Pages

8.8.11

Mencermati Hasil Survei


  • Hmm..aneh nih survei *serius*RT @detikcom: Survey LSI: Kinerja KPK Tangani Kasus Nazaruddin Mengecewakan http://de.tk/mOYZh
  • Lagi2 saya merasa "gerah" dgn hasil survei "Lingkaran Survei Indonesia", bkn krn lembaga ini sdg jd konsultan 1 partai besar, tp lbh dr itu
  • Pengambilan sample survei ttg KPK disebutkan juni 2011, berarti ini sama dgn survei elektabilitas partai, hny releasenya dibedakan. #Survei
  • Pertama adalah ttg "wording", apakah pengambilan kesimpulan ttg penurunan kepercayaan publik thd KPK berasal dr "wording" yg sama? #Survei
  • "Wording" yg gunakan istilah tambahan "tanpa pandang bulu" tentu saja berbeda hasilnya dgn "wording" tanpa embel2..coba di-check :) #Survei
  • Btw, LSI yg saya bahas disini adalah "Lingkar Survei Indonesia", bukan "Lembaga Survei Indonesia". Kebetulan byk yg salah sangka :)
  • Angka 41,6% di survei juni 2011 berasal dr wording dgn embel2 "tanpa pandang bulu", angka 59% pd 2005 brsl dr wording tanpa embel2:) #Survei
  • Ralat: pada tahun 2005 angka kepercayaan publik thd KPK adalah; 58,3% (dgn wording tanpa embel2: "tanpa pandang bulu") :) #Survei
  • Dengan wording yg beda, tidak boleh ada perbandingan dgn kesimpulan: "kepercayaan masy merosot +/- 17 % thd KPK selama 6 tahun ini" #Survei
  • Yang lebih lucu adalah kesimpulan ttg merosotnya kepercayaan masy pd KPK yg diambil dr penelitian kualitatif, bkn dr survei tsb #Survei
  • Survei dikatakan dilakukan pd juni 2011 (1-7 juni), sementara penelitian kualitatif (FGD & Indepth interview) pd juli & agustus 2011 #Survei
  • Sederhana saja, apakah pada 1-7 juni 2011 Nazaruddin sdh ngoceh ttg adanya pimpinan KPK yg bermain?Belum sama sekali! #Survei
  • Tapi mengapa release survei ini bisa simpulkan: "tudingan2 nazar cukup mempengaruhi persepsi publik thd KPK?" Tdk ada korelasi waktu #Survei
  • Tafsir melalui penelitian kualitatif tdk bisa menafsirkan sebuah hasil kuantitatif, ketika responden yg diuji adlh segmen berbeda :) #survei
  • 4 kesimpulan dr penlt kualitatif mnrt saya jg menarik dikaji. Semua "hanya" berkaitan dgn 2 partai besar: PDIP & PD, interesting! :) #Survei
  • Saya sdg tidak permasalahkan "Lingkar Survei" sedang pegang partai mana..Analisis spt itu terlalu dangkal, saya sdg bicara ttg metodologi :)
  • Itu dulu sementara yg saya bisa utarakan, mau lanjut acara keluarga.. Utk yg "gerah" & tdk setuju, saya siap jawab apapun, asal akademis :)
  • Saya selalu hormati penelitian dr lembaga manapun, apalagi kl berkaitan dgn masalah yg sgt penting ttg "KPK"ini..makanya saya baca detail :)

@yunartowijaya, 7 Agustus 2011

0 komentar dari orang baik :):

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr