Pages

19.6.12

Menyoal Nilai

Akhir minggu lalu adalah waktu munculnya nilai semester genap di SIAK. Berawal dari nanyain EDOM, gw berbalas twit sama Akhyar dan dia bilang "nilai hanya permukaan, pemahaman lebih penting dari itu" trus gw bilang kalo soal itu mah layak dapet jatah satu tulisan sendiri di blog. Belum sempet gw nulis, eh udah ada kejadian tentang pernilaian ini yang bikin gw gemes dan akhirnya bawel di twitter.
Kebawelan gw ;p
Nah trus kemaren ketemu Mimi di kampus dan jadi ngomongin nilai lagi. Ternyata bagi kami berdua sama aja: soal nilai ini jadi dilema pas S2. Gw nulis sudut pandang gw aja ya, si Mimi katanya mau nulis juga tuh makanya gw buru-buru nulis *kompetitif, tumben haha*.

Gw kayaknya dari dulu ga terlalu pusing sama nilai gw di sekolah.
Pas SD sampe SMA ya gimana ya gw sekolah buat seneng-seneng hahah jadi ga pusing sama nilai deh. Gw sibuk main, hahahihi lalalili sama temen-temen, dan ikutan OSIS/ekskul. Bukannya gw ga seneng kalo dapet nilai bagus atau ranking sih, tapi ya kalo ga dapet pun yaudah toh nilai-nilai gw juga baek-baek aja. Pernah sih Fisika dapet 6 di raport tapi gw ga sedih/kecewa amat abisnya gw ga suka pelajarannya jadi emang ga belajar hahak.. Yang gw inget ngerasa ga enak soal nilai adalah pas Sejarah gw dikasih 8 pas kelas 3 SMA dan gurunya beralasan gw ngobrol mulu di kelas. Gondok abis tuh gw pas tau, soalnya meskipun ngobrol gw merhatiin dan nyatet banget karena gw suka - bahkan pas mau ulangan catetan gw difotokopi sama temen-temen gw. Huh. Tapi ya udahlah.. Trus bukti yang nyata banget dari kecuekan gw soal nilai adalah... gw ga inget NEM SD, SMP, SMA gw berapa :D Yah pokoknya NEM SD & SMP cukup buat masuk sekolah yang gw pengen, trus NEM SMA.. hmm.. ga dipake juga sih ya haha jadi gw ga inget. Yang gw inget dari NEM SMA cuma nilai B. Inggris lebih gede daripada B. Indonesia trus gw merasa bersalah hehehe..

Nah pas kuliah S1 mulai deh tuh pengen dapet nilai bagus. Gw inget banget tuh pas UTS pertama setres banget haha.. Kenapa waktu itu gw pengen dapet nilai bagus? Karena gw milih sendiri untuk ada di situ, gw suka pelajarannya, dan gw ngerasa udah lebih berusaha daripada pas SD-SMA. Kenyataannya? Nilai gw alhamdulillah bisa lah buat ngelamar kerja di perusahaan yang "normal" *menatap nanar perusahaan impian di masa akhir kuliah yang mensyaratkan IPK 3,7* meskipun jauh dari cum laude hahaha. Itu pun sampe sekarang gw ga apal IPK S1 gw berapa haha.. Ingetnya cuma "Yaa sekitar tiga koma sekian lah".

Pas masuk S2 apalagi semester 2 kemaren, jengjeeeeeng.. Masalah nilai ini jadi dilema karena gw tau banget kalo yang penting adalah gw akhirnya berubah dari ga tau jadi tau, ga ngerti jadi ngerti, dan ga bisa jadi bisa demi ga nyelakain orang pas kerja nanti TAPI gw juga pengen cum laude demi nebus 'kegagalan' S1 gw. Dan gw segitu berusahanya di S2 ini. "Segitu berusahanya" versi gw loh ya, yang pas SD-SMA nyaris ga ada usaha lebihnya buat belajar ;p

Eh gw ga bilang nilai itu ga penting loh ya, karena bagaimanapun ya nilailah yang bisa keliatan. "Kemampuan" dan "usaha" itu mau dari mana coba diliatnya yang gampang kalo bukan dari hasil? Kalo bikin target pun harus jelas pengukuran dan indikator keberhasilannya kan? Jadi ya terimalah kalo nilai juga ga bisa diabaikan begitu saja. Mau masuk kerja pun, seleksi berkas itu nyata adanya, sayudara-saudara! Hehe..

"Proses lebih penting daripada hasil" tuh agak dipandang berlebihan menurut gw, suka jadi pembenaran doang. Coba cek lagi deh, hasil-hasil yang kurang oke tuh prosesnya se-oke itu apa nggak? Menurut gw hasil ya cerminan proses, TAPI proses kan bukan cuma tentang apa yang kita lakuin doang melainkan ada unsur eksternal juga. Kitanya udah usaha banget tapi dosennya ga bener ngasih nilainya, prosesnya berarti ga oke juga kan?

Nah trus gimana dong?
Gw juga baru nemu pencerahan di tengah nulis ini nih.. Hoho itulah kerennya nulis ya..
Akhirnya yang penting adalah berusaha supaya kompetensi sejalan sama nilai.
Kompetensi yang baik, ceteris paribus, akan tampil dalam nilai yang baik juga. Nilai yang baik harusnya bisa dipertanggungjawabkan dengan tingkah laku yang nampilin kompetensi yang sebaik itu juga.
Gitu kali nggak?

Yaudah deh gitu dulu aja ya hehe..
Selamat pagi semuanyaaaa semoga harinya produktif dan menyenangkan :)

Oh iya!
Kalo udah dapet nilai bagus jangan berasa oke yak!
Jangan! Jangan pernah pokoknya!
Ntar syok sampe jalan ga tentu arah nyusurin Margonda gara-gara dibantai pas kompre KAUP padahal Psikometri dapet A. Hahahahak..

0 komentar dari orang baik :):

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr