31.3.10

UU BHP Dibatalkan. Lalu?

Hari ini UU BHP dibatalkan oleh MK. Jujur aja, gw ga segitu ngertinya tentang isu ini. Oleh karena itu, gw nanya ke 2 orang anak Pusgerak BEM UI 2008 soal ini. Berikut kutipannya.

I.
Shanti nisaa aku mau tanya dong. agak oon sih tp daripada ga nanya deh
Nisaa* silahkan :)
Shanti apa implikasi pembatalan uu bhp yg akan secara riil dirasakan mahasiswa UI?
Nisaa ga ada :D gw juga lagi diskusi soal ini sama anak2 kantor. dicabutnya BHP mencegah lembaga pendidikan lain untuk mengalami nasib yang sama dengan UI (nasib jadi mahal), tapi UI yang notabene masih BHMN, dan BHMN itu punya dasar hukum sendiri yaitu PP 152 tahun 2000. Tapi, harusnya putusan MK bisa jadi ujukan, dasar, atau bukti baru untuk menggugat status BHMN UI
Shanti kenapa?
Nisaa karna bhmn adalah laboratoriumnya bhp, bhmn dibuat untuk uji coba bhp
Shanti berarti implikasi pembatalan uu bhp ini nggak serta merta memperbaiki utk yg udah ada ya?
Nisaa nggak. karna dasar hukumnya bukan uu bhp tapi pp bhmn
Shanti pembatalan uu bhp ini impilasinya adalah mencegah terwujudnya efek buruk uu bhp? gitu ya nis?
Nisaa bukan cuma efek buruk, efek baiknya juga. kan udah dicabut semuanya
Shanti oh iya. btw, kalo hasil diskusi lu sama anak2 kantor ttg implikasi pembatalan uu bhp udah ada, dipublish dong nis.. kan lu udah punya blog.. hehe
Nisaa huahahahaha. cuma diskusi2 gitu2 doank kok Ne, ya intinya itu. belom ada dampak sama sekali

II.
Shanti fio fio aku mau tanya. maaf ya oon :D apa implikasi pembatalan uu bhp yg akan secara riil dirasakan mahasiswa UI?
Fio** mahasiswa ui skrg atau masa depan?
Shanti 22nya boleh
Fio kalo skrg bisa dibilang ga ada. krn memang masih BHMN.ga ngaruh sm kebijakan yg udah keluar skrg. kalo untuk calon mahasiswa.. mereka akan terlindungi dr kemungkinan naiknya biaya pendidikan, tapi semua balik lagi ke kebijakan internal ui nya
Shanti ogitu. kalo secara umum, berarti implikasinya adalah perlindungan dari kemungkinan 'diperas' sama institusi pendidikan kan ya?
Fio betul
Shanti trus apa lagi fio?
Fio implikasi lain yg langsung dirasakan mahasiswa ya? yang pasti sih biaya itu.. dan akses.. baik BHMN dan BHP itu memberikan otonomi buat kampus, makanya ada jalur masuk mandiri. efeknya ada seleksi finansial untuk masuk UI, bahkan dari awal beli formulir yg harganya ratusan ribu. semakin mampu secara finasial, semakin besar peluang masuk ui. soalnya makin banyak pilihan jurusan yg bisa diambil. intinya, ada enggaknya bhp ga berpengaruh ke mahasiswa skrg.. tp ke calon mahasiswa baik yg ptn atau pts

Begitulah, semoga bermanfaat :)

* Dinda Nuurannisaa Yura, FHUI '05, sekarang kerja di hukumonline.com
** Fiona Verisqa, FKGUI '05, sekarang sedang kuliah profesi

5 komentar dari orang baik :):

oPHy said...

Very enlightening! Thank u so much, Cune! :)

Shanti said...

sama2 kuphs..
gw jg berterima kasih sama yg ngasih jawaban :D

Berbagi Dunia said...

huahahaha, baru baca Ne,,
ternyata di kopi paste,, tau gitu... (hee)

tapi yang gw omongin sama Fio beda gitu ya, Fio ngomongin masalah implikasi BHP nya, gw soal putusan. berasa hukum banget gw,, hee

Shanti said...

tau gitu apa, Nis?
hehe gapapa lah.. kan itu emg bidang lu :D

toso said...

dampaknya:
1. UI sekarang adalah sebuah lembaga tanpa landasan hukum (kata bos g)
2. UI ga bisa mengontrak karyawan selain PNS. kalo kaya gini, UI bisa dapet karyawan dgn kualitas yg (menurut pendapat subyektif g) kurang. karena ini, persaingan akan menurun, sehingga UI bisa aja akan stagnan dna ga berkembang.
3. karyawan2 kontrak macam g, bisa jadi ga ada lagi :D

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr