Pages

6.9.11

Untuk UI yang Lebih Baik!

Kurang lebih seminggu ini kampus gw tercinta lagi rame diberitain. Setelah ngubek-ngubek twitter, akhirnya gw nemu link ke berita pertama yang gw baca tentang itu.

Berita yang bikin rame adalah wacana penggulingan Rektor UI karena pemberian gelar doctor honoris causa ke Raja Arab yang dianggap tidak tepat. Menurut gw, pemberian gelar itu cuma pemantik dan bukan isu dasarnya. Acara di FEUI kemarin (5/9) mengkonfirmasi pendapat gw itu.

Kemarin di acara halal bi halal FEUI ada orasi Prof. Emil Salim yang dilanjutkan dengan orasi dari perwakilan mahasiswa, karyawa, dan dosen UI. Tema besarnya adalah "perbaikan tata kelola UI" yang salah satu contoh ke-nggak beres-annya adalah pemberian doctor honoris causa itu. Ditekankan pula kemarin bahwa yang disasar adalah perbaikan tata kelola UI, bukan penggulingan rektor.

Buat gw, acara kemarin itu menarik dan menggugah banget.
Dosen, karyawan, dan mahasiswa ngumpul dengan tujuan yang sama: UI yang lebih baik. Aura 'satu tujuan' itu ternyata segitu kuatnya ya. Segitu kuatnya sampe gw merinding, apalagi pas Ketua BEM UI 2011 ngajak nyanyi Totalitas Perjuangan bareng-bareng. Itu pertama kalinya gw nyanyi Totalitas Perjuangan pake hati, sampe merinding dan berkaca-kaca. Lalu ada seorang (kayaknya) dosen senior (karena rambutnya udah putih) yang naik ke panggung, ngambil panji UI dan melambai-lambaikannya. Gw ga bisa ga tecekat dan netesin air mata.

Sebaga bentuk tanggung jawab gw atas omongan-omongan gw di kelas OBM LS dan bentuk kepedulian gw akan almamater gw, gw akan mempublikasikan beberapa informasi terkait hal ini. Yang bisa gw lakukan untuk mengawal isu ini mungkin ga besar, tapi gw ingin membantu supaya setidaknya anak-anak UI bisa jawab dengan ga asal-asalan kalo ditanya "Itu kampus lu kenapa sih?" sama orang.

Semoga bermanfaat :)

0 komentar dari orang baik :):

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr