Pages

16.1.11

#15 - Latihan Ngomong Baik

Tadi gw Training for Trainers bareng Dynamite, dan salah satu aktivitasnya adalah Flex Talk. Aktivitas ini intinya peserta mesti menyampaikan kalimat 'soal' dengan cara/kalimat yang berbeda tapi maknanya tetep sama. Soal-soal yang tadi dikeluarin kebanyakan berupa umpan balik negatif misalnya "Kamu salah", "Kamu tidak tahu apa-apa soal ini", dan "Pekerjaan kamu jelek".

Pas main, gw mengobservasi diri gw sendiri *halah* dan gw menemukan kalo meskipun ga disuruh, gw 'refleks' ngubah kalimat-kalimat soal itu jadi kalimat yang positif dan ga ngejatohin kayak "Coba kamu perbaiki lagi", "Sebaiknya kamu pelajari lagi tentang hal ini", dan "Saya yakin kamu bisa menghasilkan yang lebih baik daripada ini". Dari semua soal, kayaknya cuma satu soal yang jatohnya ga jadi positif. Agak kaget juga sih, kok gw bisa refleks ngubah kalimat-kalimat negatif itu jadi positif. Padahal itu waktunya cuma beberapa detik loh, cepet banget. Bener-bener ga bisa mikir banyak, makanya gw bilang refleks.

Setelah gw pikir-pikir, akhirnya gw menyimpulkan kalo itu adalah hasil latihan selama 4,5 taun kuliah di Psikologi dengan masa latihan intensifnya pas taun 2008. Gw lupa-lupa inget ya selama SMP dan SMA gw jadi Teteh yang kayak apa, tapi kalopun gw udah make kalimat positif di masa itu, maka itu bukan secara 'sadar' gw lakuin. Pas udah masuk Psikologi, baru deh dapet ilmunya gimana sebaiknya cara ngasih umpan balik terutama umpan balik negatif. Berhubung 2006-2008 gw jadi panitia PMB terus, dilatih deh tuh di situ, selain di kehidupan sehari-hari juga. Trus trus, pas taun 2008 gw ngerasa intensif banget latihannya soal itu.

Iya, soalnya pas taun 2008 itu gw jadi PSDM di BEM dan jadi feedbacker di PMB. Deskripsi kerjanya banyak mengandung unsur ngasih umpan balik. Hosh, bener-bener deh.. Ga gampang loh ngubah kebiasaan dari yang seenaknya ngasih umpan balik secara nyerang ke ngasih umpan balik yang membangun. Apalagi buat orang yang pada dasarnya sengak kayak gw haha.. Tapi yaaah namapun alah bisa karena biasa, dengan latihan bertaun-taun dan ilmu-ilmu yang gw dapet di kelas maupun di luar kelas, alhamdulillah sekarang mulai berasa hasilnya, terbukti dari pas Flex Talk tadi :)

Meskipun hasil latihannya udah mulai berasa, bukan berarti gw terus-terusan bisa kayak gitu. Pasti masih ada keplesetnya juga, masih ada kelepasannya juga, apalagi di situasi yang 'ga sempet mikir' atau kalo gw lagi ga cukup punya energi buat positif. Kalo laper atau ngantuk atau cape banget, biasanya gw langsung jadi jahat haha.. Atau kalo dalam keadaan yang menekan dan gw mulai kehilangan ketenangan. Atau kalo berkali-kali dapet stimulus ga enak. Yah pokoknya gitu-gitu lah. Dalam keadaan 'bahaya' kayak gitu, gw suka berusaha buat diem aja, atau kalo pengen ngomong ya ga langsung dikeluarin dari mulut. Kayak diemut-emut gitu dulu di otak, biar ga kelepasan karena 'ga sempet mikir'. Trus, jeleknya gw, kadang yaa pengen aja ngomong jahat haha.. Kalo lagi kesel mah asa puas gitu kalo bisa ngomong jahat ke orang yang bikin kesel :D *parah amat ya gw haha*

Heuheu.. Emang yang kayak gini mah ga bisa berhenti ya latihannya :D

2 komentar dari orang baik :):

Unknown said...

Ihhik.. Thanks for playing with Us.. Hope you can enjoy our learning experiences.. :p

Shanti said...

samasamaaa :)
makasih juga yaaa..

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr