29.8.13

Tentang Suap Menyuap

Nggak, gw ga lagi ngomongin kasus hukum apapun kok.
Gw mau ngomongin soal belajar.

Waktu lagi ngebahas kurang okenya analisis-sintesis dalam tugas yang mahasiswa kami bikin, partner ngajar gw bilang "Mereka itu generasi bimbel, apa-apa disuapin, jadi ga terbiasa mikir sendiri". Hmm iya juga kali ya.. Jadi inget bahasan pas eval brass TIMBC, salah satu poinnya adalah anak-anak kurang inisiatif buat mikir sendiri, nunggu dari atas.

Di sisi lain, gw juga dapet feedback kalo gw terlalu cepet ngasih tau, anak-anaknya belom kepancing buat sampe ke jawaban pertayaannya tapi gw udah ngasih tau yang benernya gimana. Akhirnya jadi mereka 'dapet' dari gw juga bukan dari mikir sendiri. Catetan banget buat gw emang, gw suka kurang sabar dan pengen ngasih tau aja apalagi kalo jam kuliahnya udah mau abis kayak tadi. Pas Pelatihan juga Bunda ngasih feedback yang sama buat gw. Berarti PRnya adalah gimana ngasih pancingan yang efektif biar yang diajar bisa cepet sampe ke kesimpulan yang tepat ya.. Hmmm.. *mikir*

Yah jadinya ga bisa langsung nyalahin anak-anak 'jaman sekarang' yang sukanya serba instan, kurang inisiatif, ga biasa mikir sendiri, atau apa gitu ya.. Jangan-jangan kita sebagai dosen, pelatih, kakak, atau orang tua (boooook berasa tua banget deh nulis begini muahahaha) ikut berperan bikin mereka kayak gitu hehe..

Menjadi pengajar akhirnya emang justru bikin terus-menerus belajar ya..
Alhamdulillah :)

0 komentar dari orang baik :):

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr