14.10.09

Fiksi atau Semi-Fakta?

Tepat seminggu yang lalu, gw numpang baca satu novel di toko buku. Novel tipis itu ditulis sama seseorang (perempuan ~ sebut saja si A) yang gw kenal, dan secara luar biasa isinya nyerempet hal-hal yang gw kenal juga. Nama SMA gw disebut mentah-mentah sebagai latar cerita, dan beberapa tokoh di dalamnya pun make nama orang-orang yang emang beneran ada di konteks itu *ini kalo ribet maaf deh ya, abisnya gw ga mau nyebut aslinya amat hehe*.

Di awal buku, ada dedication page yang ditujukan buat satu orang (laki-laki ~ sebut aja si B) saja. Gede-gede mencolok abis gitu. Gw jadi bertanya-tanya,
Apa rasanya liat nama lu 'tiba-tiba' jadi satu-satunya nama yang ada di dedication page sebuah buku yang dicetak ribuan eksemplar dan dijual di toko buku besar?

Trus trus, gw baca kan ya bukunya. Ga bener-bener per halaman sih, loncat-loncat asal gw nangkep ceritanya aja. Karena si A emang ngasih tau kalo tokoh utama laki-laki di buku itu terinspirasi dari si B, gw jadi mengasosiasikan si tokoh utama laki-laki sama si B dong ya. Nah, terus gw kan anaknya juga suka ngehayal sendiri ya dan kalo gw bikin cerita fiksi pun gw sering mengasosiasikan tokoh utama yang perempuan sama gw, jadiii gw pun mengasosiasikan tokoh utama perempuan di buku itu sama si A. Oh! Dulu, sempet beredar gosip kalo si A ngegebet si B. Gw jadi bertanya-tanya lagi deh,
Gw berani ga ya mempublikasikan hayalan gw tentang diri gw sama gebetan gw?
Si A itu kayak gw ga yah? Cerita di buku ini mencerminkan apa yang si A pengen dari hubungan dia sama si B ga yah?

Kebetulan *eh, kebetulan ga ya?* pulang dari toko buku itu gw ketemuan sama si B (juga C dan D) dan gw cerita lah ya itu blablabla.. Pas si B tau cerita buku itu gimana, dia responnya bikin gw ngakak banget :D Udah gitu pas gw cerita ke C dan D, si C juga ngeresponnya sama kayak si B. Mereka juga mikirnya sama kayak gw, jangan-jangan cerita di buku itu adalah cerminan apa yang si A pengen dari hubungannya sama si B. Wew, gw jadi salut deh sama si A. Berani aja gitu dia bikin buku yang jelas-jelas nyebutin siapa inspirasinya dan masukin detail-detail yang bermakna bagi orang-orang yang tau sementara ceritanya bisa menuai *tsaaaah,, menuaaaaaai..* respon yang agak gimana gitu..

Seriusan deh, sampe sekarang pun gw suka tiba-tiba kepikiran hal-hal itu..
Oh iya, maap ya ini mungkin ribet dan ga jelas banget gw nulisnya soalnya gw ga enak aja kalo terlalu jentre ;p Yang pengen tau, boleh lah PM gw kalo niat hehehe..

2 komentar dari orang baik :):

Anonymous said...

kalo yg ini saya ingin tau novel apa itu..hohoho..
PM ya ne..

Shanti said...

sudah saya kirim emailnya yaa.. hehe

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr