Pages

28.1.12

Re: Introvert? Extrovert?


from     : Fidella Anandhita
to          : Shanti A.
date      : Fri, Jan 27, 2012 at 1:50 PM
subject : Introvert? Extrovert?
Ne, gw jd penasaran deh. How do you define 'extrovert and introvert'? Gmana bs lo 'mendeklarasikan' diri lo salah satu di antaranya?
Dr berbagai tes, hasil gw kebanyakan extrovert. Tp dlm part2 tertentu, i tend to be introvert. Kaya ada 2 charger di badan gw: charger me-time sama charger social-time. Dan 2 cirinya ada baik di introvert maupun extrovert (¯―¯٥) 
Kalo skrg, batre me-time gw udh super penuh, batre social-time nya kosong song song. Ketemu org secara lgsg, tatap muka, ngerasain suasana rame, ngga bs tergantikan sm alat komunikasi dlm bentuk apapun ya ternyata, haha.
Tp ngga jarang jg gw mendambakan waktu2 kaya skrg ini. 'Menghilang' dr keramaian, pngen menyingkir, doing solitary activity, dan males ketemu org. 
Can people be both introvert and extrovert?


from      : Shanti A.
to          : Fidella Anandhita
date      : Sat, Jan 28, 2012 at 10:10 AM
subject  : Re: Introvert? Extrovert?

Hai Del..

Gw coba jawab berdasarkan hasil baca-baca gw ya..

Penggunaan istilah "introvert" dan "extrovert" dalam kehidupan sehari-hari kadang (atau sering) beda dengan apa yang dimaksud oleh dua istilah itu dalam Psikologi. Introversion dan extraversion awalnya berasal dari teorinya Carl Jung, yang mendasari tes kepribadian MBTI. Sederhananya, orang yang introvert dapet energi dari dalam diri sedangkan orang extrovert dapet energi dari luar diri. Orang introvert bisa capek kalo harus ketemu orang terus-terusan atau ketemu banyak orang sekaligus dalam satu waktu, sementara orang extrovert justru bisa habis energinya kalo diem sendiri ga ketemu siapa-siapa.

Kesalahan yang sering terjadi adalah nganggep orang introvert sebagai orang yang pemalu atau lebih parahnya antisosial. Orang pemalu cenderung takut akan penilaian buruk, orang introvert belum tentu - tapi mereka lebih suka lingkungan yang tenang dan ga hingar bingar menstimulasi. Orang introvert juga bukan berarti ga butuh orang lain lho, tapi mereka lebih nyaman berada di tengah "lingkaran dalam" kayak keluarga dan teman-teman dekat daripada di tengah keramaian.

Nentuin lu introvert atau ekstrovert ya bisa pake tes-tes, salah satunya ada di link yang akan gw kasih di akhir surat ini.

Tentang "Can people be both introvert and extrovert?" , menurut gw sih jawabannya bisa. Jung sendiri bilang kalo setiap orang pasti punya sisi introvert dan extrovert dan orang tuh ga ada yang sepenuhnya introvert maupun sepenuhnya extrovert. Ada juga penelitian yang nyebutin kalo orang kreatif tuh introvert iya, extrovert iya.

Gitu Del, semoga cukup menjawab ya :)

Referensi:
Cain. (2011). QUIZ: Are You an Introvert or an Extrovert? (And Why It Matters)
Cain. (2011). Are You Shy, Introverted, Both, or Neither (And Why Does It Matter)?
Cain. (2012). The Power of Introverts: A Manifesto for Quiet Brilliance
Eby. (2011). The Creative Personality: Both Extroverted and Introverted
Feist & Feist. (2006). Theories of Personality, 6th ed. New York: McGraw-Hill
Introversion
Extraversion or Introvesion

0 komentar dari orang baik :):

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr