Pages

12.6.12

Ba(ha)sa Ga Pernah Basi (2)

Gw tuh sukaaa banget denger orang ngomong pake bahasa daerah. Terdengar kayak musik di telinga gw :D Kalo lagi ada yang ngomong pake bahasa daerah tuh gw suka diem dengerin sambil senyum-senyum gitu hehe..

Dasar namanya orang tuh suka ga sadar betapa berharganya apa yang dipunyain ya, gw pun baru sadar enaknya denger orang ngomong pake bahasa daerah setelah gw kuliah. Di kampus kan orang (berusaha) ngomong pake bahasa Indonesia, bedaaa sama pas di Bogor sana-sini orang ngomong bahasa Sunda dan di rumah pada ngomong pake bahasa Jawa. Kadang tuh kangeeeen banget denger orang ngomong apalagi becandaan pake bahasa Sunda dan sekalinya denger langsung girang sendiri hehe..

Di sisi lain, namapun UI isinya dari seluruh Indonesia ya, gw juga dapet referensi dengaran berbagai logat dan bahasa daerah di kampus. Jaman S1 sering main ke kosan Sari yang isinya hampir semuanya anak Padang Panjang, awalnya sih pusing dengerin mereka ngomong cepet banget dan gw ga ngerti haha tapi lama-lama seneeeng dan udah ngerti dikit-dikit isi omongannya. Trus ada juga Kardi yang logatnya Batak banget banget banget dan Akhyar yang logatnya (dan gaya bahasanya) Melayu. Eh baru sadar, kok Sumatera semua gitu ya? Haha.. Pas masuk MB, banyak orang Jawanyaaa :D Seneng banget dengerin Mbak Bi, Wahyu, Yoyo, Imam, Taufiq, Dwi dll ngomong pake bahasa Jawa hoho.. Trus kalo pas OBM juga kesempatan banget denger berbagai logat, apalagi masih pada baru dateng gitu kan.. Masih dominan logatnya. Terakhir yang paling gw inget 2011 kemaren tuh yang anak Bali, ah suka sekali dengernya :) Trus pas S2 ini di kelas banyak banget yang orang Sumatera terutama Minang jadi ya makin-makin lah gw kepapar logat sama bahasanya.

Selain logat, kosakata dan gaya bahasanya juga beda-beda loh. Coba, orang mana yang bilang "pena" buat "pulpen"? Atau yang bilang "ngebel" buat "nelpon"? Haha seru kaan.. Oh iya, selain yang suku-suku asli Indonesia, yang turunan Cina dan Arab juga beda lagi gaya ngomongnya. Seru, berasa deh kalo Indonesia tuh kaya banget sama budaya :)

Gw sendiri terdengar berlogat apakah?
Terdengar Sunda pastinya, sampe gw ngomong bahasa Jawa haha..

0 komentar dari orang baik :):

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr