28.10.09

Fettucini Carbonara

Ibu gw lagi seminar ke Medan, terus Dek Na minta gw masakin fettucini carbonara buat ngehibur dia. Yah berhubung Dek Na itu kalo ga ada Ibu suka lesu dan gw tentu saja ga akan menyia-nyiakan kesempatan buat bikin dia senang, plus gw hari ini masih ga ada kepentingan buat ke kampus (baca: seharian di rumah), maka gw pun memasaklah buat makan malem hari ini.

Gw tuh kalo masak biasanya eksperimental dan egois alias porsi kecil karena gw rada kurang punya intuisi buat nakar bumbu kalo masak buat lebih dari 2 porsi. Demi kelancaran acara masak-memasak hari ini buat 5 porsi, gw pun berburu resep di internet. Setelah memadukan beberapa resep dan mengira-ngira takarannya, inilah resep yang gw pake:

Bahan
2/3 bungkus fettucini isi 500 gr
1 bawang bombay
2 siung bawang putih
Daging asap sesukanya
5 btr telur, kocok lepas (harusnya 4 + 1 kuning tp gw males misahinnya :D)
150 ml cooking cream
200 ml susu cair
90 gr keju cheddar, parut 
Merica hitam butiran, ditumbuk kasar
Garam secukupnya
Minyak zaitun

Cara membuat
  1. Tumis bawang putih & bawang bombay pake minyak zaitun sampai harum. Kalo udah harum, masukin daging asap. Tumis sampe daging asap agak kering. Kalo udah kering, diemin aja dulu dan beralih ke urusan lain.
  2. Urusan lainnya adalah, didihkan air yang ditambah 1 sdm minyak zaitun. Kalo udah mendidih masukin fettucini dan masak sampe al dente. Jangan lupa sesekali diaduk biar ga menggumpal.Kalo udah al dente, tiriskan.
  3. Sambil ngerebus fettucini, campur telur, cooking cream, susu, keju, dan merica hitam dalam wadah. Aduk sampe rata.
  4. Masukin campuran telur tadi ke tumisan daging asap, panasin. Gw sengaja koreksi rasa di tahap ini karena gw ga mau ngicipin campuran telor yang mentah hehe.. Tambahin garam secukupnya sampe pas rasanya sama selera.
  5. Kalo udah pas rasanya dan udah mengental, masukin fettucini dan aduk cepat sampe kecampur semua.
  6. Jadi deeeh :)

Ta daaa..

Pas udah jadi, si Faf dan Bapak bilang enak. Aku senang sekali :) Dek Na?! Dia sukaaaa banget sampe nambah dan nyoletin saus di piringnya pake tangan terus dijilatin. Aww aku terharu :') Alhamdulillah.. Oia, jangan lupa baca basmalah setiap masukin bahan dan masaklah dengan hati senang :)


Her smile is worth all the effort :)

Ps:  Gw ngerti sekarang kenapa harga makanan kayak gini mahal di resto. Modalnya gede bo! Hehe..

8 komentar dari orang baik :):

AlvaBravoEcho™ said...

hahaha.. emang mahal ajah ne.. walopun kadang harganya ga seharusnya semahal ituh,, hehehe

anna said...

waa...boleh tuh resepnya....atooo langusng jadinya aja ya nee...hehe

Anonymous said...

waa enaaakkk mauu doong dibikiniiinn heheheeee :P

Shanti said...

@ Abe: wess.. komentar langsung dari praktisi di bidang ini ;p Thx Be :)

@ Anna & Dede: yg mau harus ke rumah gw! hehe..

Adin, S. Psi said...

haduuh, tiba-tiba pengen jadi adiknya kucun seketika.. sluurp.

cooking cream dan minyak zaitun beli dimana?

Shanti said...

ah, kudin.. kudin..
cooking cream ada di supermarket. di kulkas bagian keju. minyak zaitun dapet dr parcel haha..

Grandis said...

Teh, aku bingung deh kl bwt masak ky gini susunya yg dipake yg ky gmana sih? Masa iya susu cair ky ultra/bendera dll gt, atw ada khusus yg bwt masak ya? (tanya merknya skalian aja deh apa. Hehee..). Trus cooking creamnya merknya apa yah? Bahan2nya bs dibeli dsemua supermarket ya? Makasih teeh.. :D

Shanti said...

susunya susu cair putih tawar. cooking cream pokoknya ada di kulkas bagian keju, merknya ada anchor, elle & vire, dll..

selamat masak :)

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr