11.10.10

Pola Lari dan Soal Matematika

Gw selalu suka merhatiin pola, termasuk pola-pola yang 'ga penting'. Salah satunya adalah pola lari keliling stadion kalo pemanasan fisik sebelum latihan MB di hari Sabtu & Minggu.

Lari stadion itu biasanya dimulai dari depan Gymnasium UI, berlawanan arah jarum jam. Setelah beberapa kali lari, gw menemukan kalo gw akan 'papasan' (bukan papasan sih ya kan ga berlawanan arah) sama orang-orang tertentu di tempat yang sama setiap kali lari. Beberapa saat setelah lewat belokan dari Gym ke arah Pusgiwa, gw akan disusul sama Taufiq. Terus, setelah lewat Pusgiwa menjelang sampe belokan di samping (atau belakang?) Teknik bakal disusul sama Aji. Pas udah belok di deket Teknik itu, kira-kira setengah jalan sebelum belok lagi ke jalan gede bakal disusul sama Galih. Setelah di jalan gede, meskipun ga tentu jaraknya, kira-kira gw akan ngelewatin Idha.

Kenapa cuma orang-orang itu yang gw ngeh-in?
Karena yaa seinget gw merekalah yang secara konstan 'papasan' sama gw di tempat yang sama terus-terusan tiap kali lari. Dugaan gw sih ada dua hal yang mempengaruhi itu. Tempat start lari dan kecepatan. Gw sendiri hampir selalu start dari barisan depan dan dengan kecepatan 'lari males' alias ga terlalu ngos-ngosan pas finish (7 menit satu keliling stadion UI).

Gara-gara nemu pola itu, gw jadi inget soal matematika jaman SD (atau SMP? atau SMA? atau soal matdas di SPMB? hehe). Kalo ga salah itu materinya KPK dan FPB. Hayoo pada ngeh ga soal apa yang gw maksud?

Soalnya kurang lebih gini:
Ketika lari keliling stadion, gw akan bertemu Aji setelah menempuh jarak 10 meter. Jika kecepatan lari gw 2 meter/menit dan Aji start lari 5 meter di belakang gw pada waktu yang sama, berapakah kecepatan lari Aji?
atau
Kecepatan lari gw 2 meter/menit dan kecepatan lari Galih 4 meter/menit. Jika kami mulai lari dari titik yang sama, pada jarak berapakah Galih akan menyusul gw jika dia mulai lari 2 menit setelah gw?

Hahaha 'penting' banget ya gw sambil lari mikirin soal begituan..
...daaaaan ternyata gw lupa deh itu mestinya gimana dikerjainnya kalo pake kalimat matematika.. Gw barusan ngerjainnya pake cara digambar hahaha :D

8 komentar dari orang baik :):

hastomi said...

SOAL 1

Jawab:

Jarak yang ditempuh Aji saat berpapasan dengan elu = 10 m + 5 m = 15 m
Karena start pada waktu yang sama berarti waktu yang dilalui sama saat berpapasan.
Waktu yang elu butuhkan adalah =s/v = 10 m dibagi 2 m/s = 5 menit
Jadi kecepatan aji adalah, v= s/t = 15/5 = 3 meter per menit
Alias Aji berlari 1,5 kali lebih cepat dari elu……

SOAL2

T=waktu
V= kecepatan
S= jarak
c = elu
a = aji
Yang ini berarti jarak yang ditempuh sama, tapi waktunya beda
Sa =S c
Waktunya Cune lebih lama 2 menit, jadi…
Tc = Ta + 2
Vc.tc = Va.Ta
2. (ta+2) = 4.ta
2ta+4=4ta
4=2ta
Ta= 2 menit
Tc= 4 menit
S = Vc.Tc = 2.4 = 8 meter
S= Va.Ta= 4. 2 = 8 meter
Jadi elu akan disusul pada jarak 8 m..



hehehe, penting banget gak sih gw ngerjain beginian........ :D

PS: btw cune, 2 meter per menit itu lambat banget gak sih? Selembat itu kah kalian berlari?

Shanti said...

aaaaah dijawab sama tomi dengan cara yang benaaarrr!! hihi canggih banget deh :D makasih ya tooom..

nggak lah, gw aja keliling stadion dlm 7 menit. si aji dan galih lebih cepet. gw bingung aja mesti bikin berapa kecepatannya di soal hahaha..

btw itu soal yg kedua namanya galih loh bukan aji ;p

Mursyidatul 'idha' Umamah said...

masya Allah..
kepikiran aja gitu ya cune mah,
_take a bow_

Shanti said...

hahaha kurang kerjaan ya gw :D

Anonymous said...

heh? ga penting sumpah...haha

tp asik yah ga sih mikirin yg ga penting kaya gini?!hehe...

Shanti said...

iya pay seru sendiri hahaha

della said...

ah sama! (ini sbenernya sok2an nyamain ato kebetulan yg sering aja ya? ahaha)

gw juga suka mikirin pola lari, apalagi dulu tuh yang tak terlupakan ada kompetisi lari antar staff komlat SL (maksud tak terlupakan: sering bikin harga diri keki LOL)

kaya "sumpah deh si su larinya cepet amat. apa selain jarak start, kecepatan lari, tinggi badan juga ngaruh ya? ah tapi farhan ngga tinggi2 amat, dimas juga, tapi ngga kalah cepet tuh. apa mungkin gender? ah ngga juga. vida juga cewe, tapi larinya gileee"

dan sepanjang lari gw ngamatin orang2 yang nyusul gw ato yang gw susul, trus pas nyampe finish keki sendiri karna ujung2nya kalah mulu walopun ada kepuasan tersendiri klo berhasil 'nebak' pola selanjutnya, kira2 bakal nyusul ato disusul siapa di daerah mana. berasa kaya cenayang gmanaaa.. gtu. hahaha, aneh.

Shanti said...

HAHAHA TOS DULU DONG DEL! *tos*

errr taun lalu sering jd babu gara2 kalah lari del? haha ;p kalo si vida mah atlet kali, dia kan beberapa kali meraih medali buat FISIP di Olim UI buat cabang atletik.. kalo su, langkahnya panjang2 kali ga? sama enteng badannya jd kebawa angin *ngarang* haha..

eh tp seru ya merhatiin pola2 ini! buat gw berguna juga sih buat ngecek2.. misalnya, "eh kok ini udah sampe sini aji blm nyusul sih? apa sakit jd larinya lama?" atau "si taufiq mana deh?" trs beberapa lama kemudian "ooooh larinya sengaja dibarengin sama siitu toh" hauhahauhauah..

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr