Pages

29.7.12

Ketika Geng Anak Ga Anak-Anak Lagi

Kuliah S1 di Psikologi UI itu hampir ga ada yang namanya tugas individu, jadi menurut gw sih punya kelompok yang cocok tuh penting banget buat mahasiswa S1 Psikologi UI. Gw sendiri pas kuliah masih jamannya kelas dibagi berdasarkan NPM alias ga bisa milih sendiri kayak sekarang dan selama kuliah bakal sekelas sama orang yang itu-itu aja. Sebenernya pas semester berapa gitu udah bisa milih kelas sendiri sih, tapi karena telanjur PW ya akhirnya sebagian besar bertahan di kelasnya masing-masing. Tiap mata kuliah bsia jadi beda jumlah kelasnya, misalnya MPKT dibagi jadi 6 kelas sedangkan BiMen digabung seangkatan, tapi umumnya sih dibagi jadi 4 kelas. Berhubung jaman gw itu jalus masuk cuma ada 2 yaitu SPMB dan PPKB jadi urutan NPMnya pun berdasarkan abjad, jadi kelas A ya isinya anak-anak dengan nawa berawalan huruf awal dst sampe kelas D dimulai dari anak dengan nama berawalan huruf R. Oh, tapi kelas D juga berisi "mahasiswa seri 7" alias anak-anak PPKB yang jaman itu NPMnya xxyyzz7aaa di mana x = kode fakultas, y = angkatan, z = jurusan, dan a = nomer pribadi. NPM gw dulu 080500709Y, artinya gw anak Psikologi, angkatan 2005, di Psikologi ga ada jurusan, masuk lewat PPKB, dengan nomer pribadi 09Y. Nah, berarti tentu saja sebagian besar perkuliahan S1 gw ada di kelas D.

Oke, balik ke pembahasan tentang kelompok. Pas semester 1 gw berniat eksplorasi kelas, menclok sana-sini biar akhirnya dapet kelompok yang pas. Semester 1-2 gw pindah-pindah kelompok mulu, beda mata kuliah beda kelompok. Akhirnya gw pernah ngerasain sekelompok sama hampir semua orang di kelas. Semester 3 mulai menetap di satu kelompok yang akhirnya pecah di semester 4 karena ada yang ritme kerjanya ga cocok satu sama lain. Semester 4-5 bongkar pasang anggota sisaan kelompok semester 3 daaaaan berakhir bencana di semester 5*lebay* Haha ga sih, tapi pokoknya ada konflik besar lah dalam kelompoknya sehingga di awal semester 6 gw hampir ditumbalin buat ngomong "Maaf ya, kita ga bisa sekelompok lagi" ke salah seorang personil kelompok semester 5.

Nah, akhirnya di semester 6 terbentuklah kelompok yang kemudian menghadapi badai KAUP & Pelatihan II bareng gw di semester 7. Karena kelakuan semuanya yang kayak anak-anak (eh atau kenapa sih ya? lupa hehe) kelompok ini akhirnya dinamai Geng Anak dengan anggota Anak Berbakat, Anak Baik, Anak Cantik (meskipun dia menolak gelar ini sampai akhir), Anak Cerdas, Anak Ceria, dan Anak Ajaib. Selama ngerjain tugas, kami lebih mentingin senang-senang daripada tugas cepet kelar. Alhasil, kalo ngumpul ya banyak becanda, nyanyi-nyanyi, dan main-mainnya meskipun tugasnya juga beres. Kegilaan tergila pastinya terjadi di semester 7. KAUP & Pelatihan II yang masing-masing punya tugas besar yang akan diujikan secara komprehensif bikin kami ketemuan 7 hari seminggu. Sadis ya?! Hehe.. Nah, berhubung ada satu anggota yang cowo, kalo nginepan jadinya ga bisa di kosan salah satu anggota. Maka, Student Center di atas Kanlam pun jadi tempat nginep kami. Meskipun masa-masa itu gilak bener tapi kami tetap senang.. Sesuai lagu yang jadi soundtrack semester 7 kami.


Geng Anak juga sibuk-sibuk *azek*. 3 dari 6 adalah BPH BEM Psiko 2008. 3 dari 6 adalah PSDM BEM Psiko 2008. Jadi yaa kalo ada rapat BPH atau Krida PSDM ngerjain tugasnya mesti diatur-atur hehe.. Untung saling pengertian :D Yah kalo urusan dinas mah emang ditolerir, TAPI jangan harap izin ngerjain tugas buat pacaran. Gak diterima izinnya! Hehe.. Nah trus 4 (eh 4 atau 5 sih?) dari 6 adalah fasilitator OBM LS 2008. Jadi ya kesebut semua dah tu materi OBM tentang kerja kelompok.. Haha..

Oke, fast forward ke 27 Juli 2012. Geng Anak ngumpul lagi buat buka bersama di Umaku Sushi Tebet trus lanjut di Tebet Cool Spot. Dua taun yang lalu juga buka bersamanya di Tebet Cool Spot trus lanjut makan es krim rasa bahagia di sekitar situ juga. Sayang banget kemaren toko es krim rasa bahagianya udah ga ada :(

Nah, trus pas ngobrol-ngobrol itu berasa banget kalo kami udah ga anak-anak lagiiiii.. Huhuhuhu.. Berkembang secara fisik maupun hidup. Secara fisik, err... pokoknya bahkan yang dulu paling kurus pun sekarang udah gembil lah. Pas foto bareng itu satu frame penuh sama pipi ;p Secara hidup.. nah ini dia nih. Pokoknya masalah hidup udah ga sekadar alat ukur ga valid & reliabel atau dapet penguji kompre yang mematikan deh. Hohoho.. Kemaren saling cerita ini itu dalam hidup masing-masing dua tahun kemaren (soalnya terakhir ngumpul lengkap pas buka bersama 2010) dan alasan-alasannya trus ada momen-momen yang jadi diem mikir gitu. Insightful banget lah. Tapi meskipun ada bahasan seriusnya, kekacauan becandaan dan ngakak-ngakak plus foto-foto pun tetep ada :D Kurang nyanyi-nyanyi ga jelas doang kemaren tu.. Haha..

Aaah.. Mari kita liat dua taun lagi ya.. Udah pada di mana dan ngapain..
Semoga sukses ya kita :)

Oh iya lupa. Anak-anak Geng Anak *alah ribet* tuh emang tipe yang "bisa ke mana-mana sendiri" jadi dari dulu ya emang ga berendengan main bareng ke sana ke mari amat, kan kesibukannya juga beda. Tipe kelompok yang nyaman buat gw lah, ga saling menjerat. Maka itu sampe sekarang pun kami ga segitu intensnya ngobrol atau ketemuan, tapi selayaknya teman baik yang memang teman *apa sih* kalo pas ketemu ya langsung nyambung dan menghangatkan hati lagi :)

walau makan susah, walau hidup susah, walau tuk senyum pun susah 
rasa syukur ini kar'na bersamamu juga susah dilupakan
ku bahagia

0 komentar dari orang baik :):

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr