Pages

1.2.11

“Ih anak psikologi kok galak sih?”

Jurusan kuliah kita seringkali bikin orang punya ekspektasi tertentu atas diri kita. Yang kuliah ekonomi apalagi akuntansi suka diminta jadi bendahara. Yang kuliah ilmu komputer mungkin akan jadi tempat konsultasi kalo ada orang yang komputernya ngadat, atau kalo ada yang pengin bikin web. Yang kuliah psikologi dicurhatin, dianggep bisa ‘baca’ orang, dan ditanyain soal psikotes.

Yang kadang ga enak tuh kalo ekspektasinya berlebihan (misalnya, orang yang curhat masalah berat ke anak psikologi dan berharap dapet solusi instan saat itu juga) atau salah (misalnya “Wah berarti lo bisa lolos semua psikotes dong? Kan udah tau jawabannya). Trus yang lebih ga enak tuh yang kayak gw tulis di judul *yes ini mah curhatan gw hahaha* atau “Ih kok anak komunikasi ga lancar ngomong di depan umum sih?”.

Sikap gw tentang ekspektasi-ekspektasi itu yaaah sekarang mah udah bisa lumayan santai. Kadang ekspektasi yang ga tepat itu terjadi karena orang ga tau apa yang sebenernya dipelajari dan dilatih di jurusan tertentu. Kalo masih good mood dan berminat jelasin yaa gw jelasin, kalo ga yaaa senyam-senyum aja deh :D

Di sisi lain, ekspektasi-ekspektasi itu juga bikin gw lebih berusaha. Bukan berarti berusaha memenuhi semua ekspektasi orang atas diri gw sebagai sarjana Psikologi, tapi berusaha maksimalin apa yang gw dapet selama kuliah supaya beneran keliatan hasilnya. Belajar itu kan artinya “perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman” jadi menurut gw kalo gw yang udah jadi sarjana Psikologi kelakuannya sama aja kayak pas SMA, belom belajar Psikologi itu namanya. Lagian, mempelajari sesuatu yang ga orang lain pelajari menurut gw bikin kita punya tanggung jawab untuk menjadikan apa yang kita pelajarin itu bermanfaat buat orang lain juga. Apalah arti ilmu kalo ga diamalin, kan?



Sumber:
Lieberman, D. A. (2000). Learning and Memory: An Integrative Approach. Belmont: Thomson/Wadsworth

~ Gw ngerasa beberapa kalimat gw di tulisan ini belibet dah. Boleh minta dimaklumin ya? Lagi mabok ngedit buku yeuh, dan tadi sempet mikir “Harusnya kalo anak Sastra Inggris yang nerjemahin enak nih gw ngeditnya, kan dia jago lah Bahasa Inggrisnya” hehe ;p

2 komentar dari orang baik :):

della said...

"ih kok anak komunikasi ngga lancar ngomong di depan umum sih"

huh hah huh hah. bener banget. tapi lebih seringnya (klo gw):

"ah lo gmana si? katanya anak komunikasi tapi klo ngomong suka ngaco (ngawur)"

ahaha, hiks hiks *jongkok garuk2 pasir di pojokan

tapi iya sih, jadi kaya bertanggung jawab sama jurusan. klo gw, jadi ngebentuk pola pikir buat ngga langsung nge judge orang dari satu sisi, tapi ngeliat dari berbagai macam sudut dan sisi. panjang, lebar, dan tinggi *err.. apa deh

trus entah kenapa jadi ter-mind set "konflik bisa dihindari selama komunikasi lancar" (yang mana kata 'lancar' deskripsinya luas banget) soalnya "we cannot not communicate"

jadi belajar banget buat menyampaikan sesuatu dengan baik *walopun kayanya buat hal ini harus belajar seumur hidup deh, ngga cukup dengan jadi sarjana, haha

Shanti said...

walopun kayanya buat hal ini harus belajar seumur hidup deh, ngga cukup dengan jadi sarjana --> cencu sajaaa.. belajar mah ga berenti2 ya del.. hehe..

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr