Pages

21.2.12

Negeri 5 Menara The Movie


Gw adalah orang yang rewel kalo nonton film yang diangkat dari buku, soalnya gw kesel kalo filmnya beda sama bayangan gw berdasarkan bukunya hehe.. Makanya, pas gw dapet undangan nonton film Negeri 5 Menara gw sengaja ga baca lagi bukunya biar ga terlalu inget detail-detail di buku itu (meskipun yaa tetep lumayan banyak yang keinget -_-“). Gw juga bener-bener nurunin ekspektasi lah pas mau nonton. Dan hasilnyaaaa…

Nonton film Negeri 5 Menara adalah pengalaman yang baru dan berbeda dari baca bukunya. 

Cerita yang mendasari film Negeri 5 Menara *pastinya* masih sama dengan bukunya yaitu tentang pengalaman Alif Fikri (Gazza Zubizareta) sekolah di Pondok Madani bareng "Sahibul Menara" tapi kembangannya cukup banyak yang beda (diubah atau ga ada sama sekali) dari yang di buku. Menurut gw ini wajar banget sih, karena pasti banyak banget yang bisa diceritain dari kehidupan di Pondok Madani yang mengambil inspirasi dari kehidupan penulisnya di Pondok Pesantren Gontor.  Nah, dengan milih kejadian-kejadian yang beda dari bukunya untuk masuk ke filmnya maka audiens bisa dapet gambaran yang lebih lengkap lagi tentang kehidupan di sana. Sayangnya, menurut gw ada beberapa pilihan kembangan cerita yang agak maksa dan cukup fatal untuk runtutan cerita yaitu masa sekolah yang disebut cuma empat tahun dan pentas seni yang dibikin pas Sahibul Menara kelas dua. Selain itu, gw juga ngerasa film ini punya banyak banget pesan moral yang ingin disampaikan secara tersirat maupun tersurat sehingga ada adegan-adegan yang sebenernya ga segitu pentingnya buat alur cerita tapi dimunculin di film.

Lepas dari perbedaan-perbedaan dengan bukunya, gw sih bisa banget menikmati film ini. Di menit-menit awal film, gw yang suka banget denger orang ngomong pake bahasa daerah dibikin girang sama dialog-dialog yang sepenuhnya pake bahasa Minang. Wuah! Keren parah menurut gw :D Sepanjang film pun gw seneng banget karena tokoh-tokoh dari daerah yang berbeda ngomong pake bahasa atau logat yang sesuai sama daerah asalnya.

Trus trus, yang juga gw suka dari film Negeri 5 Menara adalah adegan-adegan yang “puitis” baik dalam dialog maupun gambar. Dari segi dialog, gw suka banget cara Alif menyatakan persetujuannya untuk masuk Pondok Madani. Cerita tentang beli kerbau yang dikasih porsi lebih banyak dan lebih krusial daripada di buku juga jadi salah satu bagian film yang berkesan banget buat gw. Dari segi gambar, gw suka banget komposisi di shot pertama yang muncul di layar dan shots menara yang jadi markasnya Sahibul Menara.

Sementara itu, gw lumayan kecewa sama penokohan di film Negeri 5 Menara. Yah, mungkin milih pemeran adalah hal yang paling “menantang” (untuk ga bilang susah ;p) dari film yang diangkat dari novel. Orang yang udah baca bukunya pasti punya bayangan berdasarkan yang dideskripsiin di buku dan yaa ga gampang untuk nemu orang yang cirinya sama kayak deskripsi di buku. Pas liat poster film ini, gw mikirnya Alif itu Atang karena yang paling gw inget pake kacamata adalah Atang (Aris Putra). Yang pake kacamata juga harusnya ada tiga, tapi di film cuma satu. Pemilihan pemeran yang tepat gw liat di Said (Ernest Samudera) sih, paaaas bener sama yang gw bayangin dari bukunya :D Sementara itu, yang ngagetin gw adalah Randai (Sakurta Ginting) karena jauh banget sama gambaran di bukunya. Meskipun Randai ngagetin, pemilihan pemeran yang paling failed menurut gw adalaaah… Ikang Fawzi sebagai Kiai Rais! Alesannya, yaaah.. mungkin seandainya film ini tayang lebih dulu daripada iklan O* C***** muncul di TV gw akan oke-oke aja sih ;p

Itu dari segi pemilihan pemeran. Dari segi penggambaran karakter tokoh, menurut gw film ini kurang rata gregetnya untuk tiap anggota Sahibul Menara. Alif sama Said sih masih oke lah ya, keliatan gitu karakternya kayak apa. Sayang banget Raja (Jiofani Lubis) ga keliatan pinter dan rajinnya, Atang ga dibiarin menonjol di pentas seni, dan Dulmajid (Rizki Ramdani) ga dikasih peran pahlawan di adegan lobi nonton Piala Thomas. Kalo Baso (Billy Sandy), hmmm menurut gw ketolong lah di adegan dia pertama kali dialog bahasa Inggris di depan kelas :D

Kesimpulan gw..
Ga peduli udah baca bukunya atau belum, film Negeri 5 Menara perlu ditonton apalagi kalo pengen dapet semangat “Man Jadda Wajada” alias “Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil”. Adegan Ustad Salman (Doni Alamsyah) ngajarin “mantra” itu kuat banget lho! Tontonlah sendiri, siapa tau jadi merinding dan nangis tergetar juga kayak gw ;p

2 komentar dari orang baik :):

Santika Sari said...

jadi tambah semangat pengen nonton. gue ijin kasih link artikel lu ini ke Ernest yak..

Rasendriya dan Anarghya said...

hooo ayeh juga tambah gak sabar buat nonton... hooo malem ini (2 Maret) juga ada di Kick Andy ya bahasan tentang N5M ini..


Btw gue ikutan ngelink-in ke Ernest yaa..

Btw, jieeee dulu lah buat masbro Ernest yang (katanya) paling pas penokohannya...

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr