30.8.12

What did I say? What did I say?

I just said
Meskipun jungkir balik, (secara akademis) pengalaman sekolahku yang paling menyenangkan ya S2 ini..
after some 6 hours of writing case report.

My mom was flabbergasted haha..
..and, to be honest, so was I ;p

29.8.12

Obituari

Beberapa hari lalu ada yang pergi.
Berhenti jantungnya, terputus nafasnya.

Dia, cerita kita.

Hari pertama, aku tak percaya. 
Dia tak mungkin pergi. Dia pasti cuma sedang melewati daerah yang susah sinyal dalam perjalanan pulang kampungnya. Sesampainya di rumah dia pasti akan mengabariku lalu sibuk bicara tentang punggungmu yang kaku setelah duduk berjam-jam, empal enak yang kamu makan di tempat perhentian saat sahur, dan pemandangan familiar yang menyambutmu di terminal. Lalu ia akan mengantar padaku lagu yang menemanimu sepanjang jalan dan foto sinar matahari yang menerobos daun-daun jati. Dia tak mungkin pergi. Dia tak mungkin pergi. Kan?

Sudah berhari-hari.
Aku memanggilnya biar kembali. Aku memanggilnya lirih, seperti bisik-bisik sayang sebelum kukecup kupingmu. Aku memanggilnya jelas, seperti cerita-ceritaku yang bertabur derai tawamu. Dia tak kembali. Aku menjerit memanggilnya, sampai parau suraku, tapi dia tidak juga kembali.

Lalu aku menangis.
Aku mengalun tangis seharian. Menatap kosong sambil berlinang air mata. Sesenggukan mendaras namamu. Menjerit marah dalam tekapan bantal. Begitu berganti-ganti. Tengah malam, habis sudah air mataku. Mengering di sudut mata yang tiap beberapa menit masih saja menatap layar ponsel, berharap namamu tiba-tiba menyala di sana. Isak-isak yang tersisa pun lelah sudah. Tertidur bersama sedih yang melubangi hati.

Mauku tidur saja terus.
Biar dia main-main di mimpiku, menjadi sosoknya yang biasa. Berat tanganmu di kepalaku. Hangat tubuhmu yang menguar saat kita duduk bersisian. Wangi yang tertinggal di jaketmu dan membuatku terlambat kuliah saat menyelimuti tidurku. Tawa kita, lagu-lagu yang kita tukar kirimkan dan nyanyikan bersama, mimpi-mimpi ragu yang kita saling yakinkan, dan segala hal di bawah matahari yang kita bicarakan berjam-jam. 

Tapi waktu tidak berputar berbalik arah, bukan?
Maka ketika sudah bosan aku berguling-guling di carut-marut pecahan hati, turunlah aku dari tempat tidurku. Mandi. Mengguyur kepala dan sekujur badanku dengan air dingin. Melarung marah yang menggelegak dan sedih yang berombak. Sudahlah. Sudahi saja. "Mengapa?" memang masih tersisa tapi toh aku tak yakin mau mendengar jawabannya.

Jadi sudahi saja.
Kutabur bunga di pusara cerita kita.
Begitulah ingin kuingat dia, kelopak-kelopak cantik di atas catatan perjalananku.

Selamat jalan..

~ Ditulis setelah membaca dua 'serial' di Google Reader gw, diiringi Resah - Payung Teduh

Don't be sad coz it's over, 
be happy coz it happened :)

28.8.12

Akhirnya..

Fyuh.
Pinggang pegel dan rambut basah keringetan tapi gw senang sekali.

Setelah belasan (atau dua puluhan?) hari, akhirnya malem ini gw sendirian. Aslik beberapa hari terakhir kemaren gw udah senggol bacok abis karena selalu ada orang yang gw kenal di sekitar gw sehingga gw harus selalu berinteraksi. Se-la-lu. Sisi loner gw langsung stres hahaha..

Hari ini gw ke Depok lagi. Di kereta CommLine yang sepi tadi perasaan gw aneh. Kayak pergi tapi juga kayak pulang. Trus gw kaget sendiri. Ga pernah kepikir sebelumnya, Depok akan kerasa se-'rumah' ini buat gw :)

Hmm mungkin tadi itu rasanya "Oke, gw akan balik ke kehidupan normal gw, realita gw.. dan gw suka kehidupan itu :)"

Trus sampelah gw di Depok. Ga tau kenapa cecengiran aja gitu sambil jalan ke kampus. Masuk gedung C, denger berisik hahahihi dari atas. Mikir-mikir, hmm kayaknya kemungkinan besar ada yang lagi di lantai 1, lupa kalo sebagian besar mahasiswa masih libur haha.. Trus ke gedung H, naik lift, trus nyebrang dan sampe gedung C lantai 2 trus ngeliat ke bawah dan.. jengjeeeeeng.. lantai 1 kosong. Pasang kuping bentar, trus geleng-geleng kepala sambil senyum-senyum. Kelas gw yang di lantai 2 berisiknya kedengeran sampe lantai dasar -____-" Buka pintu, senyum makin lebaaaaar karena liat muka-muka mereka daaaan... makanan-makanan di meja HAHAHA.. Trus ya, masa ada kue yang pengen gw rasain karena baca ini coba! Ih pucuk dicita ulam tiba banget hihihi.. Alhamdulillah.. Sampe kegirangan sendiri gw hahaha dan ternyata emang enyaaak meskipun ga sampe bikin bahagia :9

Kelar makan-makan, progress report kasus 2 dan briefing kasus 3. Begitu ditanya kemajuan laporan kasus 2.. siiiiing... Mbak Airin sampe nanya "Lho, mana keceriaan kalian tadi?" hahaha.. Padahal ya pas jawab santai-santai aja.. Trus makin siiiiing pas liat jadwal sampe Februari 2013. Padat merayap kayak arus mudik yang masih normal (kalo Jakarta-Cirebon 30 jam itu udah gilak namanya, tapi beneran ada lho taun ini). Gw sendiri langsung liat tanggal tertentu dan.. mencelos. Fuh.

Oke fast forward ke bagian seneng-seneng lagi. Selesai kelas, nonton Perahu Kertas :D Filmnya yaaah.. ga nyengat-nyengat amat, tapi seinget gw sih gw juga ga segitu kesengatnya pas baca bukunya, jadi okelah mayan. Apalagi pemeran-pemeran cowonya enak diliat semua hahahah.. Trus.. ah udahlah ini kan bukan lagi mau review film..

Trus sekarang di sinilah gw. Di kamar kosan gw yang gw suka banget.
Pinggang pegel dan rambut basah keringetan habis beberes-nyapu-ngepel kamar + gosok kamar mandi tapi gw senang sekali.

Akhirnya sendirian, ga harus berinteraksi sama siapa-siapa. Lega.
Enaknya sambil minum teh atau coklat anget gitu ya, tapi adanya air putih doang haha.. Gapapa, segini aja gw udah sangat bersyukur kok :) Apalagi bayangin habis ini mandi trus tidur dengan kamar digelapin. Aaah~

Alhamdulillah :)

27.8.12

Mudik 2012

Tahun ini mudik ke Wonosobo kayak taun-taun sebelumnya. Alhamdulillah, udah ga jamannya sholat Id di Jakarta terus baru ke Wonosobo setelah open house bosnya Bapak kayak taun 2000an awal.

Errr terus mau nulis apa ya?
Mau nulis daftar 'tradisi' gw kalo mudik aja ah.. Hal-hal yang gw harapkan ada pas gw mudik dan bakal berasa 'ada yang kurang' kalo ga dilakuin.

  • Sholat Id di alun-alun Wonosobo. Rasanya damai dan senaaaaang banget. Langit biru cerah, matahari jam 6.30an yang terang dan angetnya pas, angin yang sejuk, balon di mana-mana, dan keluarga besar di sekitar gw :)
  • Sambel mercon! Taun ini baru muncul di hari ketiga dan entah kenapa ga sepedes taun-taun kemaren tapi gw tetap senang :9
  • Sowan-sowan yang tiap rumah ditandai dengan suguhan tertentu. Jadi selain nama, tiap Mbah yang di-sowan-in itu disebut dengan suguhannya: Mbah Es Buah, Mbah Ager-ager, Mbah Tape Ketan. Taun ini gw cuma ke Mbah Es Buah soalnya ditinggal pas pada mau ke Mbah Ager-ager dan Mbah Tape Ketan udah lama sedo. Makanya berasa kurang ni ga makan ager-ager dan dibilang "Iki sing bayek Amrik tho?" pas mau sungkem ke Mbah Ager-ager.
  • Makan mi ongklok. Biarpun Ibu & mbak gw di rumah bisa bikin yang lebih enak, tetep aja sensasinya beda sama manggil tukang mi ongklok keliling buat masuk ke halaman rumah Yangkung terus makan rame-rame. Lagian kalo di Bogor-Depok-Jakarta mana ada sih jajan mi gitu semangkoknya 4000 trus satenya 500an. Nyamm :9
  • Makan bakso Pak Medi. Pokoknya kalo di Wonosobo boleh jajan-jajan di tukang yang keliling deh sama Ibu, di Bogor mah mana boleh.. Pak Medi-nya udah keliatan tua euy sekarang..
  • Makan bakso di Mas Zaini. Nyaris kecewa karena warungnya sempet tutup, untung pas gw ke sana pas buka. Di daerah tinggi yang dingiiiiin, makan bakso panas-panas pasti enak banget kan? Nah.. mana kuahnya super enak bahkan kalopun beningan (ga pake seledri, daun bawang & bawang goreng) dan baksonya berasa daging banget. Nyammmm :9
  • Sagu keju & janhagel. Taun ini baru tau kalo si kue kering yang bisa gw abisin satu stoples sendiri itu namanya janhagel hahaha.. Akibat ketertarikan bikin kue yang meningkat, gw jadi nanya deh itu namanya apa trus nanya resepnya dan berencana bikin. Taun-taun kemaren mah yang penting makaaaan :D
  • Makan di rumah Bude Fit. Bude yang satu ini masakannya enaaak dan aslik rajin banget bikin segala macem kue kering & peyek. Hebat!
  • Mandi air dingin. Yak, gw yang di Depok pun hampir selalu mandi air anget malah mandi air dingin di Wonosobo yang dingin. Padahal airnya sedingin air habis dikulkasin lho.. 
  • Tidur di depan TV. Taun ini sih tidur di depan TV kalo siang/sore doang. Malem dingin bener jadi tidur di kamar deh.

Nah, meskipun tradisi-tradisi gw itu masih ada tapi Lebaran kemaren tetep kerasa beda banget. Satu Bude udah nggak ada, satu keluarga Pakde (Pakde-Bude, mas-mbak-2 anak, mas-mbak, & mbak) ga pulang karena Pakde itu lagi sakit, & satu sepupu & suaminya ga pulang karena lagi hamil muda.

Yah begitulah..
Semoga taun-taun depan masih bisa terus pulang ke Wonosobo dan semoga taun depan bisa ngumpul sebanyak mungkin :)

Ps: Taun ini gw sama sekali ga ditanya tentang nikah-nikahan selama mudik! Horeeeee! :D

26.8.12

#aktorramadhan - 3

Catatan: 
Maap telat banget ini karena chirpstory error mulu. Akhirnya scroll manual twitternya si Bos deh..
Semoga bermanfaat :)

  1. #aktorramadhan juga senang ngajak kumpul, tapi sayang nya bukan untuk majelis bermanfaat, cuma untuk ngegosip dan nongkrong
  2. Huahah, saur on the road berujung tawuran.. Keriaan spesial #aktorramadhan yang berlomba menuju penjara dan murka Nya. Good job fuckers!
  3. Banyak juga pada malam2 terakhir ramadhan ini #aktorramadhan yg mau ngejer lailatul qodar. Yg penting melek aj semaleman, manatau dapet
  4. FBR meramaikan istiqlal! Luar biasa. Lebih tepatnya meramaikan parkiran dan mengotori lingkungan masjid. Sakit jiwa. #aktorramadhan
  5. Fakta mengerikan dari itikaf hari ini : 50% duduk di luar ngobrol dan nyampah, 30% beritikaf, 20% tidur di dalam masjid. Full #aktorramadhan
  6. Biasa itu kaya gimana si? Ya biasa, solat biasa2, tadarus biasa2, ngaji biasa2. Lebih parah lagi kalo gak solat biasa2, gak ngaji biasa2
  7. Sahur on the road, ganggu pengguna jalan lain, isya lewat, traweh nggak, tahajud boro2, subuh capek. Barokah? Plis deh.. #aktorramadhan
  8. Mendekati lebaran, #aktorramadhan bebenah diri. "Harus nampang di hari yang fitri" katanya. Beli ini itu, pajang sana sini.
  9. Persiapan lebaran tuk #aktorramadhan jauh lebih penting dari esensi lebaran. Ajakan untuk menghidupkan malam2 terakhir ramadhan gak digubris
  10. Orang yang sedih meninggalkan bulan ramadhan konon ciri orang yang bertaqwa. Sudah barang tentu kalo #aktorramadhan senang bukan kepalang
  11. Sebentar lagi #aktorramadhan tak perlu akting lagi, capek. Cukup jadi diri sendiri. Bisa ngelonte lagi. Bisa ngemabok lagi. Enak toh?
  12. Tidak ada yang lebih melegakan dari #aktorramadhan yang lantas berubah menjadi pribadi ramadhan untuk selanjutnya. Kamu kah? Saya kah?
*
  1. Hari puasa terakhir, niat nya mau bikin penutupan terakhir juga buat rentetan sentilan #aktorramadhan 
  2. Tapi dijamin nanti malem banyak #aktorramadhan takbiran, tak paham isinya. Besok pagi banyak yang berbondong solat ied, tapi subuhnya lewat.
  3. Tapi yang jelas tidak semua #aktorramadhan berakhir surem. Doa saya selalu agar semua beralih menjadi pribadi ramadhan
  4. Para #aktorramadhan yang tetiba suka menghadiri majelis menambah ilmu, boleh lah dilanjutkan di bulan sesudahnya
  5. Para #aktorramadhan yang tetiba suka bersedekah dan memberi, boleh lah dilanjutkan di bulan yang lain
  6. Para #aktorramadhan yang sudah belajar mengendalikan hawa nafsu, bagus lah kalo bisa senantiasa dipelihara
  7. Para #aktorramadhan yang tetiba suka menghabiskan waktu di masjid, baik lah itu kalo bisa juga meramaikan di bulan sesudahnya
  8. Dan masih banyak lain kegiatan para #aktorramadhan yang kalo digali esensi nya dan dilaksanakan sesudahnya, adalah sangat baik
  9. Semoga kita berhasil menjadi pribadi ramadhan yang seutuhnya, yang bertaqwa dan mampu bersyukur. Atau minimal, bisa mengambil pelajaran
  10. Demikian seri #aktorramadhan, semoga hari esok bisa kita usahakan menjadi lebih baik dari hari yang sebelumnya. Amin.
  11. Ingat yaa, minal 'aidin wal faizin itu artinya : semoga kita termasuk golongan yang kembali (pada fitrahnya) dan menang (dari hawa nafsu)
  12. Ingat yaa, ucapan yang diriwayatkan untuk lebaran : Taqobalallaahu minnaa wa minkum - semoga Allah menerima (ibadah) dari kami dan dari kalian. Ditambah : shiyamana wa shiyamakum - semoga juga puasaku dan kalian diterima.
  13. So, Taqobalallahu mina wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Happy ied mubarak! Ubah #aktorramadhan jadi pribadi ramadhan.

- @AndyNotowijoyo

Nonton, Sekali Lagi

Lagi blogwalking trus nemu tulisan tentang nikahan yang keren gitu pesta kebun dengan dekor bikinan sendiri. Pas liat nama pengantennya, lah?!?! Orang yang gw tau. Haha..

Jadi ceritanya pas gw SMP beberapa temen gw ngecengin anak SMA sebelah yang (katanya) ganteng. Gw pastinya ga tertarik karena ga kenal haha.. tapi gw mengakui kalo dia ganteng. Manalah suatu hari liat dia gandeng-gandeng anak kecil gitu di sekolah, tampak manis jadinya :3

Pas gw masuk SMA dia udah lulus, tapi gw denger cerita-cerita tentang dia. Petinggi salah satu organisasi plus senior ganas di salah satu ekskul. Wiiiih ngeriiii.. Gw juga jadi tau nama panjangnya dong, daaan menurut gw namanya keren! Pas gw SMA ini juga sempet liat dia ke sekolah juga tapi tampilannya beda banget sama pas dia SMA, gondrong berantakan dan pake celana batik yang dililit gitu. Kuliah di FSRD ITB ternyata dia..

Nah, gw tau dia kuliah di FSRD ITB itu beeertaun-taun kemudian. Taun 2007 tepatnya. Gw lagi melanglang di dunia maya trus nemu kalo dia adalah orang di balik salah satu iklan yang gw suka. So I sent him a Facebook message to appreciate the TVC :D *tipikal gw banget hehe*

Ini dia iklannya:

Trus intinya apa sih tulisan ini? Ga ada haha..
Yah paling kalo ada, intinya adalah.....
Masih ganteng aja tuh orang :))
..and may his marriage be as beautiful as the wedding :)

25.8.12

#fatwakhyar - 5


  1. Hidup sederhana baik, berpikir sederhana tidak. Sekian & terimakasih.
  2. Jangan jadikan “lagi pula menurut agama” sebagai pamungkas argumen. Sekian & terimakasih.
  3. NU dan Muhammadiyah malam ganjilnya memang berbeda, bukan berarti Lailatul Qadr hanya untuk satu ormas. Sekian & terimakasih.
  4. Merasa tahu tentang agama dengan modal pengalaman beragama sejak kecil adalah kesombongan yang nyata. Sekian & terimakasih.
  5. Hati-hati, jangan-jangan selama ini kita beragama berdasarkan “sepertinya begitu” alih-alih dengan ilmu. Sekian & terimakasih.
  6. Yang perlu taat kepada keputusan syura adalah yang terikat pada syura itu, yang lain tak perlu. Sekian & terimakasih.
  7. Orang yang berkata bahwa ia mendapat lailatul qadr seperti orang yang berkata ke orang lain, ia ikhlas. Sekian & terimakasih.
  8. Jika kita bisa tepat waktu dalam berbuka, tentu saja kita harusnya bisa tepat waktu dalam perkara lain. Sekian & terimakasih.
  9. Keinginan kita Ramadan di Mekkah harusnya sama besar dengan keinginan agar tiada lagi kemiskinan di sini. Sekian & terimakasih.
  10. Sehebat-hebatnya ekstase yang kita temukan ketika shalat, pada akhirnya kita harus salam ke kanan & kiri. Sekian & terimakasih.
  11. Tentu kita ingin berjodoh dengan orang seperti Ramadan, bikin rajin beribadah, namun peluang bertemu 1:11. Sekian & terimakasih.
  12. Yang tahu kita berpuasa adalah diri sendiri & Tuhan, semoga setelah ini kita lebih baik menjaga rasa riya. Sekian & terimakasih.
  13. Hari hari Ramadan bukanlah persiapan diri untuk lebaran, tetapi untuk menggapai takwa. Sekian & terimakasih.
  14. Hari raya bukanlah imbalan terhadap amalan Ramadan kita, ia adalah hadiah dari Tuhan, agar kita bergembira. Sekian & terimakasih.
  15. Pada akhirnya Ramadan seperti cinta, tak bisa dipaksakan bertahan jika ia mau pergi, tetapi boleh dirindukan untuk bertemu lagi.

Sekian dan terimakasih telah mengikuti serial #fatwakhyar yang hanya tersedia di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada yang terganggu. 
Pada akhirnya, kita hanya berharap semoga segala amalan kita di bulan ini diterima oleh Allah dan mengantarkan kita ke pintu takwa.
Tentu saja kita tidak bisa berbangga berlebih-lebihan dengan apa yang telah kita lakukan, rasanya masih banyak kekurangan di sana-sini terkait amalan kita di bulan ini. Satu hal, kita tentu akan begitu merindukannya, menangisi kepergiannya, menyesal tak memaksimalkannya.
Dan, satu ciri perindu, selalu berharap untuk bertemu, selalu berperilaku tertentu agar merasa dekat dengan yang dirindu selalu. Apa itu? 
Berpuasalah 6 hari di bulan Syawal, teruskan amal baik di bulan ini di bulan lain.

Ah, panjang saya berkata-kata seolah-olah sudah paling benar, sudah paling tahu semua.
Saatnya kita bergembira, karena hari raya telah di depan mata.
Mohon maaf jika ada kata keliru
Jangan disimpan agar tidak mengganggu

Kini salam penutup saya seru
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Taqqaballahu minna wa minkum. :)
Salam untuk keluarga, di kampung, di kota, di Nusantara.


- @muhammadakhyar
Penutup ditulis Akhyar di sini

22.8.12


aku memang ga selalu di sini
aku bisa ada di situ, di sana, di mana-mana
kamu tau sendiri kan aku mobile banget?!
tapi, aku kan udah berkali-kali bilang
kalo kamu butuh, aku ada 
please dong,
kamu pikir buat apa HP diciptain?!
[050105]
Kesukaan si Pritut yang ternyata masih dihafalnya sampe sekarang :')

17.8.12

selamat ulang tahun ya,
si-ganteng-pinter-bisa-pushup-lurus-sempurna
:D

MUAHAHAHAHA

14.8.12

Hari Ini :D

Hai!
Jadi ceritanya, hari ini aku senang sekali :D

Setelah agak jeger gara-gara ini, gw berangkat ke kampus dengan gambling aja karena sebenernya belom ada panggilan bimbingan. Sampe kampus berniat beresin urusan di FE dulu jadi SMSan lah sama Ketua KA trus katanya langsung aja ke Bapak Kadep. Yaudah tuh jalan lah ke FE lewat FIB. Udara di Psiko, FIB, maupun FE pekat banget aroma PSAFnya tadi hihi..

Sampe FE, ke gedung DepMa trus degdegan mondar-mandir dulu bentar haha tapi akhirnya bilang ke sekretarisnya Pak RP kalo mau ketemu buat ngasihin surat pengunduran diri. Langsung ditanya "Dapet kerja di mana?" aja dong haha -_-" Trus untungnya Pak RP ada dan gw bisa langsung menghadap. Bapaknya baiiik aku terharu :') Sampe lupa bilang "Saya belajar menulis dengan ringkas dan padat dari Bapak, terima kasih" deh gw hehe.. Bentar doang itu paling 5 menitan doang gw di dalem. Trus pas keluar ruangan Pak RP eh ada Asiah.. Huhu salam-salaman lah pamit ke Asiah, Mbak Banu, sama Mbak Intan. Trus pas keluar DepMa ketemu Bu Yasmine. Huaaa pas banget gw lagi mikir mau kirim email personal buat Tim ABEST :')

Yaudahlah tuh jalan balik ke Psiko sambil masih masih mellow mellow. Sambil meresapi *alah* jalan yang mungkin ga akan rutin gw lewatin lagi. Udah ga akan rutin mikir "Mau lewat jalur FISIP apa jalur Gedung IX?" lagi deh.. Berakhirlah cerita gw jadi asdos yang dulu dimulai dari sini.. Terima kasih banyak semuanya :')

Sampe kelas eh mayan rame dan makin siang makin rame. Trus lama-lama berasa kayak cowo-cowo sekolah homogen nongkrong di warung deket sekolah cewek homogen buat ketemu gebetan masing-masing. Hihi.. Soal ini ntar deh diceritain sendiri kalo niat.

Trus akhirnya bimbingan. Sempet jiper tapi yaa karena udah threw the case out of the window jadi pasrah lah. Dan alhamdulillah banget lama-lama makin enak buat gw dan gw keluar ruangan pembimbing dengan senyum lebar :D Fyuuuh super lega meskipun tanggal 16 harus gw maunya ngumpulin sampe kelar Psikogram yang artinya 2 langkah lagi (langkahnya jazz run, btw, jauh soalnya haha) dan tanggal 16 juga harus ngirim editan Bab 1 Asia Tenggara. Oh! Trus trus, TA nih kita, R? Hehe nanti lah dipikirin dulu..

Kelar bimbingan hahahihi di kelas sambil ngedit trus indecisive mau buka di mana sampe udah duduk dan liat menu di Burger N Grill tapi keluar lagi haha.. Meluncurlah ke Mall Depok dan.. jajan es krim ikan :D Ga lupa sebelumnya beli Mijon merah yang udah gw idam-idamkan sejak beberapa hari yang lalu. Nyamm :9 Trus makan lah sama K'Andra, Acli, Debi & Muti. Buka di luar terakhir sebelum mbak-mbak gw mudik dan gw diberdayakan di rumah hoho..

Aaaah senaaaang :D
Salah banget berarti kemaren nyerah sama kemageran dan guling-guling ga produktif di rumah. Udah mah jadi ga dapet red velvet cake bikinan Acli *tetep dibahas*. Huh. >> Insight: When you're blue, go out and meet (good) people, don't succumb to your bitterness.

Okeh..
Selamat liburan buat yang udah libur..
Gw mah masih kerja sampe saat-saat terakhir sebelum mudik dan kayaknya akan bawa laptop alias tetep kerja selama mudik haha..

"Masa Depan" Sudah Datang

Medio 2004
"Ih ntar kalo bulan puasanya udah maju sampe Juli gimana ya? MOSnya pas puasa dong? Taun berapa tuh ya?" 
"Katanya kalo sekolah dibangun sekret bakal dirubuhin. OSIS taun berapa ya ga punya sekret?"

2012
Dua hal itu udah terjadi

Lagi-lagi Karena Prokras

Cih. Emang amit-amit lah kebiasaan prokras gw ini. Bahkan ngasih surat pengunduran diri ke FE pun ditunda trousss meskipun gw udah bilang ke Ketua KA dari akhir semester kemaren.

Trus, penawaran preferensi mata kuliah dateng. Gw ga bales dan inget buat segera ngasih surat, tapi passs lagi gila-gilanya laporan kasus 2 jadi ga (di)sempet(in).

Trus tadi kebangun sekitar jam 00.30 dengan degdegan karena habis mimpi petualangan & kejar-kejaran, cek email ngarep feedback laporan eh malah nemu Assignment Semester Gasal 2012. Buka attachment dengan harap-harap cemas, dan benarlah! Nama gw masih ada -_-" Hueeee..

Fuh. Hari ini harus banget banget banget ke FE berarti. Semoga gw kuat dan bisa bertahan ngadepin "Duh Kak, kita lagi kurang orang.. Satu mata kuliah aja kok.."

Aaaaakkkkkkk..

13.8.12

#aktorramadhan - 2


  1. Taqwa adalah tujuan puasa yang sebenarnya. Sementara lapar dan haus adalah tujuan puasa para #aktorramadhan. Betul begitu?
  2. Mendadak religius, mendadak rajin ibadah saat ramadhan itu bagus. Jika, dan hanya jika diteruskan sesudahnya. Kecuali situ #aktorramadhan
  3. Buat para #aktorramadhan, ketahuilah bahwa ramadhan ini hanya latihan. Meningkatkan ketaqwaanmu dengan dukungan komunitas dan orang sekitar
  4. Ujian sesungguhnya baru dimulai setelah ramadhan. Apa lagi yg mengganjalmu untuk terus seperti pada saat kau berpuasa wahai #aktorramadhan
  5. Apakah #aktorramadhan pikir allah hanya menilaimu pada saat ramadhan? Melihatmu hanya saat solat atau berada di masjid?
  6. Spread the word! “@Jody_Nugroho banyak #aktorramadhan bahkan ga peduli Allah menilai atau tidak, yg penting penilaian org lain.”
  7. Mulai banyak ajakan berbuka puasa, biasanya #aktorramadhan pun turut serta di dalamnya. Diisi apa sih bukanya? Makan2? Magrib lewat?
  8. #aktorramadhan bikin buka puasa bareng, anak yatim diundang.. Ramadhan lewat, anak yatim dicerca dan diperkosa haknya
  9. Ingat lho #aktorramadhan, puasa ini untuk mbikin kamu makin bertaqwa, kalau sudah taqwa, agar kamu pandai bersyukur. Bukan buat orang lain..
  10. Lantas apakah kita semua (termasuk aye) masih menjadi #aktorramadhan? Kalo tidak ada perubahan iman & taqwa pascaramadhan, itu tandanya iya.
  11. Perkataan khas #aktorramadhan memasuki tengah puasa, "udah biasa nih puasa, udah enak". Puasa makin ke belakang makin biasa? Hmm..
  12. Makin biasa secara fisik mungkin iya, tapi biasa secara non fisik gimana? #aktorramadhan ramadhan mungkin tak peduli, apa kamu seperti itu?
  13. Itulah biasa buat #aktorramadhan. Karena semua ini cuma peran sebulan, karena semua ini cuma buat akting semata. Terlatih selama bertahun2..
  14. #aktorramadhan senang sekali solat sunah di masjid. Padahal solat wajib nya nggak ditegakkan
  15. #aktorramadhan itu bangga sekali sweeping restoran yang buka di siang hari. Padahal ada saudara nya yang safar, sakit, halangan, cari nafkah
- @AndyNotowijoyo

#fatwakhyar - 4


  1. Sunan Kudus melarang warga Muslim di Kudus untuk memotong sapi demi menghormati umat Hindu, itu toleransi. Sekian & terimakasih.
  2. Malu adalah perasaan yang tepat jika Tarawih bergegas ke masjid sementara salat wajib malah tidak. Sekian & terimakasih.
  3. Cara terbaik untuk mencintai diri sendiri adalah dengan menjaganya dari api neraka. Sekian & terimakasih.
  4. Awal dari taubat adalah menginsafi bahwa kita telah melakukan kesalahan. Sekian &terimakasih.
  5. Untuk mengeluarkan fatwa memang lebih tepat harus pake peci (kopiah kalau kata orang Melayu) dulu. Sekian & terimakasih.
  6. Jika anda tak ingin galau saat Ramadan, silahkan baca Al Quran, hindari http://suatuketika.multiply.com/notes. Sekian & terimakasih.
  7. Untuk pria lihat laga senam harus fokus, biar semangat ibadah, pasti bidadari di surga jauh lebih cantik. Sekian & terimakasih.
  8. Bulan sudah penuh, artinya jamaah Tarawih akan tinggal separuh. Sekian & terimakasih.
  9. Di Ramadan tak hanya Muslim yang menunjukkan religiusitasnya, yang bukan pun iya, yaitu dengan makan minum. Sekian & terimakasih.
  10. Ramadan tinggal setengah, Al Ikhlas pun telah berganti dengan Al Qadr. Sekian & terimakasih.
  11. Walaupun malam 17 Ramadannya berbeda, Al Quran Muhammadiyah & NU tetaplah sama. Sekian & terimakasih.
  12. Ingin galau, resapi kalimat Sitok “Dua garis rel itu, seperti kau dan aku, hanya bersama tapi tak bertemu”. Sekian & terimakasih.
  13. Nah obat galaunya, Sitok berkata “Kau akan jadi kemarin, kukenang sebagai pengantar esokku”. Sekian & terimakasih.
  14. Yang terpenting itu bukan berlari secepat-cepatnya, tetapi berlari di lintasan yang benar. Sekian & terimakasih.
  15. Tidak ada yang menyalahkan Nuh atas perilaku anaknya, karena yang terpenting ikhtiar bukan hasilnya. Sekian & terimakasih.

- @muhammadakhyar

10.8.12

Kabar

Yah, kali-kali ada yang menghawatirkan gw pengen tau nih..
Gw udah jauh lebih baik-baik aja daripada kemaren :)

Pertolongan Allah emang selalu dekat.. dan pertolongan itu datang lewat hal-hal ini:
  • Jalan kaki dari Kukel sampe Jagakarsa, dengerin isi kepala bagian yang kurang beres ribut sendiri sampe capek ngomong semuanya dan akhirnya isi kepala bagian yang beres dapet kesempatan buat didengerin.
  • Ketawa-ketawa sama #PRODIK11 di grup WhatsApp dan di kelas
  • Ngobrol sama T'Heggy yang emang ga pernah rugi untuk dibela-belain :D
  • Kiriman semangat dari Pipit si mantan komentator anonim yang sekarang kalo komen lewat WhatsApp ;p

Alhamdulillah..
Terima kasih semuanya :)

9.8.12

battle

harusnya cerita tentang map biru ya nanti kalo map birunya udah dikumpulin, tapi tapi tapi..

allow me to write these random stuffs:

  • so here comes the case yang bikin gw nangis di warkop pas liat daftar kasus
  • after all, my biggest enemy is... myself
  • gw akan sangat lega kalo per-map biru-an ini selesai
  • when "it's ok to make mistakes" is not soothing enough..
  • oh well.. i will eventually get through this, right? threw score expectations out of the window already, i just want this to end.
  • and i'm being my drama-queen self again

bye

ps: nulis dalam bahasa campur aduk menunjukkan isi kepala dan hati yang berantakan

mellow mood

dari kemaren mellow ga jelas kenapa. jenis mellow yang bikin rasanya sayaaaang banget sama orang-orang (sampe meluap-luap, buat orang-orang tertentu). kayak pengen memastikan semua orang tersayang baik-baik aja & jadi pengen melukin satu per satu. ini ga mungkin PMS, trus kenapa dong???

"medot katresnan" adalah hal paling sedih yang pernah gw tau sejauh ini. bikin makin mellow dan pengen melukin orang-orang.

hey, thank you for being a (significant) part of my life. i love you..

8.8.12

Awal Agustus

Jadi, Agustus udah jalan seminggu. Apa aja yang terjadi selama seminggu itu?
  • Ga tidur 2 hari dan tidur setelah jam 12 malem hampir setiap hari. Haha..
  • Nebeng mobil orang ga dikenal demi nyerahin laporan ke pembimbing.
  • Kasuistik! Berdiri 3 jam. Untung suasananya super enak dan gw bisa cengengesan di depan. Makasih banyak Mbak RAP :)
  • 3 hari jadi crew. Nanti 8+ hari looh.. Syemangat teman-teman crew! Senang berbisnis dengan kalian 3 hari kemarin :D
  • Kesel sampe banting HP (ke kasur) trus teriak & nangis. Drama? Emang!
Keliatannya dikit ya? Haha yah tapi kalo dijalanin mah hore banget.
Lalu di hari ke-8 ini ada apa aja kah?
  • Revisi laporan sampe selese untuk dikumpulin besok trus Jumat bimbingan
  • Editan Bab 0 & Bab 1
  • Lalalalilili urusan konsumsi #buberTahu
  • Tilawah sekian juz buat ngejar target karena kemaren-kemaren los banget T_T
  • Buka bareng Bebe
Pengen flight trus tidur seharian aja ga sih? Haha..
Yuk mari kerjain satu per satu ah!

"Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain."
QS Al Insyirah: 7

---
PS: Jadi, dari mananya sih "Agustus bulan bisa bernapas"???

4.8.12

Tipe "Kebribadian" Sanguinis, Phlegmatis, Koleris, dan Melankolis


Dari twitnya @dubidupap, diedit oleh @sicune tanpa mengubah isi.

6 tahun kuliah psikologi, baru hari ini ngeh sebetulnya dari mana asalnya tipe2 'kepribadian' sanguinis, phlegmatis, koleris dan melankolis. Selama ini banyak yang tanya tapi ga pernah bisa jawab karena di buku manapun yang aku pelajari kayaknya tokoh psikologi modern (abad 19-20an) ga ada yang bahas tentang ini.

Istilah 4 tipe kepribadian sanguin, phlegmatis, koleris, dan melankolis ternyata datang dari Claudius Galen, filsuf sekaligus dokter yang hidup tahun 129-200. Ide Galen berangkat dari teori Yunani kuno tentang mekanisme kerja tubuh berdasarkan distribusi cairan tubuh (humourism) yang dikemukakan Empedocles. Mundur sedikit, Empedocles bilang distribusi cairan tubuh kita itu adalah representasi 4 elemen dasar (earth, air, fire, dan water) dalam tubuh. Emang agak absurd tapi namanya juga filsuf, kebayang di jaman itu kan kita ga punya pedoman menjelaskan fenomena alam jadi idenya waktu itu diterima. Hippocrates, yang juga lebih dikenal sebagai "Father of Medicine" bahkan mengembangkan model medis dari teori Empedocles tersebut.

200 tahun kemudian, Galen mengemukakan bahwa ada hubungan langsung antara seberapa banyak cairan tubuh tertentu berhubungan dengan aspek-aspek kepribadian manusia. Aspek kepribadian yang dimaksud misalnya seperti kecenderungan emosi dan perilaku manusia, atau dia sebut juga sebagai "temperamen". Menurut Galen, kalau salah satu cairan tubuh (humour) porsinya lebih banyak dalam tubuh, maka salah satu tipe kepribadian juga akan tampil dominan pada orang tersebut.

Menurut Galen, orang Sanguinis adalah mereka yang punya kadar darah lebih banyak dalam tubuh[1] Orang dengan tipe kepribadian Sanguinis cenderung warm-hearted (aku bingung padanan bahasa indonesianya apa), ceria, optimis, PD, namun juga egois. Orang Phlegmatis adalah mereka yang punya lebih banyak kadar lendir dalam tubuh[2]. Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung tenang, cool, rasional, dan konsisten namun juga lamban dan pemalu. Orang Koleris adalah mereka yang punya kadar cairan empedu lebih banyak dalam tubuh[3]. Karakteristik orang koleris menurut Galen adalah bersemangat, antusias, enerjik, dan passionate. Terakhir, orang melankolis adalah mereka yang punya kadar black bile lebih banyak dalam tubuh[4]. Orang dengan tipe kepribadian melankolis cenderung lebih mudah sedih dan depresi (mood-nya lebih gloomy), artistik dan puitis.

Dengan adanya pandangan dasar bahwa keseimbangan cairan tubuh mempengaruhi kepribadian manusia, maka Galen percaya permasalahan kepribadian/temperamental manusia bisa diatasi dengan pendekatan fisik, seperti diet dan latihan fisik yang tepat. Galen bahkan beberapa kali menangani orang yang datang dengan keluhan sebagai orang yang 'terlalu egois' dengan cara mengeluarkan sejumlah darah orang tersebut karena menurut Galen, 'egois' adalah salah satu karakteristik tipe temperamen Sanguinis yang disebabkan oleh terlalu banyaknya kadar darah dalam tubuh. Cara Galen waktu itu adalah dengan memotong daging orang tersebut atau mengambil darahnya lewat pembuluh darah (sama kayak kalo sekarang kita ambil darah). Pandangan ini bertahan di dunia kedokteran sampai masa Reinassance, hingga ditemukan ada lebih dari 200 kesalahan Galen dalam menyusun sistem anatomi.

Meskipun agak absurd dan error, pandangan Galen ini jadi cikal bakal berkembangnya teori kepribadian dalam psikologi modern. Misalnya, tahun 1947, Hans Eysenck menyimpulkan bahwa aspek temperamen dalam kepribadian seseorang memang memiliki dasar biologis. Dari situ Eysenck kemudian mengembangkan trait kepribadian neuroticism dan extraversion. Walau pendekatan Galen dianggap pseudo-science, ilmu psikologi modern sepakat dengannya soal adanya hubungan antara masalah mental dengan fisik. Sebagian besar ilmuwan psikologi modern juga brpendapat bahwa gangguan psikologis atau kecenderungan kepribadian orang memiliki landasan biologis.

Nah, jadi aku agak bingung juga kalo ditanya soal 'aku ini tipe sanguinis, melankolis, koleris, atau phlegmatis?'. Pertama karena aku ga mungkin bedah-bedah kalian dulu untuk tahu mana cairan tubuh yang lebih dominan dalam tubuh kalian. Kedua, dasar pandangannya mengenai keseimbangan cairan tubuh juga sudah kurang tepat dan dibuktikan oleh sains pada masa itu. Ketiga, aku kurang sreg dengan pengelompokan saklek kepribadian kita lebih masuk ke tipe yang mana kalo tujuannya belum jelas. Khawatirnya nanti jadinya malah saat sudah tahu kecenderungan kepribadiannya dengan sejumlah trait-nya malah bikin kita membatasi diri sendiri. Aku sih sebisa mungkin menghindari melabel atau mendiagnosis orang kalau nantinya malah jadi membatasi atau ga membantu orang tersebut ;)

Oke, sekian dulu sharing dari aku tentang tipe 'kepribadian' sanguinis, koleris, phlegmatis, dan melankolis-nya :)

Sumber:


[1] “Sanguin” berasal dari bahasa Latin “sanguineus” yang artinya “yang berhubungan dengan darah
[2] “Phlegm” berasal dari bahasa Yunani kuno “phlegma” yang artinya “cairan lembab dan dingin dalam tubuh”
[3] “Choler” berasal dari bahasa Latin “cholera” yang artinya “cairan kuning-hijau dihasilkan liver (cairan empedu)”
[4] “Melancholy” berasal dari bahasa Yunani “melas chole” yang artinya “cairan yang dihasilkan oleh ginjal”. (Maap ga nemu padanannya dalam bahasa Indonesia -S)

1.8.12

Huh hah huh hah

Bulan yang gw tunggu dengan super degdegan ini akhirnya berlalu.
Ga tanggung-tanggung, dia diakhiri dengan KEMBANG API yang amat fantastis.
Bener-bener finale yang pas buat satu season sirkus emosi yang super seru
*udah macam serial TV aja ;p* 

Sirkusnya emang ga mampir di sini sih, tapi percayalah bulan kemaren itu si seneng, sedih, bersyukur, panik, kangen, kesel, tenang,  nyesek,  genitkhawatir, berbunga-bunga, marahbahagia, jealousngawangsayangkontemplatif, sampe si perasaan-apaan-ya-ga-tau-ah-ga-terdefinisikan sibuk banget akrobat, naik sepeda roda satu, jalan di atas tali, juggling, terbang pake trapeze, sampe loncat ke tengah lingkaran api di arena yang plangnya dibikin gede-gede pake lampu kelap-kelip berbentuk tanda tangan gw.

Huh hah!
Mari kita dadah dadah ke bulan Juli dan rollstep ke bulan Agustus.
Kalem dikit bisa kali ya, Agustus? Hehe..
Hmm tapi ga yakin sih.. Haha..

Three months has passed since, but still..
It's ow-gosh! today, but well..
Come what may! :D

Ps: Terima kasih spesial pake sepatu balet buat Kawan DM. Entah apa jadinya Juli kita tanpa kita, ya?! ;p
 
Header Image from Bangbouh @ Flickr