Pages

31.1.12

Karangan Ilmiah (via @fa_triatmoko)

Dari @fa_triatmoko, 30 Januari 2012


Kebetulan sedang ikut workshop #karangan ilmiah dari seorang dosen FIB UI. Saya mau share ya. Mahasiswa-mahasiswa silakan menyimak. 
Pertama adalah tentang judul dan topik. Keduanya ini beda. Topik bisa saja menjadi judul. Analoginya: topik adalah 'karakter' karangan, judul adalah 'nama' karangan. Judul sebaiknya muncul belakangan, setelah tulisan ada. Sehingga, "judul skripsi lo apa?" adalah pertanyaan yg kurang tepat, karena tulisan belum selesai. 
Kedua, tentang kalimat. Paling dasar: apakah sudah sesuai kelengkapan fungsinya? Minimal subyek dan predikat. Apakah konjungsi; kata sambungnya sdh tepat? Mis: tetapi, bukan tapi; dan tidak di awal kalimat. Gunakan 'namun,' / 'akan tetapi' 
Ketiga: paragraf. Cek apakah tiap paragraf ada 1 ide pokok? Apakah ide tersebut didukung oleh ide penjelas? Tiap kalimat sudah nyambung? Tiap paragraf apakah nyambung? Kalimat fungsinya mendukung paragraf. Paragraf mendukung topik 
Berikutnya adalah ejaan. Apakah ejaan yang digunakan sudah sesuai ejaan yang baku? Solusi: lihat KBBI atau EYD. 
Kelima adalah tanda baca. Sudahkah digunakan dengan benar? Misalnya: subyek predikat tidak boleh dipisah koma. Contoh lain untuk titik dua: (1)______, (2)________, dan (3)_________. 
Keenam adalah daftar pustaka. Apakah Daftar Pustaka yang dipakai sudah diterapkan secara konsisten? Yang penting konsistensi, karena tiap bidang punya gaya. Rujukan dalam tulisan harus ada dalam daftar pustaka. 
Sekian hasil nguping workshop tentang #karangan. Sekarang saatnya makan siang :)
Terima kasih Moko :)

0 komentar dari orang baik :):

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr