22.11.12

Let's Go Bake!

Di tengah kegilaan minggu ini, mau nulis ah demi ikut #gobakegiveaway-nya Mbak Meta :D

Sekitar tiga tahun yang lalu, entah kesambet apaan gw jadi semangat pengen masak. Berhubung masak lauk Indonesia tuh bumbunya banyak, gw mulai dari yang gampang-gampang aja: pasta & brownies. Eh ini masak yang pake resep ya, kalo masak yang sebangsa nasi goreng, omelet, atau tumisan yang tinggal cemplung-cemplung doang mah dari SD gw juga udah bisa hehe..

Kenapa gw pengen (dan akhirnya sekarang suka) masak?
Karena pengen nyenengin orang-orang yang gw sayang :)

Pertama masak buat orang rumah tuh bikin Fettucini Carbonara demi nyenengin adek gw. Trus abis itu bikin puding sutera buat buka bersama Tahu Logay, hampir 100 cup aja loh! Hahaha gw nekat banget anaknya emang, ga pernah-pernahnya masak eh tiba-tiba bikin porsi besar buat acara gitu :)) Trus abis itu udah deh seneng bikin kueh, terutama brownies soalnya gampang dan hampir ga mungkin gagal soalnya dia emang kueh gagal haha..

Tiap kali masak, gw yang amatiran ini berdoaaaa yang banyak. Pake solat hajat segala hehe.. Trus di tiap adukan juga sambil berdoa, Al Fatihah dan doa yang gw karang sendiri gitu lah, semoga makanan yang gw bikin enak dan bikin seneng yang makan. Kira-kira kayak yang gw ceritain di sini lah.

Trus trus trus alhamdulillahnya belom pernah ada yang keracunan makanan bikinan gw :D Pas pertama masak fettucini itu respon orang rumah terutama adek gw bikin gw nyengir lebar banget. Trus pas buka bersama Tahu Logay, ada temen gw yang lagi makan puding bikinan gw tanpa tau gw yang bikin. Nah pas gw tanya pudingnya enak ga, dia dengan semangat bilang "Enak banget, Cun! Cobain deh.. Gw udah abis 3 nih" hihihi.. Trus pas pertama bawa brownies ke MB, ada yang bilang "Aaaaah makan brownies bikinan lu bikin gw lupa habis dimarahin dosen.. Dijual ga ini? gw beli deh seloyang" hihihi.. Yaudah deh habis itu gw makin seneng masak. Niatnya tetep dong buat bikin seneng orang, orang lain maupun gw sendiri. Daripada gw bilang sayang berkali-kali, mending gw curahin sayangnya dalem masakan gw deh. Hehe.. Makanya pengeeen banget masak buat om-om pelatih nih tapi ga sempet-sempet huhu :(

Nah demi mendukung permasakan gw ini, pengen banget dapet baking starter kit dari Mbak Meta terutama measuring cup-nya biar gampang kalo nyontek resep dari internet hehe.. Jadi gw berkembang gitu, bikinnya ga brownies lagi brownies lagi doang :p

BTW ini resep brownies yang gw andalkan selama ini.
Enak. Banget. Parah.
PennyLane Brownies
by Riana Ambarsari 
Bahan:4 butir telur
450 gr gula pasir (biasanya gw kurangin jadi 400 gr - n.)
225 ml minyak goreng (bisa pakai minyak kedelai/jagung)
60 gr bubuk coklat
210 gr tepung terigu
setengah sdt garam
1sdt vanili bubuk
120 gr kenari
85 gr choclate chips
almond untuk taburan 
Cara Membuat:
  1. Alasi loyang dengan kertas roti, dan olesi mentega. Panaskan oven 180 derajat Celcius.
  2. Campur coklat bubuk, terigu dan vanili bubuk.
  3. Kocok telur dan gula sampai mengembang dan butiran gula menjadi lebih halus. Masukkan garam, kocok lagi hingga rata.
  4. Matikan mixer, ayakkan campuran tepung ke dalam adonan telur, aduk rata. Masukkan minyak goreng, aduk hingga rata.
  5. Masukkan kenari dan chocolate chips, aduk rata.
  6. Tuang adonan ke loyang, panggang kurang lebih 35 menit. Test dengan tusuk gigi/lidi yang bersih.
  7. Dinginkan sebelum dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.

2 komentar dari orang baik :):

Anonymous said...

wah baik sekali memberi resep andalannya, boleh dicoba nih :D

gw sebagai orang yg pernah dimasakin, merekomendasikan masakan nona shanti ini. layak makan dan enaaak :D

*kapan ya dimasakin lg :P

Btw, selamat ulang tahun heyinishanti, semoga semua kebutuhannnya sejalan dengan keinginan, diberikan hidup yang penuh berkah dan manfaat. amin

Shanti said...

ehehehe itu ge dulu penghiburan gara2 laptop ilang pas lu skripsi ya pay.. tapi gw belom bisa nyambel nih sampe sekarang :p

aamiin aamiin makasih doanya ya :)

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr