Pages

7.2.12

Untuk 0906xxxxxx

Dek,
Sejak sore tadi saya gelisah, degdegan, dan ga enak makan. Mungkin karena kopi pekat yang saya minum waktu makan siang, atau mungkin karena dua puluh sekian menit di Djoko Soetono kecil tadi.

Saya ngerasa mencuri dua semester dan belasan SKS dari kamu.

Saya ga ngerti apakah kontrol diri kamu segitu baiknya atau gimana, tadi kamu keliatan biasa aja. Sedangkan saya.. lemes selemes-lemesnya. Waktu kejadian sih iya saya yakin banget ngomong macem-macem sama kamu, tapi tadi saya remuk. Saya ngetwit "so this is how it feels, as a teacher, to be heartbroken by your student" dan "so this is how it feels, as a man of conscience, to be heartbroken by your own decision".

Dek,
Kamu berhak banget benci sama saya. Kamu berhak banget nyalahin saya. Toh memang saya yang waktu itu berkeras ngurus ini semua. Waktu itu saya juga nanya sama diri sendiri, "Bener ga sih keputusan saya?" dan tadi saya ngulang pertanyaan itu. Berkali-kali. Saya ini dari latar belakang ilmu yang abu-abu, Dek, dan waktu itu saya sempet ragu setelah denger alesan kamu. Saya bisa ngerti, tapi yaah.. kayak yang saya bilang waktu itu lah. Kalo mahasiswa UI aja ngelakuin kecurangan akademis dan berharap bisa lolos dari konsekuensinya, kita ga perlu heran kalo pejabat pemerintah banyak yang korupsi terus ngelak dari hukuman. Itu dari sisi kamu, dari sisi saya.. Mau saya taruh di mana muka saya kalo saya memaki penegakan hukum yang abal-abal di negara ini sementara saya ngelolosin kamu?

Maka Dek,
Kamu berhak benci sama saya dan nyalahin saya, tapi saya ga mau minta maaf sama kamu karena saya merasa melakukan hal yang benar.

Dek,
Apa yang kamu rasakan dan pikirkan tentang ini? Saya ga tau yang saya tangkep ini tepat apa nggak, tapi saya ngeliat kekecewaan dan kesedihan mendalam yang bukan cuma tertuju buat kamu di wajah para dosen di ruangan tadi. Buat saya sendiri, ini tragis. Harusnya ini ga perlu terjadi. Saya bisa sedikit mengurangi kegelisahan sebagai pengajar dan pendidik karena saya baru ketemu kamu di ruang ujian waktu itu, tapi seandainya saya pernah ngajar kamu atau setidaknya megang kamu di OPK atau organisasi maka saya akan sangat kecewa dan mempertanyakan diri saya sendiri. Menjadi (asisten) dosen buat saya bukan cuma tentang materi dalam mata kuliah yang saya ampu tapi juga tentang nilai-nilai kehidupan. Gagallah saya apabila mahasiswa saya lebih memilih untuk menyontek daripada mendapat nilai yang dianggapnya kurang baik. Gagallah saya apabila mahasiswa saya lebih takut tidak lulus daripada berbuat curang.

Dek,
Saya tadi googling nama kamu dan nemu bukti-bukti tentang satu hal: kamu orang baik dan Allah sayang sama kamu sehingga Ia menjaga kamu dari keburukan. Kamu ditampar keras-keras di kali pertama kamu mencoba melakukan kecurangan supaya kamu ga ngerasa "aman" berbuat curang lalu mengulanginya dengan jenis dan skala yang terus bertambah.

Dek,
Kejadian ini ngingetin saya kalo melakukan hal yang benar itu kadang (atau sering?) ga mudah dan ga menyenangkan. Ga usahlah kita perdebatkan "kebenaran menurut siapa?" karena melakukan yang menurut saya benar pun bisa menimbulkan rasa ga enak buat saya. Sama-sama lah ini kita menghadapi konsekuensi dari apa yang kita lakukan. Kamu dan belasan SKS yang terbuang, saya dan deraan rasa ga enak karena merugikan kamu.

Semoga kita belajar dari kejadian ini dan tetap terjaga dalam kebaikan.
-Shanti

0 komentar dari orang baik :):

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr