Pages

17.1.11

#16 - Tiketnya, Dek?

Kalo liat anak kecil naik kereta dan duduk sendiri alias ga dipangku sama orang tua pendampingnya, gw sering banget bertanya dalam hati "Ni bocah beli tiket ga ya?" atau langsung mikir "Hih awas aja kalo bocah-bocah yang bikin gw ga kebagian duduk ini ternyata ga punya tiket". Cupunya, gw ga pernah nanya tuh.

Nah, suatu hari ada seseorang yang mau nyempil duduk berbagi kursi (keretanya lagi yang kursinya satu-satu, bukan bangku panjang) sama seorang anak. Orang itu nanya sama pendamping si anak, "Bu, anaknya beli tiket ngga? Kalo beli, saya ga enak ini mau nyelip" dan dijawab dengan gelengan. Heuh. Kan kan ada kan bocah yang duduk padahal ga punya tiket.
Saat itu gw jadi merasa cupu. 
Pengen deh punya keberanian buat asertif nanya kayak gitu.
Hmm sebenernya yang orang gede pun belom tentu punya tiket kan ya, tapi hmm gw lebih berprasangka buruk aja kalo liat anak-anak itu hehe.. Yaa sederhana aja sih gw mikirnya, hak dan kewajiban aja. Kalo (anak-anak itu) udah memenuhi kewajiban beli tiket, silakan menuntut hak buat dapet tempat duduk. Kalo ga beli tiket yaa dipangku kek apa gimana. Buat orang gede juga, kalo belum menunaikan kewajiban beli tiket yaa gausah deh segala menuntut hak dapet kereta yang perjalanannya tepat waktu dan ga ada gangguan.
Oke, PR buat diri sendiri ah.
Asertif tentang penumpang cilik yang dicurigai duduk tanpa tiket.

0 komentar dari orang baik :):

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr