Pages

4.10.11

Allah Mahakeren!

Kuliah Neuropsikologi sempet jadi kuliah yang gw anggep mematikan. Dari jaman sekolah, gw ga suka biologi. Pas kuliah S1, Psikologi Faal gw nilainya A..lhamdulillah masih lulus. Selesai pertemuan kedua kuliah Neuropsikologi di S2, gw sakit kepala sampe malem. Gilo.

Gw ga mau dong ya 'kalah' sama kuliah ini, rugi banget kalo hari Selasa yang harusnya bisa gw manfaatin baik-baik karena pulang cepet malah jadi hari yang ga produktif karena gw sakit kepala gara-gara Neuro. Alhamdulillah gw udah nemu survival kit *caelah* buat kuliah Neuro, yaitu: udah baca materinya sebelum masuk kelas, bawa handout dan buku, dan sedia cemilan yang bisa dimakan satu per satu (gw pilih coklat Cha-Cha atau CannonBalls soalnya kalo pilus atau kacang atom berisik ;p).

Pertemuan ketiga berhasil gw lewati dengan selamat berkat survival kit tadi. Pertemuan keempat alias kelas tadi pagi bikin gw nemu alasan untuk bertahan belajar Neuro. Alasan pertama eksplisit didiskusikan oleh salah satu temen gw dan dosennya, intinya mah semua psikolog perlu belajar neuropsikologi supaya setidaknya bisa  menemukenali kalo ada klien yang penyebab gangguannya diduga karena sebab organik terus merujuk ke neuroog. Alasan kedua mah personal sih, yaitu karena meskipun susah tapi Neuro ini menakjubkan! ..dan bikin inget Allah sampe terharu.

Alkisah tadi itu belajar tentang komunikasi antar neuron. Ribet banget bok menurut gw prosesnya. Trus pas gw mikir "Buset ini ribet amat" gw tersentak. Neuron itu bagian yang keciiiiiiiiiil banget dari tubuh kita. Buat bagian sekecil itu aja udah segitu ribetnya. Men! Gerakin jari aja udah melibatkan jutaan neuron. Kebayang ga apa yang terjadi dalam tubuh kita setiap kita melakukan sesuatu (termasuk berpikir yang ga gerakin apa-apa)? Kebayang ga betapa cepetnya proses komunikasi yang ribet itu terjadi? Kebayang ga dalemnya tubuh kita tuh sibuk banget, ada yang ngurusin napas, ngeliat, gerakin bola mata, dan maaaaaasih banyak lagi. Ah gilak. Sistem yang keren abis, bukan?! 

Saat itu gw ga bisa banget nahan lontaran "Subhanallah" dan "Allah Mahakeren" :')

Trus pas keluar kelas, Kak RR ngomongin hal itu juga. Dia bilang "kuliah Neuro itu meningkatkan keimanan" dan gw setuju. Trus dia ngelanjutin "Kalo habis kuliah Neuro trus keimanan lu ga bertambah..." dan nada gantung di akhir kalimatnya gw jawab dengan "...berarti dia emang menolak buat percaya".

5 komentar dari orang baik :):

Annisa Dwi Astuti said...

teh, neuropsikologi itu dipelajari di klinis bukan? apa selain di klinis juga bisa dipelajari teh?

Shanti said...

mmmmmmmm, kalo neuro iya buat anak peminatan klinis doang tapi faal kayaknya wajib deh buat semuanya

Unknown said...

Bahaha.. gw nulis juga tentang ini Cun! :))

Shanti said...

iye Kak, gw udah baca :D
hari ini kita neuro-an lagiii~ *siap2 chacha sebungkus :))*

Feel Free said...

S2 NEUROPSIKOLOGI dimana ya ada beasiswa ka

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr