27.8.12

Mudik 2012

Tahun ini mudik ke Wonosobo kayak taun-taun sebelumnya. Alhamdulillah, udah ga jamannya sholat Id di Jakarta terus baru ke Wonosobo setelah open house bosnya Bapak kayak taun 2000an awal.

Errr terus mau nulis apa ya?
Mau nulis daftar 'tradisi' gw kalo mudik aja ah.. Hal-hal yang gw harapkan ada pas gw mudik dan bakal berasa 'ada yang kurang' kalo ga dilakuin.

  • Sholat Id di alun-alun Wonosobo. Rasanya damai dan senaaaaang banget. Langit biru cerah, matahari jam 6.30an yang terang dan angetnya pas, angin yang sejuk, balon di mana-mana, dan keluarga besar di sekitar gw :)
  • Sambel mercon! Taun ini baru muncul di hari ketiga dan entah kenapa ga sepedes taun-taun kemaren tapi gw tetap senang :9
  • Sowan-sowan yang tiap rumah ditandai dengan suguhan tertentu. Jadi selain nama, tiap Mbah yang di-sowan-in itu disebut dengan suguhannya: Mbah Es Buah, Mbah Ager-ager, Mbah Tape Ketan. Taun ini gw cuma ke Mbah Es Buah soalnya ditinggal pas pada mau ke Mbah Ager-ager dan Mbah Tape Ketan udah lama sedo. Makanya berasa kurang ni ga makan ager-ager dan dibilang "Iki sing bayek Amrik tho?" pas mau sungkem ke Mbah Ager-ager.
  • Makan mi ongklok. Biarpun Ibu & mbak gw di rumah bisa bikin yang lebih enak, tetep aja sensasinya beda sama manggil tukang mi ongklok keliling buat masuk ke halaman rumah Yangkung terus makan rame-rame. Lagian kalo di Bogor-Depok-Jakarta mana ada sih jajan mi gitu semangkoknya 4000 trus satenya 500an. Nyamm :9
  • Makan bakso Pak Medi. Pokoknya kalo di Wonosobo boleh jajan-jajan di tukang yang keliling deh sama Ibu, di Bogor mah mana boleh.. Pak Medi-nya udah keliatan tua euy sekarang..
  • Makan bakso di Mas Zaini. Nyaris kecewa karena warungnya sempet tutup, untung pas gw ke sana pas buka. Di daerah tinggi yang dingiiiiin, makan bakso panas-panas pasti enak banget kan? Nah.. mana kuahnya super enak bahkan kalopun beningan (ga pake seledri, daun bawang & bawang goreng) dan baksonya berasa daging banget. Nyammmm :9
  • Sagu keju & janhagel. Taun ini baru tau kalo si kue kering yang bisa gw abisin satu stoples sendiri itu namanya janhagel hahaha.. Akibat ketertarikan bikin kue yang meningkat, gw jadi nanya deh itu namanya apa trus nanya resepnya dan berencana bikin. Taun-taun kemaren mah yang penting makaaaan :D
  • Makan di rumah Bude Fit. Bude yang satu ini masakannya enaaak dan aslik rajin banget bikin segala macem kue kering & peyek. Hebat!
  • Mandi air dingin. Yak, gw yang di Depok pun hampir selalu mandi air anget malah mandi air dingin di Wonosobo yang dingin. Padahal airnya sedingin air habis dikulkasin lho.. 
  • Tidur di depan TV. Taun ini sih tidur di depan TV kalo siang/sore doang. Malem dingin bener jadi tidur di kamar deh.

Nah, meskipun tradisi-tradisi gw itu masih ada tapi Lebaran kemaren tetep kerasa beda banget. Satu Bude udah nggak ada, satu keluarga Pakde (Pakde-Bude, mas-mbak-2 anak, mas-mbak, & mbak) ga pulang karena Pakde itu lagi sakit, & satu sepupu & suaminya ga pulang karena lagi hamil muda.

Yah begitulah..
Semoga taun-taun depan masih bisa terus pulang ke Wonosobo dan semoga taun depan bisa ngumpul sebanyak mungkin :)

Ps: Taun ini gw sama sekali ga ditanya tentang nikah-nikahan selama mudik! Horeeeee! :D

0 komentar dari orang baik :):

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr