Pages

25.8.13

Solo Trip to Bandung!

Beberapa hari (atau minggu?) ini gw ngerasa ngambang dan ga punya tujuan. Floating aimlessly. Aneh banget buat ukuran seorang Shanti yang gw kenal 25+ taun ini hahaha.. Tapi gw bawa santai aja, namapun masa transisi. Malah akhirnya makin gw 'dorong ke jurang', gw pergi ke Bandung sendirian tanpa rencana yang jelas.

Berada di Bandung pada Sabtu, 24 Agustus 2013 mah udah direncanain sejak sebelom Lebaran, tapi kapan dan gimana berangkat/pulangnya plus ngapain aja di sana nol besar. Tadinya mau berangkat sama temen naik kereta trus pulang nebeng temen yang lain naik mobil, tapi karena satu dan lain hal temen-temen yang tadinya mau bareng itu pada ga jadi ke Bandung. Trus ternyata sampe Jumatnya gw masih rariweuh ngurusin ini itu buat lulus dan sumpah profesi, jadi ya di hari Jumat itu gw belom tau bakal ke Bandung naik apa jam berapa.

Pilihan pertama gw tentu saja melakukan hal yang sejak dulu pengen banget gw lakukan: berdiri di depan Es Pocong di suatu hari yang random trus nyetop MGI dan pergi ke Bandung. Pilihan kedua lebih gambling: go show ke Cipaganti Detos dan naik travel jam berapa aja yang masih ada di hari itu. Akhirnya gw memutuskan naik Cipaganti karena 1) Jumat pagi entah kenapa gw mual, meskipun gw selama ini ga mabokan di perjalanan tapi males aja kalo makin mual pas naik MGI lewat puncak, dan 2) Di saat-saat terakhir gw pengen banget ke suatu tempat di Bandung dan setelah ngecek GoogleMaps plus akun Twitter tempat yang bersangkutan (karena temen-temen gw di Bandung pada ga tau tempatnya) kayaknya akan lebih gampang kalo gw ke sana dari tempat turun Cipaganti di Pasteur daripada tempat turun MGI di Terminal Leuwipanjang.

Oke deh. Naik Cipaganti.
Berhubung gw mesti ke kampus dulu dan urusan di kampus ternyata lama plus ga jelas, gw nelpon dulu ke Cipaganti Detos dan katanya yang masih sisa buat hari itu cuma jam 3. Sip, bungkus. Jam 2.15 gw nyelesein urusan di kampus trus pergi ke Detos dan akhirnya naik ke travelnya, jadi satu-satunya penumpang di mobil itu. Like a boss. Nyahahaha.. Sampe Bandung jam 6 dan dimulailah petualangan gw :D

Jadi, gw tuh pengen ke Kineruku. Di akun Twitternya, katanya patokannya adalah Hotel Sany Rosa di Hegarmanah. Oke deh, begitu turun travel gw nanya ke Aa'-Aa' di situ gimana caranya ke Hotel Sany Rosa. Ini dia cara menuju Kineruku di Jl. Hegarmana 52 dari pangkalan Cipaganti di seberang BTC Pasteur: Naik angkot apa aja sampe lampu merah sebelum jalan layang, jalan ke arah kiri trus naik angkot Cicaheum-Ciroyom arah Cicaheum sampe depan Hotel Sany Rosa trus jalan atau naik ojek ke Kineruku (kalo tukang ojeknya gatau Kineruku, bilangnya Rumah Buku aja). Sampe di Kineruku, gw senaaaaaang :D Sayang gw sampe sana udah jam 7 lewat dan dia tutup jam 8, jadi gw ga bisa lama-lama deh di sana.

Foto dari kineruku.com
Seharian di sini juga betah deh gw
Ada buku yang gw edit :D
Oleh-oleh
Selesai di Kineruku, gw mau balik ke Pasteur dengan logika "naik aja angkot yang sama dengan arah sebaliknya" tapiiiiiii lupa kalo di Bandung logika kayak gitu suka ga berlaku karena....... jalannya one way :| Mau jalan kaki sampe nemu angkot yang gw butuhin tapi watir karena jalan-jalan di Bandung itu gelap bener kalo malem, ga asik buat jalan kaki sendirian. Akhirnya minta tolong orang di Hotel Sany Rosa buat pesenin taksi deh. Sampailah gw dengan selamat alhamdulillah di BTC pake taksi Burung Biru dan bayar 25 ribu. Di BTC liat-liat baju yang seperti kata adek gw lucu-lucu bener tapi ya seperti biasa di tempat kayak gitu mah bajunya jarang yang muat di gw :))

Kelar muter-muter BTC gw nyebrang dan jalan ke Pasteur Hyperpoint buat makan dan nungguin Fitri. Berhubung angin dingin jadi gw laper terus jadi makan terus selama nunggu #alesan :p Jam 10 Fitri dateng trus ga lama kemudian kami dijemput adeknya buat menuju Cimahi. Yep, malem itu gw nginep di rumah Fitri di Cimahi. Udah macam Wonosobo deh, dingiiin dan airnya kayak air es. Gw yang terbuat dari plastik alias ga tahan panas ini tentu senang sekali :D

Sabtu pagi gw dan Fitri menunaikan misi sesungguhnya dari acara ke Bandung kali ini: lamaran Raissa-Dipta sekaligus farewell Raissa mau ke Hongkong. Seneeeeeeeeng banget selama di rumah Raissa :) Mengenang dulu Raissa ngusulin Dipta jadi staf Litbang, nginepan bertiga gw-Raissa-Dipta di SC pas jaman tender PO, mereka tambah deket dan akhirnya jadian via YM pada Februari 2009, gw ketawa-ketawa pas mereka bilang "Makasih ya masih mau main sama kita, orang lain jadi ga mau main bareng setelah kami pacaran (karena ngerasa jadi nyamuk)", sampe akhirnya Raissa bilang kalo mereka mau lamaran. Uhuhuhu :') Trus kenalan dan ceceritaan sama temen-temen SMA Raissa yang gelo-gelo pisan :)), ngobrol-ngobrol dan makan baso pas selesai acara.

Karena ga tau acara selesai jam berapa, Sabtu pagi itu gw juga belom ngerencanain pulang jam berapa naik apa haha. Tadinya pengen naik bis ke Bogor biar murah, tapi ternyata selesai acara sore jadi takutnya kena buka-tutup di Puncak trus jadi lama. Trus Fitri ngajak naik kereta, tapi ga jadi karena repot beli tiketnya. Akhirnya lagi-lagi nelpon Cipaganti dan nanya yang sisa jam berapa, trus dapetlah jam 18.30 dari BTC. Yaudah deh, sore-sore dianter Raissa ke BTC trus pulang naik travel.

Gw senaaaang sekali sama trip ini :D
Pertama kali pergi sendirian. Pertama kali naik taksi sendirian. Hangatnya suasanya sama temen. Jalan/duduk sendirian, asik dengerin suara-suara dalam kepala sampe mereka mereda. Merasa berprestasi karena bisa menuju sana-sini tanpa nyasar :p Menemukan insight dan ketenangan tentang perencanaan di tengah ke-enggak terencana-an. Hihihi.. Alhamdulillah :)

Semoga lain kali bisa jalan-jalan sendirian lagi kayak gini :D

4 komentar dari orang baik :):

Talia thaib said...

Wow aku kuliah di bandung tapi gatau gimana caranya ke kineruku loh ka! Jadi makasih bgt postingannya ngebantu bgt buat aku nyari kineruku

Shanti said...

hihihi seneng kalo bisa membantu :D

Unknown said...

Waaaa, pas kebetulan lagi ada d Bandung, cuma nemenin sodaraa, trus unplanned banget, nemu deh ni postingan, jadi ada ide buat solo Travelling, hhii, makasihh