Pages

14.7.11

Tentang Menolong Diri Sendiri

Hidup dan segala dinamikanya ga jarang ngasih kejutan buat kita, dan kejutannya belum tentu menyenangkan. Baru-baru ini gw dikejutkan dengan.. hmm.. gampangnya sih gw mengalami masalah yang sama sekali ga gw bayangkan akan terjadi ke gw. Masalahnya dari dalam diri gw sendiri dan buat gw sih agak bikin gengsi buat diceritain, tapi itu cukup sangat bikin gw ngerasa ga sehat secara psikologis.

Untungnya, mungkin karena gw pernah kuliah psikologi, gw sadar kalo gw ada masalah dan gw berusaha berusaha 'sembuh'. Gw lalu ngelakuin deh tuh cara penyembuhannya, plus gw bilang ke temen-temen tertentu tentang masalah gw. Seperti bisa diduga, belom tentu merekanya ngerti pas diceritain *yaiyalah, wong gw aja ga ngerti kenapa gw bisa gitu*dan yaaaaa emang susah buat gw cerita detail apa yang gw alami ke mereka. Nyeritain 'gangguan psikologis' yang sedang kita alami itu ga gampang lho, beneran deh. Meskipun susah, gw tau itu perlu, supaya gw ngerasa punya pegangan sekaligus ada yang bisa megangin gw kalo gw *amit-amit* makin parah 'sakit'nya.

Alhamdulillah, dengan bantuan temen-temen itu gw ngerasa mulai sembuh meskipun masih takut kambuh. Oh iya, kebetulan 'sebanyak mungkin berinteraksi sama temen' adalah salah satu cara penyembuhan masalah gw ini. Temen-temen gw itu mungkin ga sadar lho kalo mereka membantu gw buat sembuh abisnya gw hampir selalu ga keliatan sakit meskipun beneran sakit (fisik maupun mental) hehe.. Terima kasih banyak yaaa, kalian :)

Yang gw dapet dari pengalaman ini adalah, pertama banget, gw bersyukur pernah belajar psikologi dan diajarin buat mengenal diri sendiri sehingga ketika ada yang ga beres jadi cepet sadarnya. Kedua, kalo ngerasa ada masalah coba deh bilang ke orang yang lu percaya. Ketiga, berusaha menolong diri sendiri itu butuh keberanian yang luar biasa.

..dan terakhir..
Mengulurkan tangan itu bukan cuma buat ngasih pertolongan tapi juga buat minta pertolongan :)

Semoga kalo kita punya masalah yang menggangu kita bisa berani mengakui, berusaha menolong diri sendiri, dan mengulurkan tangan minta bantuan kalo emang perlu. Tenang aja, punya masalah itu sangat normal dan manusiawi kok.. aaaand it's OK to be not OK sometimes :)

2 komentar dari orang baik :):

hening said...

hehe.. sering banget tuh gw merasa not OK. meskipun bukan anak psikologi, tp sbg org introvert sepertinya intrapersonal skill gw cukup mumpuni utk menolong diri sendiri kl lg ada masalah..hehe :p

Shanti said...

introvert & cerdas intrapersonal? sama dong :D

emg jd sering bisa nolong diri sendiri sih, tapi kalo buat gw mah suka jadi PR juga karena kadang jd ga mempan disemangatin/dinasehatin orang -_-" atau gw dgn anehnya suka cerita/minta saran ke org yg gw perkirakan akan ngomong hal yang ingin gw dengar.. haha..

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr