan masakan gw :D :D :D Ada yang makanin punya orang pas punya dia udah abis, ada yang jadi kayak bocah tua nakal, dan -tentu saja- ada yang diem aja dan lempeng terus mukanya haha..


Terima kasih yaa kalian..
Gih pada jadi PM gih.. Ntar kalo rapat gw masakin lagi deh..

---
PS: Semoga surat-surat gw cukup "memotret" tiap orang dengan tepat :)
PPS: Ah sebel ga nemu foto-foto kita pas NAC :(

12.1.13

7th

Marilah kita sambut blog terbaru gw . . .


Macam orang kurang kerjaan aja gw yak? Hahaha..
Semoga bisa jadi tempat senang-senang lah..

Oh, isinya ntar dulu yak..
Keburu keabisan energi gara-gara ngutak-atik template-nya nih haha..

10.1.13

[review] Battle Hymn of the Tiger Mother

- gambar dari amychua.com -



Judul                   : Battle Hymn of the Tiger Mother
Penulis                : Amy Chua
Tahun terbit        : 2011
Penerbit              : Penguin Books
Jumlah halaman  : 265
Waktu baca         : 2 Januari 2013 - 7 Januari 2013


Buku ini adalah memoar Amy Chua, seorang warga negara Amerika keturunan Cina, dalam mengasuh dua anaknya. Dia mengasuh dengan sangat keras. Gw pas awal-awal baca syok dan stres lah, bengong mangap dan berjengit. Bayangin, anak-anaknya ga boleh
  • attend a sleepover
  • have a playdate
  • be in a school play
  • complain about not being in a school play
  • watch TV or play computer games
  • choose their own extracurricular activities
  • get any grade less than A
  • not be the #1 student in every subject except gym and drama
  • play any instrument other than the piano or violin, 
  • not play the piano or violin
(hlm. 3-4)
Trus kalo lagi ngedampingin anak-anaknya latihan piano atau biola tuh sangar banget edan. Pokoknya gw suka pusing sendiri lah baca cerita yang dia tuturkan dengan sangat jujur dan "berani dicela" ini. Untunglah akhirnya gw dapet "aha moment" yang bikin gw tenang ngelanjutin baca buku ini. Aha moment itu muncul pas Amy Chua ngebandingin gaya pengasuhan "Western parents" dan "Chinese parents" trus dia bilang
Western parents worry a lot about their children's self-esteem. But as a parent, one of the worst things you can do for your child's self-esteem is to let them give up. On the flip side, there's nothing better for building confodence than learning you can do something you thought you couldn't.
[...]
Western parents try to respect their children's individuality, encouraging them to pursue their true passion, supporting their choices, and providing positive reinforcement and a nurturing environment. By contrast, the Chinese believe that the best way to protect their children is by preparing them for the future, letting them see what they're capable of, and arming them with skills, work habits, and inner confidence that no one can ever take away.

(hlm. 69)

Akhirnya, buku ini bikin gw refleksi. Tentang gimana gw diasuh waktu kecil, teori-teori pengasuhan yang gw baca, dan gimana gw ingin ngasuh anak-anak gw nanti.
..tapi itu bukan buat dibagi di sini ;p

9.1.13

this morning is just...
h e a r t b r e a k i n g

5.1.13

Positioning

If you think you can fool me and win me, you better think again.
*smirk*

AH, WHAT A YEAR!!!

Dari kemaren-kemaren mau nulis tentang tahun 2012 gw tapi ga jadi-jadi karena.... bayanginnya aja udah capek. Hahaha parah banget. Mau bikin kaleiblogskop, keburu capek bayangin baca ulang 190 tulisan dan ternyata ada beberapa tulisan implisit yang pas gw baca lagi sekarang ternyata gw ga inget itu tentang apa haha -_-" Mau cerita kronologis per bulan, wuih banyak banget yang terjadi. Gile. Hahaha.. Jadi gimana nih? Nulis sesukanya aja lah ya, gampang ntar diedit lagi..

Hmm.. Oke..
Kalo 2011 gw bilang rasanya kayak naik rollercoaster di bawah langit penuh kembang api, berarti 2012 ini naik roket jungkir balik di udara dan jadi kembang api. Banyak banget yang terjadi, ritme hidup cenderung cepat tapi ga menentu, emosi jungkir balik meledak-ledak, ekstrim lah pokoknya. Gw mulai ga tau hari dan makin lama makin parah. Trus makin ke belakang makin gila aja hidup gw sampe rasanya super kehilangan orientasi waktu, belom lagi kalo hari-hari berasa nyambung satu sama lain karena tidur yang minim (ngerti ga ini maksudnya gimana? haha).

Emangnya ngapain aja sih gw di 2012?

Pertama, kuliah. Bulan Februari masuk semester 2 dan bulan Juni masuk semester 3. Kuliah profesi mulai menunjukkan wujud aslinya HUAHAHAHAHA. Jadwal tentatif. Gw cuma punya sedikit kontrol atas jadwal dan hidup diri sendiri, hidup di tangan pembimbing dan klien. Bikin mau mati ga tuh buat orang J kayak gw? Kuliah ini bikin sangaaaaaaat banyak belajar dan gw jauh lebih mengenal diri gw sendiri. Kasus 1, 2, 3, dan 4 punya cerita dan insight-nya sendiri. Begitu juga modul-modul lain di semester 2 dan 3. Untungnya (gw jadi makin yakin kalo) ini passion gw, kalo ga mah ga bakal bertahan kali gw.

Kedua, MB. Entah gimana gw juga suka masih bingung sendiri, gw berhasil nambah poin di daftar keberhasilan gw bertahan hidup. Yang tadinya dipikir selesai Juli ternyata mundur sampe...... Desember -_-" Sampe sekarang gw belom nulis apa yang terjadi di akhir proyek, sebagian karena segitu melesatnya waktu dan sebagian karena mungkin waktu itu gw bergerak secara otomatis, ga sepenuhnya sadar, semi trance, atau apalah sehingga sekarang ga inget bener apa yang terjadi. Tidur maksimal 2 jam per hari selama berhari-hari dan masih bisa berfungsi di kampus maupun di MB dengan beban kerja yang ga sedikit tuh cukup menakjubkan buat gw. How did I manage to do that and still alive? Ah alhamdulillah aja lah ya.. Hehe.. Oh iya, gw bisa bilang kalo keputusan nerima tawaran jadi staf drill & display MBUI 2011-2012 adalah salah satu keputusan paling berpengaruh dalam hidup gw.

Ketiga, ngajar, ngedit, dan main-main. Yah sama aja sih kayak 2011, gw macam berlebih waktu aja hahaha pake ngajar dan ngedit segala. Akhirnya ngajar berhenti sebelum Lebaran dan ngedit diselesaikan tepat di pagi hari TC akhir MB hoho.. Nah kalo main-main pastinya penting banget buat menjaga gw tetep waras. Makan-makan, karaoke, nonton bioskop, dan segala kegiatan hura-hura lain lah.. Kenceng bener ini kalo lagi ada celah waktu yang bisa disambar :p

Trus apa highlight taun 2012 buat gw?

Pertama, kuliah. Tetep loh dia ada di urutan pertama :)) Bener-bener jadi warna yang paling pekat lah dia.. Bingung nyeritainnya tapi ya pokoknya luar biasa lah buat gw. Kemaren gw bilang ke Kak Andra, kalo suatu hari nanti gw ditanya apa life changing experience gw, kuliah profesi ini jelas adalah salah satunya.

Kedua, orang/lingkaran spesial dan dukungan sosial. Taun 2012 bener-bener berasa ada orang atau lingkaran yang sampe bikin gw bilang "What would I do without you?" hehe.. Berasaaaaa banget bakal mampusnya kalo ga ada mereka. Selain orang rumah, di bagian ini isinya adalah sekte, lingkaran Juanda 16/empathuruf-enamhuruf, Della, dan oknum tertentu. Trus tentunya ada lingkaran dan orang-orang yang bikin hidup gw lebih hidup melalui obrolan dan ketemuannya. Di bagian ini isinya adalah anak-anak brass, anak-anak perlap dan crew ceriaPipit, om-om + kakak-kakak super, #PRODIK11, Input & Imeh. Oh! Juga orang-orang yang perlu dapet special mention untuk percakapan-percakapan yang jadi titik tolak: Evinka dan 1chi.
My people of the year 2012 :) Terima kasih banyak semuanya :)

Ketiga, belajar membagi hidup mencair memperkecil jarak sama orang lain. Gw ga tau berapa banyak orang yang melihat ini tanpa gw kasih tau, tapi gw ini cenderung hangat tapi dingin, dekat tapi berjarak gitu lah. Nah, di 2012 gw membuka diri jaaauuuuh lebih banyak ke orang lain. Di awal semester 2, emang ada sesi khusus di kelas. Trus habis itu yaa ada banyak lagi kesempatan belajarnya lah. Belajar ngeluh. Belajar ngerepotin orang. Belajar ngandelin orang lain. Belajar ngasih kesempatan orang lain berkontribusi dalam keputusan gw. Belajar aegyo (dan belajar berhenti aegyo :p). Puncaknya, nitipin duplikat kunci kosan ke orang. Hal-hal yang sepele banget buat orang lain ini ga gampang loh buat gw.. Hehe.. Oh, ngamuk atau berubah jadi hiu dan joget di depan umum juga termasuk bagian ini haha :D

Keempat, belajar bantuin orang lain belajar. Di FE, di MB, dan di kelas. Ketika yang dipelajari adalah sesuatu yang ga segitu sederhananya, urusannya emang jadi menguras energi. In 2012 I learned it the hard way, through this and this.

Kelima, lalala.
  1. Another closure.
  2. Masuk labirin yang sama dengan orang yang berbeda. Deja vu with a twist. Atau apalah namanya - tapi yang jelas ga bisa bilang been there done that karena nyatanya cerita yang sama bisa jadi beda pas dimainin sama orang-orang yang beda haha.. Yang ditunggu-tunggu akhirnya datang di awal Desember. Terus jungkir balik sampe titik. It's funny how life took us to where we are. Where to after this? Hmm.. let's just have faith while playing along, shall we? :)

Yah jadi begitulah kira-kira 2012 gw.
Alhamdulillah gw selamat dan senang menjalaninya :)

Semoga 2013 jadi tahun yang bikin kita senyum lebih banyak ya :)
*ga bisa mikir akhir tulisan karena ngantuk berat belom tidur dari semalem haha*

Hmm..

Di hari terakhir 2012 yang lalu, Twitter cukup rame sama harapan dan resolusi buat 2013. Di antara semua twit itu, twit salah satu temen gw menarik perhatian gw. Dia bilang,
Resolusi 2013 tanya orang lain seru juga kali ya. Menurut kalian, apa yang harus gue lakukan di 2013? :D
Wih. Gw cukup kaget bacanya. Buat gw yang belagu ini, nanya orang lain tentang resolusi gw tuh ga kepikir banget deh. Haha.. Nah trus, sekitar sejam kemudian dia ngerekap hasilnya dan rekapan dia bikin gw tertarik ngebuka mentions dia buat ngeliat usul-usul yang masuk. Pas gw buka. Whoa. Dari cukup kaget gw jadi super kaget.

Isinya dari yang halus kayak "ambil sikap, matikan bom waktu" sama "tinggalkan kalo ga ada harapan" sampe yang frontal kayak "putusin cewek lu" sama "pindah agama". Whoa, no?

Yak, jadi temen gw ini udah bertaun-taun pacaran beda agama, makanya ada yang usul kayak gitu. Eh gw bukan mau bahas soal pacaran beda agamanya ya, tapi interaksi di Twitternya. Mungkin gwnya aja ya, tapi liat omongan-omongan sefrontal itu dilontarkan di forum umum tuh jengah aja. Potensial menyakiti hati ga si itu omongannya? Ya gw ga tau sih sedeket apa orang-orang yang ngomong itu ke temen gw, taoi tetep aja..

Intinya, dua hal itu (nanya resolusi ke orang dan ngomong frontal semacam itu di forum umum) adalah hal yang ga kebayang gw lakukan hehe.. Menarik ni yang kayak gini, bikin mikir jadinya.. Hmm..

Oh, dan gw salut banget sama cara temen gw nanggepin usul-usul itu.
He's totally cool! :D

3.1.13

Tantangan 2013

Sejak 2011, gw mengawali tahun dengan menantang diri sendiri. Di 2011 dan di 2012, tantangannya adalah tantangan-tantangan untuk menulis. Taun ini ada tantangan semacam itu juga sih, tapi gw kurang tertarik. Bosen *caelah*. Trus pas lagi jalan-jalan di dunia maya, eh nemu ini. Wah, menarik ni! Cocok pula sama salah satu keinginan gw buat 2013 ini yaitu nonton lebih banyak film dan baca lebih banyak buku. Tadinya pengen ikutan tantangan itu tuh, tapi kok belom sreg rasanya. Akhirnya nyari-nyari lagi, dan nemu ini. Pas lanjut baca langsung senyum-senyum girang trus kayak 'klik' gitu. Wihu! :D Haha udah macam nemu jodoh aja ini nyeritainnya :p

Nah, tapi berhubung gw ikut beginian buat seneng-seneng doang, gw cuma ngikutin temanya aja. Ga ikut lombanya gitu, jadi gw cuma akan baca satu buku per bulan sesuai tema dan nulis tentang buku itu di sini. Ini rincian tema per bulan dan buku yang akan gw baca (yang belum tau mau baca buku apa dikasih tanda bintang):

Bulan Tema Buku
Januari Buku Favorit Waduh apa ya? Sementara ini kepikirnya Katy
Februari Novel Romantis Pride and Prejudice
Maret Ekranisasi 
(buku yang dijadikan film)
Life of Pi
April Sastra Indonesia Burung-Burung Manyar
Mei 1001 Books You Must Reads Before You Die Max Havelaar atau Jane Eyre
Juni Thrillers, Suspense, Mysteries, Crime & Detective The Adventure of The Secret Necklace
Juli Buku anak-anak Pengennya buku Dr. Seuss
Agustus Sejarah, Perang, & Militer Pengennya Pulang
September Travel Literature Pengennya Jilbab Traveler
Oktober Paranormal Romances, Sci-Fi & Fantasy *
sekarang kepikirnya pengen The Ring of Solomon
November Nominasi Khatulistiwa Literary Award *
Desember Buku apapun yang terbit di 2013 *

Buku yang gw pilih diusahakan buku-buku yang udah ada di rumah tapi belom dibaca sampe sekarang tapi kalo ada tema yang gw ga punya bukunya ya nanti pas bulannya gw cari pinjeman atau beli kalo ada rezeki (aamiin-in dong hehe) trus kalo kepepet yaa boleh lah ya baca ulang buku yang udah pernah gw baca. Buat bulan Januari pasti baca ulang, soalnya ya gimana mau jadi favorit kalo belom pernah dibaca kan? Oh iya itu yang gw bilang "pengen" artinya gw belom punya, kalo mau ngasih boleh banget lhooo :p

Ada yang mau ikut juga? Yuk :D
Tulisan gw tentang ini dikasih label "Buku 2013" ya, semoga berhasil gw selesaikan :D


---
PS: Ini bikin tabel PR banget dah -_-"

1.1.13

Ah, What A Day! :D

Hari terakhir taun 2012 kemaren berlalu dengan sangat menyenangkan. Pagi-pagi ke kosan main-main terus tidur terus ngerjain kasus 4. Nampak sepele ya? Tapi beneran deh enaaak banget, udara di Depok lagi adem & otak lagi beres jadi bisa ngetik-ngetik dengan lancar (meskipun masih belum selesai sampe sekarang hehe). Sore balik ke Bogor, ketemuan sama Bebe. Seneng banget akhirnya bisa ketemu dan ngobrol banyak setelah sekian lama :) Habis itu pulang, iseng-iseng ikut kuisnya Ika Natassa di Twitter, blogwalking trus tidur. Bangun-bangun udah 2013 haha.. Good day, good day! :)

Oh iya, kemaren itu banyak WhatsApp & mentions yang menyenangkan juga. Hahahihi sepanjang hari deh pokoknya. Penutup yang manis buat tahun yang... yang... nantikan rekap 2012 gw aja deh ya! Haha..

Alhamdulillah :)
Terima kasih semuanya :)
 
Header Image from Bangbouh @ Flickr