25.12.11

*angkat alis*

Beberapa hari yang lalu dapet link dari Christian yang isinya seru menurut gw. Sebuah akun twitter bernama @ratu_adil berkicau tentang kampus gw. Ini salinannya.
  • Yiha, jelang akhir tahun, ada pergolakan di UI #BeasiswaUI
  • Kemarin lagi main-main ke UI untuk pantau2 situasi disana, #Eh gak taunya lagi ada pergolakan #BeasiswaUI
  • Ternyata UI yang katanya universitas paling bergengsi, birokratnya masih pakai 'ancaman psikologis' untuk kendalikan mahasiswa #BeasiswaUI
  • Hasil kasak-kusuk di UI kemarin, para mahasiswa penerima beasiswa mengaku diancam akan dicabut beasiswanya jika langgar aturan #BeasiswaUI
  • Menurut mereka, Dekanat UI telah membelenggu hak berserikat dan berkumpul dengan ancaman cabut beasiswa #BeasiswaUI
  • Selain itu, Dekanat UI juga mengancam skorsing bagi kegiatan himpunan mahasiswa yang tidak 'sejalan' dengan visi misi UI #BeasiswaUI
  • "Maksudnya tidak sejalan?" tanya saya pada para mahasiswa #BeasiswaUI
  • "UI selalu mengijinkan acara dr organisasi2 Tarbiyah, sedangkan acara himpunan mahasiswa yg 'berbeda' cenderung dilarang" ujar mereka
  • "Dan cara mereka (UI) mengekang kami sering dengan ancaman, misalnya ancaman cabut beasiswa, skorsing dan sebagainya" ujar mahasiswa
  • "Ooh, itu mah memang begitu. UI kan memang sudah dikuasai Tarbiyah," ujar saya pada mahasiswa UI
  • Rupanya banyak juga yg minat sama topik kisruh UI. Oke, kl gitu saya akan ceritakan soal seluk beluk UI dr hasil investigasi saya
  • Pasca kejatuhan Soeharto 1999, akan digelar pemilu dimana UI rencananya akan menjadi TPS (tempat pemungutan suara)
  • Bakin (sekarang BIN) mengadakan riset tentang siapa partai yg paling diminati mahasiswa UI
  • Hasilnya mengejutkan, ternyata UI memilih PK (partai Keadilan/sekarang PKS) dan PRD (partai rakyat demokratik)
  • Bakin pun melapor pada negara, dan negara pun memutuskan batal menjadikan UI sebagai TPS di pemilu 1999
  • Kenapa demikian? #Tebak2an
  • Karena, UI adalah representatif kaum intelektual Indonesia, sehingga membuka UI jadi TPS akan mengangkat pamor PRD dan PK (skrg PKS)
  • Dan kalau kemenangan PRD dan PK di UI terpublikasi, tentu dana investasi asing ke parpol akan beralih sebagiannya ke PK dan PRD
  • Negara via Bakin pun memutuskan melancarkan operasi infiltrasi divide et impera, yakni untuk memecah belah PRD dan PK dari dalam
  • PRD pun, terpecah belah, dalam internal PRD muncul dua kubu (PRD kiri dan PRD kanan)
  • Berusia singkat, PRD pun bubar, pentolannya kini gabung PDIP #Ups :D
  • Sedangkan PK jg terbagi menjadi PKS dan Hizbut Tahrir. Di UI, PKS lebih dominan 'menguasai' mahasiswa dan birokrasi ketimbang Hizbut Tahrir
  • Dan hingga saat ini, negara tidak pernah lagi mengizinkan UI atau kampus lain menjadi TPS dalam pemilu
  • Sebagai catatan, baik PK dan PRD itu salah satu motor penggeraknya adalah anak jurusan sejarah UI dari fakultas Sastra (skrg FIB UI)
  • So, jangan heran kalau dari dulu sampai sekarang, Fak Sastra atau FIB UI selalu menjadi sumber pemikiran kritis di UI
  • Hasil pengamatan saya, gejolak pemikiran di UI itu lebih dipacu oleh anak2 Fak Sastra atau FIB UI ketimbang Fisip UI
  • Itulah sebabnya banyak aktivitas intelijen di FIB UI (termasuk saya)
  • Bagi yg belum tahu, anak dari Mayjen Gerungan (Rocky Gerung) mantan petinggi Permesta, skrg jadi dosen FIB UI
  • Dan Rocky Gerung kini menjadi salah satu pionir terdepan Partai SRI bersama beberapa senior2 FIB UI
  • Organisasi RMS (republik maluku serani) juga tercatat sudah 'memasukkan' sejumlah mahasiswa ke FIB UI
  • Gerakan Aceh Merdeka (GAM) tak ketinggalan, beberapa 'agen' GAM juga disusupkan ke FIB UI
  • Data intelijen yg disimpan di Deplu menyebutkan ada sekitar 14 aktivitas intelijen di FIB UI
  • Dari kelompok kiri, kelompok kanan, kelompok separatis, ikutan memantau FIB UI
  • Maka tak heran @sudjiwotedjo ketika mampir ke FIB UI salah satu pada pagelaran teater kampus terbesar di Indonesia berkata iri pada FIB UI
  • Jika anda membandingkan gelora mahasiswa di UI, anda tidak akan menemui gairah pembangkangan yang lebih besar dari FIB UI
  • Itulah sebabnya saya bilang, UI hanya terbagi 2 kubu, Tarbiyah yg menguasai hampir seluruh Fakultas, versus FIB UI
  • Tarbiyah UI selalu mencoba menundukkan FIB UI, namun terus dilawan oleh gerakan solidaritas FIB UI
  • Bagi yg mengetahui, mungkin pernah dengar mahasiswa UI perang lawan Tarbiyah di ajang pemilihan ketua BEM UI
  • Kejadiannya sekitar tahun 2003-2004, perang yg saya maksud dalam arti harfiah. Pemukulan, lempar batu terjadi di FIB UI
  • Kemudian pada pemilihan ketua BEM UI tahun berikutnya, mahasiswa FIB UI membakar kotak suara karena menemukan adanya kecurangan Tarbiyah UI
  • Tahun 2008, seluruh mahasiswa FIB UI bersatu menghadang Dekanat UI lantaran Dekanat membelenggu kebebasan berkumpul mahasiswa non Tarbiyah
  • Kejadian serupa terulang kemarin, mahasiswa FIB UI bahu membahu mengepung Dekanat karena larangan berserikat dan berkumpul, #LagiLagi
  • Dan #LagiLagi, Tarbiyah UI berada di belakang pelarangan berkumpul itu
  • Tarbiyah UI memang sudah 'menyusup' ke birokrasi UI, dosen-dosen UI hingga BEM UI
  • Pada peristiwa FIB UI kemarin, kepala jurusan sejarah bernama Abdurahman yg aktif sebagai anggota PKS adlh salah satu dalang pelarangan itu
  • Pelarangan ini didukung oleh salah satu petinggi Dekanat FIB UI bernama Albert Roring yg menurut cerita mahasiswa selalu menopang Tarbiyah
  • Albert Roring bahkan mengancam akan mencabut beasiswa mahasiswa baru (Maba), suatu tindakan yang sangat keji yg pernah dilakukan o/h 'Guru'
  • Untungnya, Roring mengancam seorang Maba Sejarah UI bernama Jalaludin yg namanya sempat ngetop di media massa
  • Jalaludin ini unik, dia naik sepeda dari Jawa Tengah ke Depok (harfiah) karena diterima di UI. Media sempat ramai memberitakan ini
  • Ancaman kepada Jalaludin rupanya menjadi 'batu kerikil" bagi Tarbiyah UI
  • Mahasiswa FIB UI pun memanfaatkan 'keuntungan' itu dengan menggalang aksi protes yg melibatkan media massa
  • Pantauan saya, pemberitaan itu menjadi salah satu senjata kuat mahasiswa FIB untuk memenangkan pertarungan vs Dekanat-Tarbiyah FIB UI
  • Kun fayakun! Mahasiswa FIB UI memenangkan pertarungan. Dekanat/Tarbiyah FIB UI batal mencabut beasiswa Jalaludin
  • Bravo ! Salute buat FIB UI yang #LagiLagi berhasil memukul mundur Tarbiyah UI
  • Hingga saat ini, satu-satunya fakultas di UI yg masih 'berani' melawan Tarbiyah adalah FIB UI
  • Tapi tetap perlu diwaspadai, kekuatan Tarbiyah UI disokong oleh Manajoer Kemahasiswaan Rektorat UI bernama Kamaruddin
  • Melalui Kamaruddin inilah, orang2 Tarbiyah UI berhasil menyusup di birokrasi UI, Albert Roring merupakan salah satu orangnya Kamaruddin
  • Kekuatan Tarbiyah UI paling kuat di Fakultas MIPA.
  • Nama kantinnya Fakultas MIPA saja DALLAS yg merupakan kependekan dari 'di bawah lindungan Allah SWT'
  • Nah, pertanyaannya kemudian adalah apakah ada hubungannya antara kisruh rektor UI Gumilar Sumantri dengan Tarbiyah UI?
  • Ya, betul. Keduanya memang berkaitan. Ada pihak yg ingin menggoyang kekuatan Tarbiyah (PKS) di UI yg disokong oleh Gumilar
  • Siapakah yg ingin menjatuhkan dominasi Tarbiyah (PKS) di UI via Gumilar? #Tebak2an
  • Ada beberapa pemain disini. Tapi singkatnya, mereka adalah gerakan yg disokong para intelektual UI dari fakultas Kedokteran, Ekonomi, Fisip
  • Sayangnya, mereka ini memiliki agenda politik tingkat tinggi yg sebetulnya juga tidak memperjuangkan hak-hak mahasiswa UI
  • Dugaan sementara dari tim intelijen di lapangan, ada kepentingan global di balik gerakan Save UI, juga Pelita UI
  • Saya belum bisa buka datanya, karena masih harus konfirmasi lebih lanjut soal ini
  • Tapi sedikit indikasi, ada kelompok mafia berkeley di balik gerakan Save UI juga Pelita UI
  • Kita mendengar nama Emil Salim (kelompok berkeley) aktif di gerakan Save UI
  • Kemudian ada nama Gadis Arivia (aktivis partai SRI), istri dari Rick Pollar (petinggi World Bank yg menjembatani Sri Mulyani ke World Bank)
  • Banyak lagi nama yg belum bisa saya buka disini. Sejumlah tim intelijen dari berbagai kepentingan sedang memantau perkembangan kisruh UI
  • Dua kekuatan besar sedang tarik menarik di UI. Yg satu merapat ke MWA untuk jatuhkan Gumilar, sdgkan Tarbiyah back up via M Nuh (Mendiknas)
  • We'll see lah bagaimana hasil akhirnya. Entah kelompok Berkeley atau Tarbiyah yg menang. Yang jelas, mahasiswa tetap ditunggangi
  • Mungkin sedikit yang tahu, bahwa setiap pemilihan ketua BEM UI, dana partai berseliweran menyokong kampanye sang calon
  • Nilai sokongan dana partai ke ketua BEM itu mencapai miliaran lho. Tentunya ada deal antara sang kandidat dengan partai
  • Lantas, jika saya mahasiswa UI, apa yang harus saya lakukan untuk menghadapi permainan dua kelompok besar ini?
  • Stay calm, pantau perkembangan isu dan jangan mudah terpengaruh isu yg diboyong dua kelompok ini
  • Kelompok Berkeley, umumnya menggunakan bahasa2 yg seolah memperjuangkan kebebasan dan demokrasi untuk gaet massa di UI
  • Sedangkan kelompok Tarbiyah UI (PKS), tentu saja memperjuangkan langgengnya kekuasaan mereka sendiri dgn mengekang hak mahasiswa
  • Tapi berdasarkan pantauan saya, isu pergolakan yg muncul di FIB UI masih lebih murni berasal dari keresahan terhadap otoritas yg mengekang
  • Itulah kenapa sejak dulu, sulit bagi kelompok-kelompok yg berkepentingan menguasai UI untuk menduduki FIB UI secara utuh
  • Mahasiswa FIB UI boleh bangga dengan semangat yang dimilikinya, meski Tarbiyah UI terus berupaya kuasai, FIB UI tetap tegak
  • Menurut cerita mahasiswa FIB UI, ketika seluruh kampus UI melarang merokok di kantin fakultas, hanya FIB UI yg bertahan diperbolehkan
  • Ketika seluruh kantin fakultas melarang mahasiswa main kartu, hanya FIB UI yang masih bebas
  • Ketika acara-acara budaya perlahan-lahan dihalangi, FIB UI bergerak secara bawah tanah dan independen
  • Dahulu sekali, jam kuliah di FIB UI dibuka hingga pukul 21.00 WIB
  • Sama seperti fakultas-fakultas lain
  • Jam kuliah yang berlangsung sampai malam, membuka peluang terjadinya konsolidasi kelompok kebebasan di UI untuk rapatkan barisan
  • Acara-acara digelar hingga lewat tengah malam dan seringkali menjadi wadah penghujatan terhadap ketidakadilan kampus UI
  • Gerakan kiri pun 'mendompleng' mahasiswa melalui tongkrongan malam di UI
  • Gelora pembangkangan mengepul dari kantin-kantin di UI
  • Memang tidak semua, tapi di sejumlah fakultas UI terjadi 2 pengelompokan, kubu kantin (pembangkang) dan musholla (Tarbiyah/PKS)
  • Dan hampir setiap pemilihan ketua senat, terjadi tarik menarik antara kubu Kantin yg mengusung calon non Tarbiyah
  • Dengan kubu Musholla yang mengusung Tarbiyah UI
  • Saat ini, hampir semua senat fakultas di UI dipegang Tarbiyah UI, termasuk FIB UI
  • Tapi, kebanyakan fakultas akhirnya legowo menerima kenyataan Tarbiyah tak terkalahkan di UI
  • Fisip UI, yg dulunya jadi basis perlawanan mahasiswa UI pun kini cenderung 'nrimo'
  • Psikologi UI, dulu juga sempat jadi basis perlawanan terhadap Tarbiyah dipimpin salah satu tokohnya 'Bagus Takwin', kini layu
  • Pantauan saya selama 10 tahun terakhir ini terhadap pergerakan mahasiswa di UI, hanya FIB UI yang masih punya peluang melawan secara nyata
  • Maka bagi mahasiswa FIB UI, lekaslah bersatu, mumpung Tarbiyah lagi digoyang oleh kelompok Berkeley via gerakan Save UI juga Pelita UI
  • Saya menyaksikan sendiri bagaimana mahasiswa FIB UI berhasil memukul mundur bentrok, fisik maupun pemikiran melawan kedaulatan Tarbiyah UI
  • Tapi ingat agar selalu tetap waspada.. belasan aktivitas intelijen di FIB UI masih memantau..
  • Temans2, saya sudahi dulu laporan singkat (namun panjang :p) seputar UI ini, buat yang mention saya, mohon maaf belum bisa balas sekarang :)


Karena dia nyebut-nyebut soal Tarbiyah, dugaan gw akan ada anak Tarbiyah yang bales. Dan benarlah :D Besoknya, ada yang bikin twit balesan. Ini salinannya.
  • Ingin meluruskan missconception TL mas intel @ratu_adil semalam ttg #tarbiyah vs non tarbiyah di UI,krn itu dusta! *btw intel ko ngaku ya???
  • #tarbiyah adl reformasi pendidikan kognitif utk kembali ke Quran&sunnah,konsepsi dr Hasan al Banna,reformis Mesir.
  • Di UI bnyk idiologi pemikiran mhs; hedonis,atheis,HMI,PMII,GMNI,HT,dll trmsk #tarbiyah IM.bhkn gay-lesbi jd idiologi jg skrg.
  • Apa #tarbiyah didukung Gumilar? #tarbiyah eksis jauh seblm Gumilar jd rektor. Ada/tanpa ada Gumilar #tarbiyah ttp eksis.
  • Apa salah jk #tarbiyah mngajak mhs utk bbuat kesalehan? Knp @ratu_adil sgt benci #tarbiyah? Pdhl mngajak pd kbaikan.
  • Jk @ratu_adil jd ortu mhs UI,anaknya lbh diijinin diajak teman2nya ke mesjid/ke club malam?
  • Apa aktivis2 #tarbiyah dpt perlakuan istimewa dr rektor? Dl bnyk yg 'di DO' dr fak krn aktivitasnya,cnth ust.Ihsan Tandjung.
  • Justru anak2 #tarbiyah yg dl dimata2i intel2 kyk @ratu_adil ,dilaporin ke boznya, & 'dijemput'.
  • Di fakultas2 ttt malah ada aktivis2 #tarbiyah yg 'sengaja' ga diluluskn nilai mata kuliahnya olh dosen shg DO.
  • Dl keistimewaan2 malah jstr diberikan pihak dekanat pd intel2 kyk @ratu_adil shg mudah dpt beasiswa,jd dosen,bikin acara2.
  • Sempit sekali judge @ratu_adil thd #tarbiyah. Seolah2 dy 'merebut lahan parkirnya' shg perlu difitnah dusta.
  • Ingat mas @ratu_adil , Mhs UI itu cerdas2! Mrk bisa memilih jalan tbaik utk masa depan mrk. Kl mayoritas pilih #tarbiyah apa itu salah?
  • Jika anda @ratu_adil memilih jd intel &memata2i mhs UI apa sy bisa salahkan jalan hidup anda? Tidak, itu hak anda ko.
  • Kebencian anda pd #tarbiyah tlah mbutakan pd (suka/tak suka) kebaikan2 yg dilakukan mrk. @ratu_adil
  • Jangan benturkan #tarbiyah vs non tarbiyah dg opini anda yg mnyesatkan itu. Di TL sebelah anda jg sdg mnyebarkn opini dusta
  • Mas Bagus Takwin jg tlah anda fitnah sbg ikon perlawanan thd #tarbiyah di psiko UI. Pdhl dy kawan akrab & bnyk support FUSI.
  • Jgn2 kebencian @ratu_adil pd #tarbiyah krn dl prnh ditolak akhwat yg dy taksir, sakit ati mau bunuh diri ...he3 just kidding ;D

Terus si @ratu_adil bales lagi.. tapi gw males nyalinnya ;p Silakan menuju akun terkait kalo tertarik. Meskipun itu "Kantin vs Musola" buka isu baru buat gw, lumayan banyak info baru lah yang gw dapet dari @ratu_adil, tapiii kebenarannya gw ga tau menau. Yang jelas gw tau sih itu serem banget nyebut-nyebut beberapa nama secara jelas. 

Pas baca ini mah gw langsung inget materi OBM  haha.. Berpikir kritis: tidak begitu saja menerima dan tidak begitu saja menolak sesuatu. Mari.. :)

4 komentar dari orang baik :):

christian said...

Ini cocoknya judulnya Aten ne.hahaha.ratu adil,widiwahyu,dan eluh nyebut tntang aten!haha.
Eluh nyebut definisi yg dia buat kan?haha

Shanti said...

ahaha jadi inget tugas akhir filsafat deh *salahfokus*

Budi Hartanto said...

betul, ini bukan hal baru cune...dulu di teknik bahkan gw sendiri (dan temen2 gw) yg sempet agak bergesekan sama geng musholla, hehe...itu yg bikin akhirnya gw sama sekali gak mau aktif di BEM fakultas/UI, dan akhirnya milih gabung di UKM yg (mudah2an) bersih dari 'gini2an'.

btw, masalah bener apa ngga (gw rasa sih bener), gw agak terganggu sama tweet "kalau punya anak mending diajak temen2 ke mesjid/club malam?" DUH!

CMIIW banget, kalo yg gw tau (dr temen teknik gw yg anak tarbiyah, tp cenderung 'kalem') gerakan Tarbiyah ini awalnya dari mesir, jaman2 Ikhwanul Muslimin. dan memang yg ngebentuk mahasiswa2 mesir, dan berlanjut sampai skrg...gw lupa gerakan ini dibentuk untuk mengcounter apa ya? (males googling, haha) sekularisme...kalau gak salah...hehe

Shanti said...

UKM yg (mudah2an) bersih dari 'gini2an' --> ahahah bisa jadi satu topik bahasan sendiri nih.. iyaaa intrik2 di MB tu jauh banget bedanya sama intrik2an politik kampus hihi..

kenapa terganggu sama "kalau punya anak mending diajak temen2 ke mesjid/club malam?" ?

iya yg disebut gerakan tarbiyah di kampus itu emang IM. Tentang IM bisa diliat di http://www.al-ikhwan.net/al-ikhwan/

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr