28.1.11

#21 - Kesan Pertama Begitu ...

~ Oke ini juga tulisan curang :D Pada hari H cuma berupa kerangka tulisan di kepala, baru gw tulis hari ini.

Beberapa waktu yang lalu gw mengalami sesuatu yang bikin gw bertanya-tanya. Waktu itu gw lagi berada di tengah sekelompok orang dan emang mengamati mereka. Ada dua orang yang menarik perhatian gw, dalam detik-detik pertama gw merhatiin mereka. Orang pertama: aktif dan inisiatif, 'maju ke tengah'. Orang kedua: biasa aja, ga ngambil kesempatan buat maju, kayak 'ada di pinggiran'.

Yang bikin gw bertanya-tanya adalah.. Gw merasa orang pertama 'lemah' dan bukan pemimpin sedangkan orang kedua 'kuat' dan pemimpin kelompok itu. Hmm hmm. Disonansi kognitif dah gw. Yang gw pahami, ciri-ciri pemimpin itu kayak yang muncul di orang pertama tapi kok gw malah ngerasa dia bukan pemimpin di situ? Sama juga dengan orang kedua, kenapa gw ngerasa dia pemimpin kelompok itu padahal ciri-ciri pemimpin yang gw pahami ga muncul di dia? Oh iya, ini definisi 'pemimpin' yang gw pake sederhana aja ya: orang yang punya pengaruh.

Lama-kelamaan, terjawablah pertanyaan gw. Dari berbagai kejadian (plus konfirmasi ke beberapa pihak) emang terbukti kalo si orang pertama pengaruhnya sangat lemah di kelompok itu dan sebaliknya orang kedua berpengaruh sangat kuat di kelompok itu.

Pas gw mikir-mikir lagi kenapa di awal liat mereka gw mikir kayak gitu meskipun beda sama apa apa yang gw liat *eyaaa ribet*, gw jadi inget Blink-nya Malcolm Gladwell.  Di situ dijelasin soal yang namanya snap judgment dan thin slicing yang memungkinkan orang bikin keputusan dalam sekejap berdasarkan informasi yang minim. Hmm mungkin gw berhasil mencuplik entah apa dari kedua orang itu dan pikiran bawah sadar gw menyimpulkan kayak gitu --> gw tetep ga bisa jelasin loh apa tepatnya yang gw liat sehingga gw bisa mikir gitu. Setelah mengamati hampir seharian baru gw bisa nemu hal-hal yang mengkonfirmasi kesan pertama gw.

Nah, PRnya adalah, kalo buat gw sih, menjaga supaya si kesan pertama itu ga mentah-mentah dibawa sebagai pendapat kita akan orang/hal tertentu. Kadang kalo kesan pertamanya jelek ya sampe seterusnya bakal mikir kalo orang itu jelek, dan sebaliknya. Gw sering terjebak kayak gitu hahaha.. Udah gitu, kesan pertama yang gw tangkep juga belum tentu terbukti setelah gw berinteraksi lebih jauh sama orang/hal itu hehe..

Yah pokoknya harus hati-hati lah kalo bikin snap judgment :D

~ Argh ending tulisan gw suka ga bagus deh huhu..

3 komentar dari orang baik :):

roroputeri said...

PR-nya kamu juga saudah aku baca.. :)
Terima kasiiiih Cune.. Thanks for did it verrryyyy well.. ;)

Shanti said...

PR laporan ya kak? maap telat *gara2 prokras, udah ngaku dosa jg ke Kak Vigara hehe*

Aaa makasih ya Kaaak :)
It was awesome to work with Dynamite! BOOM!

roroputeri said...

BOOOOOM!!
Semoga banyak kesempatan ke depan untuk belajar bersama lagi ya Cune.. :)

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr