Pages

13.3.12

Tahsin Tilawah, Yuk!

Yak, tulisan ini harusnya udah gw naikin sejak beberapa minggu yang lalu tapi yah biasalah gw si anak rewel berasa ga tepat mulu moodnya buat nulis. Ini sekarang juga seadanya aja ya tulisannya, cuma pengen tulisan ini segera naik aja sih..

Alkisah, gw udah sebulanan ini ikut program tahsin di mesjid Al Hijri, Bogor. Kalo yang pernah jadi anak OSIS SMANSA pasti tau deh mesjid ini, suka ada tugas nyatet ceramah di sana soalnya haha.. Eh balik ke topik tulisannya. Tahsin tilawah artinya memperbaiki bacaan Al Qur'an supaya pelafalan kita pas ngaji jadi baik dan benar *yaiyalah namapun memperbaiki*. Bahasa Arab itu kan ga sesederhana bahasa Indonesia ya pelafalannya, jadi kita yang lidahnya biasa ngucap bahasa Indonesia (plus dialek tertentu mungkin) perlu belajar biar bener. Awalnya gw memutuskan ikut tahsin karena inget omongan Ahmat Setiabudi taun 2006, "Dari sekian banyak orang Indonesia yang agamanya Islam, berapa yang sholat? Dari yang sholat, berapa yang baca Qur'an? Dari yang baca Qur'an, berapa yang baca artinya? Dari yang baca artinya, berapa yang paham? Dari yang paham, berapa yang mengamalkan?" trus gw mikir lah pengen melangkah seenggaknya gw baca dengan baik dan bener sambil berusaha paham dan mengamalkan juga.

Pas "kuliah umum" di pertemuan pertama, gw jengjeng banget dah.. Keren gitu penyampaiannya Ustadz Ahmad Muzzammil tentang kenapa kita perlu tahsin tilawah. Gw yang tadinya "cuma" pengen benerin bacaan jadi ngerasa makin perlu dan jadi makin semangat belajar. Ini dia nih yang waktu itu gw catet di otak, hati, dan twitter.


Nah trus setelah mulai belajarnya ternyata seru.. Selama ini kan asa udah apal we kitu ya bacaan-bacaan sholat sama surat-surat pendek, eh taunya masih banyak salah pelafalannya -_-" Padahal si Bahasa Arab ini salah panjang pendeknya atau ketuker bunyi huruf yang mirip bisa ngerubah arti.. Ini sebagian catetan gw di minggu kedua.


Salah satu poin penting dari catetan gw di minggu kedua ini adalah tahsin tilawah mah bener-bener harus ada gurunya buat dengerin dan benerin bacaan kita. Ga cukup tau teorinya secara tertulis aja tapi bener-bener harus praktek. Makanya mangga atuh yang mau belajar bisa nyari guru terdekat. Kalo ada program tahsinnya sih alhamdulillah, tapi kalo enggak coba deh cari di sekitar lu orang yang bagus bacaannya dan udah banyak bergaul sama Al Qur'an. Kalo emang mau belajar mah insya Allah Ada jalannya :)

Oh iya, belajar tahsin tilawah ini disarankan pake mushaf Al Qur'an terbitan Timur Tengah/rosm Utsmani. Pas gw tanya alesannya, katanya supaya terbiasa baca Al Qur'an dengan bentuk penulisan rosm Utsmani yang berlaku umum di seluruh dunia dan merupakan bentuk penulisan Al Qur'an pas pertama kali ditulis di jaman Khalifah Utsman. Ada beberapa perbedaan Al Qur'an terbitan Timur Tengah dengan Al Qur'an terbitan Indonesia, dan setelah gw bandingin ternyata yang terbitan Timur Tengah lebih memudahkan karena ada semacam rumus buat tau mana yang harus dibaca dengung dll. Buat tau Al Qur'an lu pake rosm Utsmani apa ngga, coba aja liat Al Fatihah ayat 4. Kalo yang Indonesia ada huruf "alif"nya setelah "mim" sedangkan yang Utsmani ga ada.

Nah, pas dikasitau kalo harus pake Al Qur'an terbitan Timur Tengah kan gw langsung beli tuh ya tanpa ngecek gw udah punya yang kayak gitu belum (yang biasa gw pake udah ketauan Indonesia) eh ternyata gw udah punya heuheu.. Gw ga pake yang itu karena ga ada artinya *ya iyalah*. Trus, karena gw jadi punya lebih, gw mau ngasih salah satu mushaf Al Qur'an terbitan Timur Tengah yang gw punya. Maaf ya yang dikasihin yang lama, soalnya yang baru lebih gede ukurannya jadi lebih enak bacanya hehe.. Gw berasa blogger terkenal aja deh in ngasih giveaway haha tapi tenang aja ga pake syarat harus ngepost atau komen ini itu kok.. Kalo ada yang mau mushaf ini, syaratnya cuma berniat belajar tahsin tilawah dan beneran akan mulai belajar aja kok :) Ini penampakan mushafnya..


Mangga bilang ke gw di komen/Twitter/SMS/WhatsApp ya kalo mau.. 

Yuk belajar tahsin tilawah yuk..
Gapapa mulai dari belom bisa, gw juga masih abal banget ini haha.. Justru kalo mulai dari belom bisa nanti lebih keciri perkembangannya, prinsip gw gitu :D

9 komentar dari orang baik :):

Gumilang R A said...

Aaaah, kebetulan banget, kemaren saya ikutan tahsin--untuk pertama kalinya--lho kak... eh, kak shanti 'naikin' tulisan yang topiknya sama. :D

Anonymous said...

mau nanya dulu kak, dapet Qur'an Utsmani yg baru ada terjemahannya gak? kebetulan saya juga lagi belajar tahsin, di Al Hikmah Bangka. sama2 Ust Muzzammil pengelolanya :) tapi masih tilawah pake Qur'an cetakan Indonesia, hehehe.
dan saya tertarik sama giveaway-nya. salam kenal, saya Widiya ^^

Shanti said...

@ Gumilang: Yaay alhamdulillah :) ayo semangat terus belajarnya :D

@ Widiya: Halooo.. Wah, gimana ceritanya bisa sampe ke sini? Hmm saya sih ga punya dan blm pernah liat mushaf Utsmani yang ada terjemahannya. Widiya tinggalnya di mana? Kalo di Bogor atau Depok, bisa lah janjian buat ambil kalo Widiya mau :)

Anonymous said...

kemarin sih nyasar, muter2 blog banyak orang. kalo sekarang buka dari bookmark :)
saya tinggal di cakung, jkt timur kak. hmm kalo janjian ngambil mending pilih depok, bogor kejauhan. jadi boleh nih mushaf utsmani-nya? waaah terima kasih sebelumnya ya, kak :))
-widiya

Shanti said...

waah jauh juga ya.. boleh aja kalo kamu mau ambil di depok :)

email aja ke shantiandin at gmail dot com yaa kapan kira2 mau kamu ambil :)

bakulnet said...

wah, info yang bagus ni....

Unknown said...

Maaf mau tanya apakah kajian masih ada ?

Unknown said...

kak, saya mw belajar tahsin. dimana alamatnya ?

Unknown said...

Boleh tau ka belajar tahsinnya dimna? Lagi nyari" tempat belajar tahsin juga

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr